LATIHAN 100 Soal PK Online dan Jawabannya, Kerjakan Contoh Soal PK Online GPAI 2023 Terbaru dan Kunci Jawaban

7 Mei 2023, 18:48 WIB
Contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban pdf 2023. /YouTube/Direktorat PAI Kemenag/

Portal Kudus - Latihan mengerjakan contoh soal PK Online GPAI 2023 lengkap dengan kunci jawaban. 

Persiapkan diri sebelum mengikuti Pemetaan Kompetensi (PK Online) Guru Pendidikan Agama Islam 2023. 

Cara melakukan persiapan adalah dengan mengerjakan contoh soal PK Online GPAI sebagaimana akan disediakan di bawah ini.

Baca Juga: 50 CONTOH Soal PK Online PAI 2023 dan Kunci Jawaban, Download Kisi-Kisi Soal PK Online GPAI 2023

Artikel ini akan menyediakan kumpulan contoh soal PK Online GPAI 2023 untuk bahan latihan Anda. 

Tak hanya contoh soal, supaya dapat menjadi bahan belajar, contoh soal PK Online PAI 2023 berikut juga dilengkapi dengan kunci jawaban.

Adanya kunci jawaban yang melengkapi tersebut agar dapat dijadikan bahan evaluasi dan koreksi atas jawaban setelah berlatih mengerjakannya.

Baca Juga: BARU! Contoh Tes VCAT Kampus Mengajar 2023 dan Cara Menjawabnya, Pahami Apa Itu Tes VCAT Kampus Mengajar

Sebelum kita menuju ke kumpulan contoh contoh soal PK Online GPAI, pastikan sudah memahami dulu tentang apa itu PK Online dan tujuannya.

PK Online singkatan dari Pemetaan Kompetensi online, adalah survei kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilakukan secara daring.

Penyelenggara kegiatan PK Online adalah Direktorat PAI dan akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga: PELAJARI Soal Tes SKD Poltekim 2023 dan Jawabannya pdf, Latihan Contoh Soal SKD Poltekim-Poltekip TWK TIU TKP

PK Online ini merupakan bagian dari rangkaian Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) GPAI.

Tujuan dari dilaksanakannya PK Online PAI adalah sebagai sebagai diagnosa awal kompetensi apa yang perlu ditingkatkan.

Jadi, pada dasarnya PK Online Guru PAI ini dilakukan dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan guru-guru PAI di seluruh Indonesia.

Baca Juga: BARU! Kenapa DM Instagram Tidak Masuk? Begini Cara Mengatasi DM IG Tidak Bisa Masuk 2 Mei 2023

Di dalam PK Online PAI ini, para guru PAI mengisi kuesioner online yang terdiri dari beberapa aspek kompetensi pedagogik dan profesional.

Sebagai bahan belajar, berikut ini adalah kumpulan contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawabannya:

1. Untuk menguasai kompetensi pedagogik, seorang GPAI harus dapat menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.

Baca Juga: BARU! Contoh Soal SKD Poltekim 2023 dan Jawabannya, Pelajari Latihan Soal TWK TIU TKP Sekolah Kedinasan pdf

Pernyataan berikut yang merupakan manfaat bagi GPAI dalam memahami teori belajar adalah...

A. GPAI harus mempercayai adanya keinginan dari masing-masing siswa untuk
melaksanakan tujuan-tujuan yang bermakna bagi dirinya

B. GPAI melakukan pengulangan-pengulangan agar materi pelajaran dapat diingat
dengan kuat oleh peserta didik.

C. GPAI memulai pembelajaran dari apa yang menurut peserta didik hal yang biasa, hal yang sudah diketahui olehnya

D. GPAI menempatkan dirinya sendiri sebagai suatu sumber yang fleksibel untuk dapat dimanfaatkan oleh kelompok

E. GPAI akan mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga peserta didik dapat
belajar dengan optimal

Jawaban: E

2. Pak Fahmi akan mengeluarkan zakat dari hasil panen 3 ton padi yang pengairannya menggunakan biaya (pengairan irigasi). Maka yang wajib dikeluarkan zakatnya oleh Pak Fahmi adalah ....

A. 3 kwintal
B. 1,5 kwintal
C. 2,75 kwintal
D. 6 kwintal
E. 2,5 kwintal

Jawaban: B

Contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban

3. Berikut ini yang harus dilakukan GPAI untuk membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan kematangan intelektual atau mengoptimalkan prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya adalah...

A. Ciptakan iklim pembelajaran yang kondusif bagi perkembangan kecerdasan emosi
dan sosial, yaitu iklim yang demokratis

B. Ciptakan iklim belajar yang kondusif bagi perkembangan moral dan kecerdasan
spiritual peserta didik

C. Identifikasi peserta didik dengan memprioritaskan anak yang diduga kecerdasan
emosi dan keterampilan sosialnya rendah

D. Identifikasi kemampuan intelektual peserta didik, sehingga memahami perbedaan
individual peserta didik dalam kemampuan intelektual

E. Bekerja sama dengan rekan guru, terutama guru agama serta orangtua untuk
membantu meningkatkan perilaku moral dan kecerdasan spiritual.

Jawaban: D

4. Wanita yang sudah tidak menstruasi (menopause), apabila diceraikan oleh suaminya, maka masa iddahnya adalah ....

A. tidak ada masa iddah
B. tiga kali suci (quru’)
C. tiga bulan
D. sampai melahirkan
E. empat bulan sepuluh hari

Jawaban: C

5. Perangkat pembelajaran program tahunan kurikulum 2013 Guru Pendidikan Agama Islam, minimal memuat ....

A. materi pokok, kompetensi dasar, dan alokasi waktu
B. pelajaran/bab, subpelajaran/subbab, materi pokok dan alokasi waktu
C. materi pokok, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
D. pelajaran/bab, materi pokok dan indikator pencapaian kompetensi
E. pelajaran/bab, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan alokasi waktu

Jawaban: A

Contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban

6. Perumusan kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sesuai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK diatur dalam ....

A. Permendikbud RI No. 20 Tahun 2016 dan lampirannya
B. Permendikbud RI No. 21 Tahun 2016 dan lampirannya
C. Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 lampiran 24, 31 dan 40
D. Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 lampiran 24, 30 dan 41
E. Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 lampiran 34, 40 dan 51

Jawaban: B

7. Langkah-langkah berikut yang TIDAK termasuk dalam penyusunan analisis kalender pendidikan dan minggu efektif adalah ....

A. Mengacu pada kalender pendidikan yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan atau Kemenag sebagai pedoman dalam menentukan Kalender pendidikan pada masing-
masing satuan pendidikan Soal Simulasi PK Online GPAI 2018

B. memperhatikan pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dalam menentukan penerapan metode atau model pembelajaran yang efektif dan melakukan penilaian yang sesuai dengan materi pembelajaran

C. Menentukan minggu efektif, libur tengah semester, libur antar semester, serta libur akhir tahun dengan acuan jumlah yang telah ditetapkan dan menyesuaikan Kaldik dengan kondisi hari-hari libur umum maupun agama

D. Menentukan periode efektif pembelajaran dengan mempertimbangkan hari-hari yang akan tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler
maupun bimbingan dan konseling terpadu

E. Melakukan rekap Kaldik selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah Kaldik per semester dan per bulan dengan telah diteliti secara seksama oleh tim perumus kalender pendidikan

Jawaban: E

Contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban

8. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.

(2) tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas

(3) kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti

(4) Penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang menjadi acuan penilaian

(5) kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap jenjang pendidikan dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan

Pernyataan yang mendeskripsikan kompetensi inti dan kompetensi dasar ditunjukkan
pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)


9. Ketentuan berikut yang tidak termasuk dalam merumuskan Indikator Pencapaian
Kompetensi adalah ....

A. dirumuskan dari Kompetensi dasar (perhatikan kompetensi dan materi)
B. dirumuskan minimal 2 (dua) IPK untuk setiap KD
C. menggunakan kata kerja operasional (mudah diukur dan diamati).
D. spesifik (satu rumusan, menggunakan satu kompetensi dan satu materi).
E. memperhatikan hierarki kompetensi dan gradasi materi

Jawaban: B

10. “Membedakan malaikat dan manusia.” Berdasarkan tabel taksonomi Anderson dan Krathwohl, rumusan IPK di atas termasuk ....

A. C2 (remember) dan pengetahuan faktual
B. C2 (understand) dan pengetahuan koseptual
C. C3 (apply) dan pengatahuan konseptual
D. C4 (analyze) dan pengetahuan faktual
E. C4 (analyze) dan pengetahuan konseptual

Contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban

11. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) keterampilan abad 21 yang meliputi critical thinking, creativity, communication, dan collaboration

(2) pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar / mengasosiasi dan mengomunikasikan

(3) mengintegrasikan budaya literasi dalam kemampuan mengakses, memahami dan
menggunakan sesuatu dengan cara cerdas melalui berbagai aktivitas

(4) mengintegrasikan HOTS (Higher Order ofThinking Skills) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif dan metakognitif dan berpikir kreatif yang merupakan
kemampuan berpikir tingkat tinggi

(5) mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran terutama
karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.
Pernyataan yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013
ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (3), (4) dan (5)
C. (1), (2), (4) dan (5)
D. (1), (2), (3) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (5)

12. Implikasi dari ketuntasan belajar untuk KD pada KI-3 dan KI-4 jika peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal adalah ....

A. diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya
B. diberikan pembelajaran pengayaan individual sesuai dengan kebutuhan
C. diberikan pembelajaran remedial individual/klasikal sesuai dengan kebutuhan
D. diberikan tambahan jam belajar individual sesuai dengan kebutuhan
E. diberikan tugas pembelajaran individual sesuai dengan kebutuhan

13. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (strategi)

(2) kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran (model)

(3) Titik tolak atau atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran (pendekatan)

(4) Cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode (teknik)

(5) Gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik (taktik)

(6) Cara yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung (metode)

Pernyataan yang merupakan pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran secara berurutan ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), (5) dan (6)
B. (3), (1), (4), (6), (5) dan (2)
C. (2), (6), (1), (4), (5) dan (3)
D. (3), (1), (6), (4), (5) dan (2)
E. (2), (1), (6), (4), (5) dan (3)

14. Pernyataan berikut yang tidak termasuk ciri-ciri khusus dalam model pembelajaran adalah ....

A. adanya ketergantungan positif, saling memberikan motivasi sehingga ada interaksi promotif

B. Sistem pendukung: segala sarana, bahan dan alat yang diperlukan

C. sistem Sosial: situasi atau suasana dan norma yang berlaku dalam model tersebut

D. memiliki dampak pembelajaran dan pengiring akibat terapan model pembelajaran

E. memiliki bagian-bagian model yang dinamakan urutan langkah-langkah pembelajaran

15. Bruce Joyce, Marsha Weil dan Emily Calhoun (2009) dalam bukunya Models of Teaching telah menggolongkan model-model pembelajaran menjadi empat rumpun model pembelajaran, yaitu ....

A. model pemrosesan informasi, model personal, model sosial, model sistem-sistem konseptual

B. model jurisprudensial, model sinektik, model inkuiri sosial, model sistem-sistem
perilaku

C. model jurisprudensial, model personal, model sosial, model sistem-sistem perilaku

D. model pemrosesan informasi, model personal, model sosial, model sistem-sistem
perilaku

E. model latihan kesadaran, model personal, model sosial, model sistem-sistem
perilaku

Contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban

16. Model pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan sekaligus mengembangkan kemampuan berfikir kritis.

Model yang sesuai dengan pernyataan di atas.....

A. Reflective Thinking
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Problem Based Learning

17. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) orientasi peserta didik pada masalah
(2) mengorganisasikan peserta didik
(3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok
(4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase di atas termasuk dalam model pembelajaran ....

A. Inquiry Learning
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Problem Based Learning

18. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) langkah persiapan
(2) Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
(3) Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
(4) Data collection (Pengumpulan Data)
(5) Data Processing (Pengolahan Data)
(6) Verification (Pembuktian)
(7) Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

Fase di atas merupakan model pembelajaran ....

A. Inquiry Learning
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Problem Based Learning

19. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
(2) menyajikan/menyampaikan informasi
(3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
(4) membimbing kelompok bekerja dan belajar
(5) evaluasi
(6) memberikan penghargaan

Fase di atas merupakan model pembelajaran ....

A. Student Teams Achievement Division (STAD)
B. Tim Ahli (Jigsaw)
C. Investigasi kelompok (Group Investigation)
D. Teams Games Tournament (TGT)
E. Think Pair Share (TPS)

20. Pembelajarannya ditekankan pada aspek modelling, reinforcement (penguatan),
feedback (respon balik), successive approximation (perkiraan suksesif), yang pada akhirnya tercipta tingkah laku peserta didik yang lebih positif.Pernyataan di atas sesuai dengan fase model pembelajaran...

A. Inquiry Learning
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Direct Instruction

21. Penerapan model pembelajaran role playing dan simulasi yang sesuai dengan materi pembelajaran dalam aspek mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah....

A. Al-Qur’an dan Aqidah
B. Akhlak dan Fiqih
C. Sejarah Peradaban Islam
D. Al-Qur’an dan Fiqih
E. Fiqih dan Sejarah Peradaban Islam

22. Penerapan model pembelajaran direct instruction yang sesuai dengan materi
pembelajaran dalam aspek mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
adalah ....

A. Al-Qur’an dan Fiqih
B. Akhlak dan Aqidah
C. Sejarah Peradaban Islam
D. Al-Qur’an dan Fiqih
E. Akhlak dan Sejarah Peradaban Islam

23. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dengan luas 180 meter persegi. Jika perbandingan panjang dan lebarnya sama dengan 5 berbanding 4, maka panjang diagonal bidang tanah tersebut adalalah...

a. 7 v41 m
b. 5 v41 m
c. 6 v41 m
d. 3 v41 m
e. 2 v41 m

Itulah tadi kumpulan contoh soal PK Online GPAI dan kunci jawaban, kisi-kisi soal PK Online GPAI 2023.

Disclaimer: contoh soal yang disajikan di artikel ini adalah sebagai bahan latihan dan belajar.***

Editor: Al Mahfud

Tags

Terkini

Terpopuler