JAWABAN: Guru Membimbing Siswa dalam Menampilkan Seni Tradisional Sesuai Daerah Masing-Masing dalam Sebuah...

27 Januari 2023, 22:27 WIB
Guru membimbing siswa dalam menampilkan seni tradisional sesuai dengan daerah masing-masing dalam sebuah pertunjukkan secara kelompok. /ditpsd.kemdikbud.go.id/

Portal Kudus - Simak penjelasan tentang dimensi nilai karakter Profil Pelajar Pancasila terkait siswa menampilkan seni tradisional. 

Model-model pembelajaran dalam mencerminkan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila penting untuk dirancang oleh pendidik. 

Hal tersebut demi membangun dan membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan atau perwujudan pelajar Indonesia. 

Baca Juga: JAWABAN Esensi Pilar Kebangsaan dalam Memahami Keberagaman Sesuai Amanat UUD 1945 Pasal 18B Ayat 2 Adalah Ini

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Ada enam ciri utama Profil Pelajar Pancasila, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Ada berbagai model, metode, dan langkah pembalajan yang dapat dilakukan untuk membentuk nilai karakter Profil Pelajar Pancasila. 

Baca Juga: UNDUH PDF Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka 2022, Simak Rincian dan Turunannya

Di antara salah satunya dengan membimbing siswa dalam menampilkan seni tradisional sesuai daerah masing-masing dalam pertunjukan. 

Guru membimbing siswa dalam menampilkan seni tradisional sesuai dengan daerah masing-masing dalam sebuah pertunjukkan secara kelompok.

Langkah pembelajaran tersebut mencerminkan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dimensi apa?

a. Mandiri

b. Bernalar kritis

c. Berkebhinekaan Global

d. Kreatif

e. Gotong royong

Baca Juga: 10 CONTOH Mandiri dalam Profil Pelajar Pancasila, Apa Saja Sikap Mandiri dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk menemukan jawabannya, kita simak penjabaran dari masing-masing dimensi Profil Pelajar Pancasila berikut. 

Dilansir dari laman ditpsd.kemdikbud.go.id, berikut ini penjabaran dari enam ciri-ciri Profil Pelajar Pancasila:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

3. Bergotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

4. Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

5. Bernalar kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.

6. Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Setelah menyimak penjabaran tersebut, maka diketahui tentang membimbing siswa dalam menampilkan seni tradisional sesuai daerah masing-masing dalam pertunjukan mencerminkan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dimensi apa.***

Editor: Al Mahfud

Tags

Terkini

Terpopuler