LINK DOWNLOAD 50 Soal PK Online GPAI 2023 PDF untuk Ujian PPKB Guru PAI di SIAGA Pendis Kemenag Terbaru

7 Mei 2023, 13:19 WIB
Ilustrasi LINK DOWNLOAD 50 Soal PK Online GPAI 2023 PDF untuk Ujian PPKB Guru PAI di SIAGA Pendis Kemenag Terbaru /Pexels/Andy Barbour

Portal Kudus - Berikut ini disajikan link download 50 soal PK online GPAI 2023 PDF untuk ujian PPKB Guru PAI di SIAGA Pendis Kemenag terbaru.

Apakah Anda guru PAI dan sedang mencari soal PDF PK online GPAI 2023 untuk ujian PPKB dari kemanag?

Link download file PDF soal PK online GPAI 2023 untuk ujian PPKB guru PAI berikut ini bisa Anda gunakan untuk persiapan tes nanti.

Sebagai informasi, PK online PPKB guru PAI (GPAI) dilaksanakan pada tanggal 3-11 Mei 2023.

Baca Juga: BOCORAN Soal CPNS 2023 PDF Terbaru dan Kunci Jawaban untuk Seleksi Kompetensi Dasar, DOWNLOAD Soal SKD CASN

Adapun ujian susulan dijadwalkan oleh Kemenag pada tanggal 15-16 Mei 2023.

Program Pemetaan Kompetensi Berkelanjutan (PPKB) Guru PAI (GPAI) ini merupakan program dari Kementerian Agama RI.

Tujuan dari program ini adalah untuk memetakan kompetensi guru PAI di seluruh wilayah Indonesia.

Sesuai namanya yaitu PK online, pelaksanaan PPPKB GPAI ini akan dilaukan secara daring melalui tes berdasar komputer.

Adapun bagi guru yang ini mempelajari contoh soal PK online GPAI 2023 bisa menyimak contoh soalnya di bawah ini.

Bagi yang ingin men-download file PDF soal PK online GPAI, bisa mengunduh melalui link yang dibagikan di akhir artikel.

Contoh Soal PK Online GPAI 2023 PPKB Guru PAI

1. Berikut ini yang harus dilakukan GPAI untuk membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan kematangan intelektual atau mengoptimalkan prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya.

A. Ciptakan iklim pembelajaran yang kondusif bagi perkembangan kecerdasan emosi
dan sosial, yaitu iklim yang demokratis

B. Ciptakan iklim belajar yang kondusif bagi perkembangan moral dan kecerdasan
spiritual peserta didik

C. Identifikasi peserta didik dengan memprioritaskan anak yang diduga kecerdasan
emosi dan keterampilan sosialnya rendah

D. Identifikasi kemampuan intelektual peserta didik, sehingga memahami perbedaan
individual peserta didik dalam kemampuan intelektual

E. Bekerja sama dengan rekan guru, terutama guru agama serta orangtua untuk
membantu meningkatkan perilaku moral dan kecerdasan spiritual.

2. Untuk menguasai kompetensi pedagogik, seorang GPAI harus dapat menguasai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. Pernyataan berikut manfaat bagi
GPAI dalam memahami teori belajar.

A. GPAI harus mempercayai adanya keinginan dari masing-masing siswa untuk
melaksanakan tujuan-tujuan yang bermakna bagi dirinya

B. GPAI melakukan pengulangan-pengulangan agar materi pelajaran dapat diingat
dengan kuat oleh peserta didik.

C. GPAI memulai pembelajaran dari apa yang menurut peserta didik hal yang biasa, hal
yang sudah diketahui olehnya

D. GPAI menempatkan dirinya sendiri sebagai suatu sumber yang fleksibel untuk dapat
dimanfaatkan oleh kelompok

E. GPAI akan mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga peserta didik dapat
belajar dengan optimal

3. Langkah-langkah berikut yang TIDAK termasuk dalam penyusunan analisis kalender
pendidikan dan minggu efektif adalah ....

A. Mengacu pada kalender pendidikan yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan atau Kemenag sebagai pedoman dalam menentukan Kalender pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan

B. memperhatikan pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dalam
menentukan penerapan metode atau model pembelajaran yang efektif dan
melakukan penilaian yang sesuai dengan materi pembelajaran

C. Menentukan minggu efektif, libur tengah semester, libur antar semester, serta libur
akhir tahun dengan acuan jumlah yang telah ditetapkan dan menyesuaikan Kaldik
dengan kondisi hari-hari libur umum maupun agama

D. Menentukan periode efektif pembelajaran dengan mempertimbangkan hari-hari yang
akan tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler
maupun bimbingan dan konseling terpadu

E. Melakukan rekap Kaldik selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah Kaldik
per semester dan per bulan dengan telah diteliti secara seksama oleh tim perumus
kalender pendidikan

4. Perangkat pembelajaran program tahunan kurikulum 2013 Guru Pendidikan Agama
Islam, minimal memuat ....

A. materi pokok, kompetensi dasar, dan alokasi waktu
B. pelajaran/bab, subpelajaran/subbab, materi pokok dan alokasi waktu
C. materi pokok, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
D. pelajaran/bab, materi pokok dan indikator pencapaian kompetensi
E. pelajaran/bab, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan alokasi waktu

5. Perumusan kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti sesuai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK
diatur dalam ....

A. Permendikbud RI No. 20 Tahun 2016 dan lampirannya
B. Permendikbud RI No. 21 Tahun 2016 dan lampirannya
C. Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 lampiran 24, 31 dan 40
D. Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 lampiran 24, 30 dan 41
E. Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 lampiran 34, 40 dan 51

6. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.

(2) tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki
seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas

(3) kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik
untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu
pada kompetensi inti

(4) Penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku
yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang
menjadi acuan penilaian

(5) kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta
didik pada setiap jenjang pendidikan dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi
Lulusan

Pernyataan yang mendeskripsikan kompetensi inti dan kompetensi dasar ditunjukkan
pada nomor ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

7. Ketentuan berikut yang tidak termasuk dalam merumuskan Indikator Pencapaian
Kompetensi adalah ....

A. dirumuskan dari Kompetensi dasar (perhatikan kompetensi dan materi)
B. dirumuskan minimal 2 (dua) IPK untuk setiap KD
C. menggunakan kata kerja operasional (mudah diukur dan diamati).
D. spesifik (satu rumusan, menggunakan satu kompetensi dan satu materi).
E. memperhatikan hierarki kompetensi dan gradasi materi

8. “Membedakan malaikat dan manusia.” Berdasarkan tabel taksonomi Anderson dan
Krathwohl, rumusan IPK di atas termasuk ....

A. C2 (remember) dan pengetahuan faktual
B. C2 (understand) dan pengetahuan koseptual
C. C3 (apply) dan pengatahuan konseptual
D. C4 (analyze) dan pengetahuan faktual
E. C4 (analyze) dan pengetahuan konseptual

9. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) keterampilan abad 21 yang meliputi critical thinking, creativity, communication, dan
collaboration

(2) pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
menalar / mengasosiasi dan mengomunikasikan

(3) mengintegrasikan budaya literasi dalam kemampuan mengakses, memahami dan
menggunakan sesuatu dengan cara cerdas melalui berbagai aktivitas

(4) mengintegrasikan HOTS (Higher Order ofThinking Skills) yaitu kemampuan berpikir
kritis, logis, reflektif dan metakognitif dan berpikir kreatif yang merupakan
kemampuan berpikir tingkat tinggi

(5) mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran terutama
karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

Pernyataan yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013
ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (3), (4) dan (5)
C. (1), (2), (4) dan (5)
D. (1), (2), (3) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (5)

10. Implikasi dari ketuntasan belajar untuk KD pada KI-3 dan KI-4 jika peserta didik yang
memperoleh nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal adalah ....

A. diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya
B. diberikan pembelajaran pengayaan individual sesuai dengan kebutuhan
C. diberikan pembelajaran remedial individual/klasikal sesuai dengan kebutuhan
D. diberikan tambahan jam belajar individual sesuai dengan kebutuhan

E. diberikan tugas pembelajaran individual sesuai dengan kebutuhan

11. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (strategi)

(2) kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan
pembelajaran (model)

(3) Titik tolak atau atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran (pendekatan)

(4) Cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode
(teknik)

(5) Gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik (taktik)

(6) Cara yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat
proses pembelajaran berlangsung (metode)

Pernyataan yang merupakan pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan
model pembelajaran secara berurutan ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), (5) dan (6)
B. (3), (1), (4), (6), (5) dan (2)
C. (2), (6), (1), (4), (5) dan (3)
D. (3), (1), (6), (4), (5) dan (2)
E. (2), (1), (6), (4), (5) dan (3)

12. Pernyataan berikut yang tidak termasuk ciri-ciri khusus dalam model pembelajaran
adalah ....

A. adanya ketergantungan positif, saling memberikan motivasi sehingga ada interaksi
promotif
B. Sistem pendukung: segala sarana, bahan dan alat yang diperlukan
C. sistem Sosial: situasi atau suasana dan norma yang berlaku dalam model tersebut
D. memiliki dampak pembelajaran dan pengiring akibat terapan model pembelajaran
E. memiliki bagian-bagian model yang dinamakan urutan langkah-langkah
pembelajaran

13. Bruce Joyce, Marsha Weil dan Emily Calhoun (2009) dalam bukunya Models of Teaching
telah menggolongkan model-model pembelajaran menjadi empat rumpun model
pembelajaran, yaitu ....

A. model pemrosesan informasi, model personal, model sosial, model sistem-sistem
konseptual
B. model jurisprudensial, model sinektik, model inkuiri sosial, model sistem-sistem
perilaku
C. model jurisprudensial, model personal, model sosial, model sistem-sistem perilaku
D. model pemrosesan informasi, model personal, model sosial, model sistem-sistem
perilaku
E. model latihan kesadaran, model personal, model sosial, model sistem-sistem
perilaku

14. Model pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan
sehari-hari sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan sekaligus mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Model yang sesuai dengan
pernyataan di atas.....

A. Reflective Thinking
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Problem Based Learning

15. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) orientasi peserta didik pada masalah
(2) mengorganisasikan peserta didik
(3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok
(4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase di atas termasuk dalam model pembelajaran ....

A. Inquiry Learning
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Problem Based Learning

16. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) langkah persiapan
(2) Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
(3) Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
(4) Data collection (Pengumpulan Data)
(5) Data Processing (Pengolahan Data)
(6) Verification (Pembuktian)
(7) Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

Fase di atas merupakan model pembelajaran ....

A. Inquiry Learning
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Problem Based Learning

17. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
(2) menyajikan/menyampaikan informasi
(3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
(4) membimbing kelompok bekerja dan belajar
(5) evaluasi
(6) memberikan penghargaan

Fase di atas merupakan model pembelajaran ....

A. Student Teams Achievement Division (STAD)
B. Tim Ahli (Jigsaw)
C. Investigasi kelompok (Group Investigation)

D. Teams Games Tournament (TGT)
E. Think Pair Share (TPS)

18. Pembelajarannya ditekankan pada aspek modelling, reinforcement (penguatan),
feedback (respon balik), successive approximation (perkiraan suksesif), yang pada
akhirnya tercipta tingkah laku peserta didik yang lebih positif.Pernyataan di atas sesuai
dengan fase model pembelajaran ....

A. Inquiry Learning
B. Project Based Learning
C. Discovery Learning
D. Contextual Teaching Learning
E. Direct Instruction

19. Penerapan model pembelajaran role playing dan simulasi yang sesuai dengan materi
pembelajaran dalam aspek mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
adalah ....

A. Al-Qur’an dan Aqidah
B. Akhlak dan Fiqih
C. Sejarah Peradaban Islam
D. Al-Qur’an dan Fiqih
E. Fiqih dan Sejarah Peradaban Islam

20. Penerapan model pembelajaran direct instruction yang sesuai dengan materi
pembelajaran dalam aspek mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
adalah ....

A. Al-Qur’an dan Fiqih
B. Akhlak dan Aqidah
C. Sejarah Peradaban Islam
D. Al-Qur’an dan Fiqih
E. Akhlak dan Sejarah Peradaban Islam

21. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk ....

A. menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran pada
lingkup satuan pendidikan

B. menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu
seluruh satuan pendidikan

C. menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada satuan pendidikan
secara holistik

D. memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar
peserta didik secara berkesinambungan.

E. menilai proses dan hasil belajar peserta didik pada satuan pendidikan secara efektif
dan efisien.

22. Pendekatan penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam
proses dan hasil pembelajaran ....

A. assessment of teaching and learning, assessment for teaching and learning,
assessment as teaching and learning
B. assessment of learning, assessment for teaching and learning, assessment as
teaching and learning

C. assessment of learning, assessment for learning, assessment as learning
D. assessment to learning, assessment as learning, assessment as learning
E. assessment of learning, assessment for learning, assessment to learning

23. Pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam rambu-rambu Kriterita Ketuntasan
Minimal adalah ....

A. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran.
B. Tentukan nilai KKM setiap KD dan nilai KKM mata pelajaran
C. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (hasil pemetaan) setiap pelajaran setiap kelas dalam
tahun pelajaran.
D. Tentukan nilai aspek KKM (kompleksitas, daya dukung dan intake) dari IPK
E. Tentukan nilai setiap aspek dengan rentang 0-100.

24. Aspek dan teknik penilaian berikut yang paling tepat berdasarkan Permendikbud No. 23
Tahun 2016 adalah ....

A. [Penilaian sikap spiritual dan sosial: observasi, penilaian diri dan penilaian antar
teman], [Penilaian pengetahuan: tes tulis, lisan dan penugasan], [penilaian
keterampilan: tes praktik, proyek dan portofolio].

B. [Penilaian sikap spiritual dan sosial: observasi, penilaian diri, penilaian antar teman],
[Penilaian pengetahuan: tes tulis, lisan dan penugasan], [penilaian keterampilan:
praktik, produk, proyek dan portofolio].

C. [Penilaian sikap spiritual dan sosial: observasi, penilaian diri, penilaian antar teman
dan jurnal], [Penilaian pengetahuan: tes tulis, lisan], [penilaian keterampilan: tes
praktik, proyek dan portofolio].

D. [Penilaian sikap spiritual dan sosial: observasi, penilaian diri, penilaian antar teman
dan jurnal], [Penilaian pengetahuan: tes tulis, lisan dan penugasan], [penilaian
keterampilan: tes praktik, dan proyek].

E. [Penilaian sikap spiritual dan sosial: observasi, penilaian diri, dan jurnal], [Penilaian
pengetahuan: tes tulis, lisan dan penugasan], [penilaian keterampilan: tes praktik, dan
proyek].

25. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) transfer satu konsep ke konsep lainnya
(2) mengingat (recall), menyatakan kembali (restate)
(3) merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite)
(4) menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu pada konsep lain
(5) memproses dan menerapkan informasi,
(6) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
(7) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,
(8) menelaah ide dan informasi secara kritis

Pernyataan yang berkaitan dengan pengukuran soal-soal HOTS ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (5), (6), (7), dan (8)
C. (4), (5), (6), (7), dan (8)
D. (1), (4), (5), (6), dan (7)
E. (1), (2), (6), (7), dan (8)

26. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS
(2) Menyusun kisi-kisi soal
(3) Menggunakan pengetahuan faktual, konsep, prosedural dan metakognitif
(4) Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual
(5) Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
(6) Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir
pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal
(7) Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban

Pernyataan yang berkaitan dengan langkah-langkah menyusun soal HOTS ditunjukkan
pada nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (2), (3), (6), dan (7)
C. (2), (3), (4), (5), dan (6)
D. (3), (4), (5), (6), dan (7)
E. (1), (2), (4), (6), dan (7)

27. Pernyataan di atas berkaitan dengan....

(1) Mengamati perilaku peserta didik pada saat pembelajaran dan di luar pembelajaran
(2) Mencatat sikap dan perilaku peserta didik, yang sangat baik, baik, cukup, dan perlu
bimbingan.

Pernyataan di atas berkaitan dengan....

A. prosedur pelaksanaan penilaian sikap
B. pelaksanaan penilaian sikap
C. pengolahan penilaian sikap
D. perencanaan penilaian sikap
D. mekanisme pelaksanaan penilaian sikap

28. Guru PAI akan memberikan nilai pengetahuan menggunakan teknik tes tulis selama
semester ganjil. Achmad memperoleh nilai sebagai berikut. (KKM=70)

Berdasarkan daftar nilai di atas, nilai Achmad pada Nilai Akhir/Nilai Rapor dan Predikat
untuk capaian kompetensi pengetahuan adalah ....

A. NA/NR = 83 dengan predikat B
B. NA/NR = 84 dengan predikat A
C. NA/NR = 84 dengan predikat B
D. NA/NR = 85 dengan predikat A
E. NA/NR = 85 dengan predikat B

29. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Mengetahui apakah peserta didik sudah menguasai bahan program/materi secara
menyeluruh

(2) Mengetahui sampai sejauh mana bahan yang diajarkan sudah dapat diterima oleh
peserta didik

(3) Merupakan penguatan bagi siswa

(4) Mengetahui bagian-bagian mana dari bahan pelajaran yang belum dikuasai oleh
peserta didik

(5) Usaha perbaikan
(6) Sebagai diagnose
(7) Dapat mengetahui tuntas atau tidak tuntasnya seluruh program yang akan diberikan

Pernyataan di atas yang termasuk pemanfaatan data hasil analisis penilaian bagi guru
adalah ....

A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (2), (4), dan (7)
D. (1), (2), dan (4)
E. (3), (5), dan (6)

30. Implikasi dari ketuntasan belajar untuk Kompetensi Dasar pada KI-3 dan KI-4 jika
peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal adalah ....

A. diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya
B. diberikan pembelajaran remedial individual sesuai dengan kebutuhan
C. diberikan pembelajaran pengayaan individual sesuai dengan kebutuhan
D. diberikan tambahan jam belajar individual sesuai dengan kebutuhan
E. diberikan tugas individual sesuai dengan kebutuhan pembelajaran

31. Di bawah ini potongan hadits yang mengandung arti etos kerja memanfaatkan
kesempatan waktu muda sebelum tua adalah ...

A.
B.
C.
D.
E.

32. Kutipan ayat di bawah ini, yang dibaca: “ Qaala andzirnii ilaa yaumi yub’atsuuna”

A.
B.
C.
D.

E.

33. Umat Islam secara umum memiliki toleransi yang tinggi terhadap umat yang beragama lain. Umat Islam menyadari bahwa ada keterkaitan sejarah antara Islam dengan agama-
agama sebelumnya. Kesadaran ini muncul dikarenakan fungsi al-Qur’an terhadap kitab-
kitab sebelumnya bersifat konstruktif, bukan sebaliknya bersifat kontradiktif dan menafikan kitab-kitab sebelumnya.

Fungsi apakah yang dimaksudkan dalam pernyataan tersebut?

A. membenarkan namun tidak mengakui kitab-kitab terdahulu
B. membenarkan namun menghapus kitab-kitab terdahulu
C. membenarkan dan mengajarkan kitab-kitab terdahulu
D. membenarkan dan menyempurnakan kitab-kitab terdahulu
E. membenarkan dan mengamalkan kitab-kitab terdahulu

34. Pemerintahan sekarang ini begitu gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur.
Jika kebutuhan infrastruktur terpenuhi Indonesia akan mengalami percepatan
pembangunan di berbagai bidang. Pertumbuhan ekonomi semakin cepat. Kesejahteraan
pun meningkat. Pemerintah meyakini bahwa kerja keras yang dilakukan sekarang ini
akan mendapatkan pembalasan yang setimpal di hari akhir kelak. Ini berarti pemerintah
mampu mengambil hikmah dari keimanan terhadap hari akhir.

Hikmah yang dimaksudkan dalam narasi tersebut adalah ...

A. termotivasi untuk meningkatkan produktifitas
B. termotivasi untuk menjauhi siksa neraka
C. termotivasi untuk menambah investasi
D. termotivasi untuk mandapatkan pahala (surga)
E. termotivasi untuk meningkatkan amal saleh

35. Perhatikan pernyataan berikut!

1). Bekerja hanya mencari ridho Allah
2). Berbuat baik dimana saja
3). Dapat rezeki berapapun senantiasa bersyukur
4) Senantiasa patuh kepada Rosul
5). Patuh pada tata tertib dan norma
6). Merasa cukup atas anugerah Allah.

Pernyataan di atas yang merupakan manfaat perilaku qonaah adalah no ...

A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 6
D. 4 dan 3
E. 5 dan 1

36. Pernyataan yang BUKAN termasuk perilaku tasamuh adalah

A. tidak memaksa pemeluk agama agama lain untuk pindah agama
B. bersikap saling menghormati antar sesama
C. mengingatkan waktu beribadah kepada orang lain beda agama
D. menghadiri upacara perayaan keagamaan orang lain
E. mengucapkan doa selamat hari raya keagamaan orang lain

37. Pak Fahmi akan mengeluarkan zakat dari hasil panen 3 ton padi yang pengairannya
menggunakan biaya (pengairan irigasi). Maka yang wajib dikeluarkan zakatnya oleh Pak
Fahmi adalah ....

A. 3 kwintal
B. 1,5 kwintal
C. 2,75 kwintal
D. 6 kwintal
E. 2,5 kwintal

38. Wanita yang sudah tidak menstruasi (menopause), apabila diceraikan oleh suaminya,
maka masa iddahnya adalah ....

A. tidak ada masa iddah
B. tiga kali suci (quru’)
C. tiga bulan
D. sampai melahirkan
E. empat bulan sepuluh hari

39. Pusat peradaban Islam di Andalusia tidak hanya terletak di Cordova saja. Di Granada
misalnya, ada bangunan Istana yang sangat megah yang dibangun oleh Dunasti Bani
Ahmar yang berkuasa pada tahun 1232-1492 M. Istana itu menjadi simbol kemajuan
Islam pada saat itu dengan bangunan yang megah dan indah.

Istana yng dimaksudkan
pada narasi tersebut adalah ...

A. Istana al-Hamra
B. Istana al-Humaira
C. Istana maimun
D. Masjid Cordova
E. katedral Mezquita

40. Kerajaan Islam ini merupakan kelanjutan dari kerajaan Islam Demak. Didirikan oleh Jaka
Tingkir yang bergelar Sultan Hadiwijaya. Kerajaan ini berlokasi di pedalaman pulau
Jawa. Saat ini masuk wilayah Kartasura Jawa Tengah.

Kerajaan yang dimaksudkan pada narasi tersebut adalah ...

A. kerajaan Mataram
B. kerajaan medang
C. Kerajaan boko
D. Kerajaan kasultanan ngayogjokarto
E. Kerajaan Pajang

41. Perhatikan pernyataan berikut! Serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil
penelitian, yang sistematis berdasar pada metode ilmiah, untuk mendapatkan jawaban
secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.

Pernyataan di tersebut merupakan pengertian ....

A. artikel ilmiah
B. tulisan ilmiah populer
C. tinjauan ilmiah
D. karya tulis ilmiah
E. makalah ilmiah

42. Perhatikan pernyataan berikut!

Bagian Awal: Memuat judul, keterangan tentang waktu pelaksanaan, tempat
penyelenggaraan, dan pada kegiatan apa pertemuan ilmiah tersebut dilakukan.

Bagian Isi:

1. sajian abstrak/ringkasan
2. paparan masalah utama berikut pembahasan masalah, dan
3. penutup.

Bagian Akhir : Daftar Pustaka

Pernyataan di atas merupakan kerangka isi ....

A. makalah pada pertemuan ilmiah
B. penelitian tindakan kelas
C. laporan penelitian ilmiah
D. makalah karya tulis ilmiah
E. makalah publikasi ilmiah

43. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Tidak mengganggu komitmen mengajar
(2) Tidak menuntut waktu pengamatan secara khusus hanya dilakukan pada jam-jam
pelajaran
(3) Berorientasi secara konstektual pada pemecahan masalah tugas keseharian yang
dihadapi guru

(4) Dilakukan secara berkelanjutan (never ending)
(5) Dilakukan secara kolaboratif
(6) Dilakukan secara fleksibel (guru dan peserta didik tidak merasa diamati)

Pernyataan di atas merupakan ....

A. karakteristik penelitian tindakan kelas
B. prinsip karya tulis ilmiah
C. prinsip penelitian tindakan kelas
D. manfaat penelitian tindakan kelas
E. mekanisme penelitian tindakan kelas.

44. Perhatikan pernyataan berikut!Karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam
upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di
satuan pendidikannya (di sekolahnya).

Pernyataan di tersebut merupakan pengertian ....

A. artikel ilmiah
B. tulisan ilmiah populer
C. karya tulis ilmiah
D. makalah ilmiah
E. tinjauan ilmiah

45. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian buku pelajaran adalah ....

A. berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan
bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan
mengajar guru

B. materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga
pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.

C. buku pelajaran yang 'masih' mempunyai keterbatasan, baik dalam jangkauan
penggunaannya maupun cakupan isinya

D. tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang
pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia, atau
sebaliknya

E. buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. Isi rencana kerja meliputi
upaya dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi proses pembelajaran

46. Kriteria untuk mendapatkan angka kredit dalam kelompok menemukan teknologi tepat
guna (Karya Sains/Teknologi) adalah ....

A. tingkat inovasi tinggi dan rendah
B. kriteria komplek dan sederhana
C. bahan dan sistem dengan biaya rendah
D. mudah dan sulitnya penerapan teknologi
E. tingkat modifikasi tinggi dan rendah

47. Perhatikan pernyataan berikut! Proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan manusia yang
diekspresikan secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan
kata yang mampu memberi makna transendental baik spriritual maupun intelektual bagi
manusia dan kemanusiaan.

Pernyataan di tersebut merupakan pengertian ....

A. teknologi tepat guna
B. Alat Pelajaran/Peraga/ Praktikum
C. karya seni
D. karya monumental
E. karya modifikasi alat pelajaran

48. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum yang
dilengkapi dengan gambar/foto alat praktikum tersebut bila alat praktikum tidak
memungkinkan untuk dikirim.

(2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran yang
dilengkapi dengan gambar/foto alat pelajaran tersebut dan lain-lain yang dianggap
perlu.

(3) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum yang
dilengkapi dengan alat praktikum yang dibuat bila alat praktikum tersebut
memungkinkan untuk dikirim.

(4) Lembar pengesahan/pernyataan dari Kepala Sekolah/madrasah bahwa alat
praktikum tersebut dipergunakan di sekolah/madrasah

(5) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang
dilengkapi dengan alat peraga yang dibuat bila alat peraga tersebut memungkinkan
untuk dikirim

Pernyataan yang merupakan bukti fisik dan besaran angka kredit alat praktikum
ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (1), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (4)

49. Kriteria penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya yang dapat dijadikan angka
kredit adalah ....

A. guru yang bersangkutan aktif dalam kegiatan tersebut; hasil kegiatan tersebut
digunakan secara nasional/provinsi

B. kejelasan konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses
penyusunan dan penetapan standar

C. bermanfaat untuk pelajaran/bimbingan di satuan pendidikan (di dalam maupun di
luar ruang kelas)

D. standar, pedoman, soal, dan sejenisnya memenuhi kriteria yang dibutuhkan sesuai
dengan standar minimal sebuah dokumen

E. ada tahapan proses review, verifikasi dan validasi dokumen standar, pedoman, soal,
dan sejenisnya

50. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Kegiatan Penyusunan
Standar/Soal/Pedoman), nama kegiatan nama pelaksana, NIP bagi PNS dan nama
sekolah/lokasi

(2) Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/madrasah, memuat identitas pelaksana
(nama lengkap, NIP bagi PNS, tempat/tanggal lahir, pangkat/ golongan, jabatan
struktural/fungsional, unit kerja), dan pejabat yang mengesahkan (nama, NIP dan
jabatannya).

(3) Kata Pengantar
(4) Daftar Isi
(5) Nama Kegiatan

(6) Tujuan
(7) Manfaat
(8) Pelaksanaan Kegiatan
(9) Hasil Kegiatan

Pernyataan di atas merupakan kerangka isi ....

A. karya monumental
B. karya modifikasi alat pelajaran
C. Penyusunan Standar, Pedoman, Soal, dan Sejenisnya
D. teknologi tepat guna
E. Alat Pelajaran/Peraga/ Praktikum

Untuk men-download file PDF dari soal di atas, silakan klik link di bawah ini:

>> Link Download https://bit.ly/3VGzHQJ

Demikian inforamsi mengenai contoh soal PK online GPAI PPKB Guru PAI tahun 2023 PDF.***

Editor: Ahmad Khakim

Tags

Terkini

Terpopuler