TERBARU! Soal OSN IPA SD 2023 dan Kunci Jawaban Bisa PDF Tingkat Kecamatan Kabupaten Provinsi Buat Latihan

1 Februari 2023, 08:00 WIB
soal OSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat kabupaten buat latihan jelang Olimpiade IPA SMP /Pexels/Anil Sharma/

Portal Kudus - Download soal OSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat kabupaten buat latihan jelang Olimpiade IPA SMP.

Bagi kalian yang bingung dan mencari soal OSN IPA SMP buat latihan, simak artikel ini hingga selesai.

Artikel ini akan menyajikan soal OSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat kabupaten buat latihan jelang Olimpiade IPA SMP guna menjadi panduan agar membantu belajar kalian.

Baca Juga: KUMPULAN Soal Cerdas Cermat SMA Pengetahuan Umum 2022 dan Jawaban Buat Latihan Tingkat Kecamatan Kabupaten

Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika para siswa terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.

Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

Sebagaimana yang dilansir tim PortalKudus dari alumni Pendidikan Bahasa Indonesia UNNES, Muhammad Khoirul Humam S.Pd. berikut ini soal OSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat kabupaten buat latihan jelang Olimpiade IPA SMP.

Baca Juga: 40 CONTOH Soal Olimpiade Bahasa Inggris SMP dan Kunci Jawaban Tahun 2022 Buat Latihan Jelang Olimpiade

1. Pada ekosistem danau, organisme yang berperan sebagai produsen yaitu.....

a. Zooplanton

b. Jamur

c. Bakteri

d. Fitoplanton

Jawaban : D.

Penjelasan : Fitoplanton adalah tumbuhan yang ukurannya sangat kecil dan melayang-layang di dalam air.

2. Dua mahluk hidup yang mempunyai hubungan predasi yaitu...

a. Tikus dan kucing

b. Ular dan landak

c. Semut dengan kupu

d. Tali putri dengan beluntas

Jawaban : A.

Penjelasan : Predasi adalah hubungan makan dan dimakan. Dalam hal ini tikus dimakan oleh kucing. Kucing sebagai predator dan tikus sebagai mangsanya

3. Pada suatu ekosistem terdapat :

1. Sapi

2. Tanah

3. Kambing

4. Udara

5. Rumput

6. Batu

7. Manusia

8. Belalang

9. Semut

Kelompok mahluk hidup yang meruapakn komponen biotik dalam ekosistem tersebut adalah....

a. 1, 3, 5, 6, 7, dan 8

b. 1, 3, 5, 7 8 dan 9

c. 1, 3, 4, 5, 7 dan 9

d. 1, 2, 3, 5, 7 dan 9

Jawaban : B

Penjelasan : Komponen biotik adalah 1, 3, 5, 7, 8 dan 9. Tanah, udara dan batu merupakan komponen abiotik.

4. Ayam mempertahankan hidupnya dengan memakan tumbuhan sepert biji-bijian. Namun ayam juga bisa makan hewan lainnya seperti rayap dan belalang. Dilihat dari jenis makanannya ayam tergolong

a. Herbivora

b. Pengurai

c. Karnivora

d. Omnivora

Jawaban : D

Penjelasan : Ayam tergolong omnivora karena memakan tumbuhan maupun hewan lain.

5. Beberapa siswa mengamati kolam yang ada disekitar sekolah. Di dalam kolam tersebut terdapat sejumlah ikan mas dan ikan mujahir, ada yang besar dan beberapa masih kecil. Sekolompok ikan mas dalam kolam disebut....

a. Individu

b. Komunitas

c. Ekosistem

d. Populasi

Jawaban : D

Penjelasan : Populasi adalah kelompok individu sejenis yang hidup bersama-sama di suatu tempat pada waktu tertentu.

6. Perhatikan contoh interaksi mahluk hidup berikut ini :

1. Ikan remora dengan ikan hiu

2. Bunga anggrek dengan tanaman inangnya

3. Lebah madu dengan bungga mangga

4. Ikan badut dengan anemon laut

5. Virus dalam tubuh manusia Contoh simbiosis komensialisme adalah...........

a. 1, 2 dan 4

b. 3, 4 dan 5

c. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 4

Jawaban : C

Penjelasan : Simbiosis komensialisme adalah interaksi antara dua jenis mahluk hidup, salah satunya memperoleh keuntungan dan yang lain tidak dirugikan.

7. Hubungan antara mahluk hidup berikut yang membentuk simbiosis mutualisme adalah....

a. Tanaman kacang dengan bakteri Rhizobium

b. Tanaman anggrek dengan pohon mangga

c. Kutu rambut dengan manusia

d. Tanaman benalu dengan pohon inang

Jawaban : A

Baca Juga: Soal IPS Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Jawabannya 2021, Latihan Soal Ujian Sekolah IPS SMP 2021

Penjelasan : Simbiosis mutualisme adalah interaksi atau hubungan dua jenis mahluk hidup yang saling menguntungkan

8. Cara yang tepat untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah adalah . . . .

a. memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah

b. memberi sanksi kepada setiap pedagang yang membuang sampah plastik sembarangan

c. mengumpulkan botol dan gelas minuman dari plastik tersebut sebelum dibuang

d. setiap kantong plastik sebaiknya ditimbun dalam tanah.

Jawaban : A

Pembahasan : Cara pengelolaan sampah palstik :

1. REPLACE (mengganti dengan barang ramah lingkungan)

2. REDUCE ( mengurangi sampah)

3. REUSE ( memenfaatkan kembali)

4. RECYCLE (mendaur ulang)

Jawaban : " memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah " Memakai alat makan dan minum yang dapat di cuci dan dipakai lagi di kantin sekolah.

9. Pola interaksi yang terjadi antara jamur Penicillium sp dan bakteri patogen adalah ....

a. netral

b. kompetisi

c. predasi

d. antibiosi

Jawaban : D

Penjelasan : Kompetisi adalah bentuk interaksi yang terjadi antara individu yang sejenis atau beda jenis untuk memperebutkan hal yang sama, contoh kambing dengan sapi di padang rumput yang sama.

Jamur Penicillium sp dengan bakteri patogen membentuk interaksi antibiosis karena jamur Penicillium sp mengeluarkan zat antibiotik yang akan menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Predasi bentuk interaksi yang satu sebagai pemangsa bagi lainnya, contoh kucing dengan tikus.

Netral adalah bentuk interaksi yang tidak saling mempengaruhi, contoh kambing dengan ayam pada area kebun.

Jadi pola interaksi yang terjadi antara jamur Penicillium sp dan bakteri patogen bersifat antibiosis karena bakteri patogen dihambat pertumbuhannya oleh jamur Penicillium sp.

10. Sebuah logam bermassa 400 gram dipanaskan sehingga menerima kalor sebesar 3,9 kJ. Jika suhu awal tembaga 30°C dan kalor jenis logam 390 J/kg°C, maka suhu logam setelah dipanaskan adalah ...

a. 50 °C

b. 55 °C

c. 25 °C

d. 75 °C

Jawaban : B

Pembahasan :

Diketahui:

m = 400 gram =

 kg = 

 kg

t1 = 30°C

c = 390 J/kg°C

Q = 3,9 kJ = 3,9 x 1000 J = 3900 J

Ditanya: t2

Jawab:

Q = m.c.(t- t1)

3900 J = 

 kg . 390 J/kg°C.(t- t1)

3900 

 = (t- t1)

25 = (t- t1)

25 = t– 30

25 + 30 = t2

55 = t2

Tips & Trik :

  • Konversikan satuan mengacu pada satuan kalor jenis air.
  • Tidak semua besaran yang diketahui dalam soal, digunakan dalam menyelesaikan pertanyaan.

11. Selain menghasilkan sperma, testis juga berfungsi untuk menghasilkan hormon ….

A. progesteron

B. insulin

C. testosteron

D. estrogen

Kunci Jawaban : C

12. Hormon yang paling aktif sejak awal proses menstruasi pada wanita dewasa adalah

hormon ….

A. estrogen

B. progesteron

C. FSH

D. gonadotropin

Kunci Jawaban : C

13. Proses berhentinya siklus menstruasi pada wanita usia lanjut disebut ….

A. ogenesis

B. spermatogenesis

C. menopause

D. fertilisasi

Kunci Jawaban : C

14. Hasil akhir dari proses oogenesis adalah ….

A. 1 ootid dan 2 badan polar

B. 1 ootid dan 3 badan polar

C. 1 spermatosit primer dan 2 badan polar

D. 1 spermatosit primer dan 3 badan polar

Kunci Jawaban : B

15. Pada proses pertumbuhan dan perkembangan sperma, sel haploid dimulai pada

tahapan ….

A. sprematogonium

B. sprematosit primer

C. spermatosit sekunder

D. spermatid

Kunci Jawaban : A

Baca Juga: Profil dan Biodata Garneta Haruni Lengkap dengan Akun Instagram, Umur, Keluarga, Tanggal Lahir dan Anak

16. Berikut ini yang merupakan saluran reproduksi pada pria secara urut adalah ….

A. testis – vas deferens – epididimis – uretra – penis

B. testis – epididimis – vas deferens – uretra – penis

C. testis – uretra – vas deferens – epididimis – penis

D. testis – epididimis – uretra – vas deferens – penis

Kunci Jawaban : B

17. Fungsi dari amnion adalah ….

A. melindungi embrio dari guncangan

B. pertukaran zat antara ibu dan janin

C. memberi makan dan oksigen pada embrio

D. melindungi ibu hamil

Kunci Jawaban : A

18. Bayi kembar yang dilahirkan dari pembelahan satu zigot menjadi dua yang terus

tumbuh menjadi individu disebut kembar ….

A. identik

B. tidak identik

C. fraternal

D. nonfraternal

Kunci Jawaban : A

19. Berikut ini penyakit pada sistem reproduksi yang dapat mengakibatkan

menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang adalah ….

A. AIDS

B. herpes

C. gonore

D. sifilis

Kunci Jawaban : A

20. Tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian ….

A. batang

B. akar

C. bunga

D. daun

Kunci Jawaban : D

21. Perkembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin dengan bantuan manusia disebut

perkembangbiakan ….

A. generatif

B. vegetatif buatan

C. vegetatif alami

D. aseksual alami

Kunci Jawaban : C

22. Berikut ini yang merupakan persamaan dari tumbuhan lumut dan paku adalah ….

A. bentuk batangnya

B. bentuk daunnya

C. bentuk akarnya

D. cara perkembangbiakannya

Kunci Jawaban : D

23. Perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan cara menimbun bagian

cabang yang tumbuh memanjang dalam permukaan tanah disebut ….

A. merunduk

B. okulasi

C. stek

D. mengenten

Kunci Jawaban : A

24. Jenis hewan di bawah ini yang cara berkembangbiaknya sama dengan tumbuhan

pisang adalah ….

A. ganggang merah

B. ganggang hijau

C. amoeba

D. hydra

Kunci Jawaban : D

25. Perhatikan gambar berikut!

GAMBAR KADAL

Hewan pada gambar di atas berkembangbiak dengan cara ….

A. vivipar

B. ovovivipar

C. membelah diri

D. ovipar

Kunci Jawaban : B

26. Protozoa bereproduksi dengan cara ….

A. fragmentasi

B. pertunasan

C. membelah diri

D. spora

Kunci jawaban : C

27. Berikut ini hewan yang bekembangbiak dengan cara bertelur adalah ….

A. itik, angsa, dan bebek

B. hiu, ayam, dan cicak

C. kera, bebek, dan ayam

D. angsa, bebek, dan kelinci

Kunci Jawaban : A

28. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan hanya bisa terjadi pada tumbuhan

yang memiliki ….

A. akar

B. daun

C. batang

D.bunga

Kunci Jawaban : D

29. Alat kelamin jantan pada bunga dinamakan ….

A. benang mahkota

B. mahkota bunga

C. putik

D. benang sari

Kunci Jawaban : D

30. Hewan di bawah ini yang dapat membantu penyerbukan pada tumbuhan yaitu ….

A. jangkrik

B. lebah

C. gajah

D. ayam

Kunci Jawaban : B

31. Berikut ini pernyataan yang benar tentang gen adalah …

A. sebagai penentu sifat yang tidak diwariskan pada turunannya

B. merupakan satuan-satuan kecil penyusun kromosom

C. penentu sifat antara individu yang diwariskan kepada keturunannya

D. merupakan kumpulan dari kromosom

Kunci Jawaban : C

32. Sifat paling mencolok yang diturunkan oleh induk disebut ….

A. resesif

B. dominan

C. genotip

D. fenotip

Kunci Jawaban : B

33. Kromosom yang berfungsi untuk menentukan jenis kelamin suatu inividu disebut

….

A. gonosom

B. autosom

C. alel

D. haploid

Kunci Jawaban : A

34. Tokoh yang dikenal sebagai pelopor ilmu genetika adalah ….

A. Carolus Lineaus

B. Gregor Johann Mendel

C. Karl Landsteiner

D. Charles Robert Darwin

Kunci Jawaban : B

35. Jumlah kromosom tubuh pada manusia adalah ….’

A. 23

B. 32

C. 46

D. 64

Kunci Jawaban : C

36. Sifat warna ungu dan buahnya manis merupakan contoh ….

A. genotipe

B. persilangan

C. fenotipe

D. mutasi

Kunci Jawaban : C

37. Persilangan dengan satu sifat beda disebut ….

A. hibridisasi

B. dihibrid

C. homozigot

D. monohibrid

Kunci Jawaban : D

38. Mangga manis berbuah besar memiliki genotype MMBb, gamet untuk genotip

tersebut adalah….

A. MB

B. Mb

C. MB, Mb

D. MB, Mb, mB, bb

Kunci Jawaban : C

39. Persilangan dua individu yang bersifat intermediet antara warna merah dan putih

akan menghasilkan F2 dengan warna ….

A. merah, merah muda, dan putih

B. merah muda dan merah

C. merah muda dan putih

D. merah dan putih

Kunci Jawaban : A

40. Rasio fenotip persilangan dihibrid adalah ….

A. 1 : 2 : 1

B. 3 : 1

C. 1 : 3

D. 9 : 3 : 3 : 1

Kunci Jawaban : D

Baca Juga: CONTOH Soal KSM IPA MTs 2022 dan Kunci Jawaban, Materi Latihan Soal KSM IPA MTs Tingkat Provinsi dan Kabupaten

Demikian informasi terkait soal OSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat kabupaten buat latihan jelang Olimpiade IPA SMP.***

*Disclaimer

1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik.

Editor: Sugiharto

Tags

Terkini

Terpopuler