KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 119 120 Semester 2 Uji Kompetensi 7 Soal Esai Nomor 5-10 Terlengkap

26 Januari 2023, 14:47 WIB
kunci jawaban Matematika kelas 8 SMP/MTs semester 2 halaman 119 120 Uji Kompetensi 7 /pexels.com

Portal Kudus - Artikel ini berisi kunci jawaban Matematika kelas 8 SMP/MTs semester 2 halaman 119 120 Uji Kompetensi 7 soal esai nomor 5-10 terlengkap.

Untuk siswa kelas 8 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal Matematika kelas 8 semester 2 halaman 119 120.

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika kelas 8 semester 2 halaman 119 dan 120 sebagai bahan untuk belajar.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Halaman 168-170 Aktivitas 4.2 Tentang Interaksi Dua Benda Bermuatan Terhadap Jarak

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.

Inilah kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 119 120 Uji Kompetensi 7 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

Sebelum melihat kunci jawaban soal halaman 119-120, silahkan terlebih dahulu simak kunci jawaban soal halaman 118 di bawah ini.

Uji Kompetensi 7

1. Perhatikan gambar di samping. Diketahui lingkaran dengan pusat G dan berjari-jari 26 cm. Tali busur AC dan DF berjarak sama-sama 10 cm terhadap G. Tentukan panjang:

a. AC

b. DE

Jawaban :

a) Perhatikan gambar tersebut, dengan menggunakan rumus Pythagoras kita dapat menemukan berapa panjang AC dengan sisi miringnya adalah AF, dan sisi alasnya adalah CF.

AC = √(AF² - CF²)
AC = √((26 + 26)² - (10 + 10)²)
AC = √(52² - 20²)
AC = √(2704 - 400)
AC = √2304
AC = 48 cm

Jadi, panjang AB adalah 48 cm.

b) Mencari panjang DE

DE = AC / 2
DE = 48 / 2
DE = 24 cm

Jadi, panjang DE adalah 24 cm.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 Halaman 113-117 Uji Kompetensi 7 Soal Pilihan Ganda

2. Tentukan keliling daerah yang diarsir pada bangun berikut.

Jawaban :

Dari gambar tersebut dapat kita ketahui keliling daerah yang diarsir = panjang setengah keliling lingkaran besar + panjang keliling lingkaran kecil

Keliling diarsir = (1/2 x 2 x π x r) + (2 x π x r)

Keliling diarsir = (1/2 x 2 x 22/7 x 14) + (2 x 22/7 x 7)

Keliling diarsir = 44 + 44

Keliling diarsir = 88 cm

Jadi, panjang keliling daerah yang diarsir tersebut adalah 88 cm.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 Halaman 110 111 Ayo Kita Berlatih 7.5 Pilihan Ganda dan Esai

3. Amati gambar di bawah ini. Tentukan keliling dan luas daerah yang diarsir.

Jawaban :

Keliling diarsir = keliling 1 lingkaran penuh + 1/2 keliling persegi
= (2 x π x r) + (1/2 x 4 x s)
= (2 x 3,14 x 5) + (1/2 x 4 x 10)
= 31,4 + 20
= 51,4 cm

Luas diarsir = luas 1 persegi penuh + 1/2 luas lingkaran
= (s x s) + (1/2 x π x r x r)
= (10 x 10) + (1/2 x 3,14 x 5 x 5)
= 100 + 39,25
= 139,25 cm²

Jadi, keliling dan luas daerah yang diarsir adalah 51,4 cm dan 139,25 cm²

4. Perhatikan gambar di bawah ini. Besar sudut pusat AOB adalah 90°, kemudian jari-jarinya adalah 21 cm. Hitunglah luas daerah yang diarsir.

Jawaban :

Luas diarsir = 1/4 luas lingkaran - luas segitiga
= (1/4 x π x r x r) - (1/2 x panjang alas x tinggi)
= (1/4 x 22/7 x 21 x 21) - (1/2 x 21 x 21)
= 346,5 - 220,5
= 126 cm²

Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 126 cm².

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 104 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.4 Lengkap Pembahasannya

5. Diketahui ∠OAB = 55° dan AB = BC. Tentukanlah besar:

a. ∠AOB

Jawaban:

∠AOB = 180° - (2 × ∠OAB)
= 180° - (2 × 55°)
= 180° - 110°
= 70°

Jadi, besar sudut AOB adalah 70°.

b. ∠ACB

Jawaban:

∠ACB = 1/2 × ∠AOB
= 1/2 × 70°
= 35°

Jadi, besar sudut ACB adalah 35°.

c. ∠ABC

Jawaban :

∠ABC = 180° - (2 × ∠ACB)
= 180° - (2 × 35°)
= 180° - 70°
= 110°

Jadi, besar sudut ABC adalah 110°.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 102 103 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.4 Lengkap Pembahasannya

6. Perhatikan gambar di samping Diketahui ∠AEB = 62°. Hitunglah besar: ∠ADB, ∠ACB, dan ∠ABC

Jawaban :

Perhatikan titik E,D, dan C dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa ketiga titik tersebut memiliki garis AB yang sama.

Sehingga besar sudut AEB, ADB, dan ACB dapat dipastikan sama.
∠AEB = ∠ADB = ∠ACB = 62°

Perhatikan garis AC, garis AC merupakan diameter lingkaran, sudut yang menghadap diameter lingkaran besarnya adalah 90°.
∠ABC = 90°

Jadi, besar ∠ADB = 62°, ∠ACB = 62°, dan ∠ABC = 90°.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 93 94 95 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.3 Soal Essay Full Pembahasan

7. Suatu pabrik membuat biskuit yang berbentuk lingkaran padat dengan diameter 5 cm. Sebagai variasi, pabrik tersebut juga ingin membuat biskuit dengan ketebalan sama namun berbentuk juring lingkaran dengan sudut pusat 90°.

Tentukan diameter biskuit tersebut agar bahan produksinya sama dengan biskuit yang berbentuk lingkaran.

Jawaban :

Luas biskuit lingkaran = π x r x r
= 3,14 x 2,5 x 2,5
= 19,625 cm²

Luas juring lingkaran = luas biskuit lingkaran
90°/360 ° x π x r x r = 19,625
1/4 x 3,14 x r² = 19,625
r² = 19,625 x 4 / 3,14
r = √25
r = 5 cm

Diameter biskuit = 2 x r
= 2 x 5
= 10 cm

Jadi, diameter biskuit tersebut adalah 10 cm.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 91, 92, 93 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.3 Lengkap Pembahasannya

8. Pak Santoso memiliki lahan di belakang rumahnya berbentuk persegi dengan ukuran panjang sisi 28 × 28 m2 .

Taman tersebut sebagian akan dibuat kolam (tidak diarsir) dan sebagian lagi rumput hias (diarsir).

Jika biaya pemasangan rumput Rp50.000,00/m2. Sedangkan biaya tukang pemasang rumput Rp250.000,00.

a. Tentukan keliling lahan rumput milik Pak Santoso tersebut

b. Tentukan anggaran yang harus disiapkan oleh Pak Santoso untuk mengolah lahan tersebut

Untuk kunci jawaban soal essay nomor 8, 9 dan 10, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Demikian terkait kunci jawaban Matematika kelas 8 SMP/MTs semester 2 halaman 119 120 Uji Kompetensi 7 soal esai nomor 5-10 terlengkap.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler