KUNCI JAWABAN Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 Kelas 8 Halaman 67, 68, 69, 70, 71 Semester 2 Materi Lingkaran

25 Januari 2023, 20:45 WIB
kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 kelas 8 SMP/MTs halaman 67, 68, 69, 70, 71 semester 2 /pexels.com

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 kelas 8 SMP/MTs halaman 67, 68, 69, 70, 71 semester 2 materi lingkaran.

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 kelas 8 halaman 67, 68, 69, 70, 71 semester 2 sebagai bahan untuk belajar.

Sebelum melihat kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 kelas 8 halaman 67-71 semester 2 ini, ada baiknya siswa mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Halaman 168-170 Aktivitas 4.2 Tentang Interaksi Dua Benda Bermuatan Terhadap Jarak

Dikutip Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd berikut adalah kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 kelas 8 halaman 67, 68, 69, 70, 71 semester 2.

A. Pilihan Ganda

1. Suatu lingkaran mempunyai jari jari 10 cm. Pada lingkaran terdapat tali busur AB, CD, EF, dan GH, dengan panjang berturut turut 10 cm, 12 cm, 14 cm, dan 16 cm. Jika dari titik pusat lingkran dibuat apotema terhadap masing masing tali busur, apotema pada tali busur manakah yg terpanjang?
A. AB
B. CD
C. EF
D. GH

Jawaban:

panjang apotema = √(jari-jari² – setengah dari panjang tali busur²)

apotema pada tali busur AB = √(10² – 5²)
= √(100 – 25)
= √75 cm
= 5√3 cm

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 118 Kegiatan 1, Tentukan Pokok Pikiran Paragraf Dalam Tulisan

apotema pada tali busur CD = √(10² – 6²)
= √(100 – 36)
= √64 cm
= 8 cm

apotema pada tali busur EF = √(10² – 7²)
= √(100 – 49)
= √51 cm

apotema pada tali busur GH = √(10² – 8²)
= √(100 – 64)
= √36 cm
= 6 cm

Melihat hasil dari perhitungan panjang-panjangnya jelas yang paling panjang adalah apotema yang menghubungkan titik pusat dengan tali busur AB

Jadi, jawabannya A

2. Diketahui pada suatu lingkaran terdapat empat busur yaitu busur AB, CD, EF, dan GH. Panjang AB > panjang CD > panjang EF > panjang GH.
Jika pada masing-masing busur tersebut dibuat sudut pusat yang bersesuaian,maka sudut pusat terkecil menghadap busur...
A. AB
B. CD
C. EF
D. GH

Jawaban:

Hubungan panjang busur lingkaran dengan sudut pusat lingkaran, semakin besar sudutnya maka semakin panjang juga panjang busurnya

Jika panjang busur AB > panjang busur CD > panjang busur EF > panjang busur GH, maka besar sudut AOB > besar sudut COD > besar sudut EF > besar sudut GH

sehingga sudut pusat terkecil adalah sudut pusat yang menghadap busur GH

Jadi, jawabannya D

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 254 255 256 257 258 259 Latihan 4.4 Lengkap Pembahasannya

B. Esai

1. Tentukan jari-jari lingkaran yang diketahui diameternya 13 cm.

Jawaban:

r = ½ x d
= ½ x 13
= 6.5 cm

2. Apakah perpotongan dua diameter selalu di titik pusat?

Jawaban:

Ya karena diameter adalah garis tengah lingkaran yang menghubungkan 2 titik pada lingkaran yang melewati titik pusat, jika tidak melewati titik pusat namanya bukan diameter.

3. Perhatikan gambar di samping.

Garis k adalah garis sumbu tali busur AB.
Garis l adalah garis sumbu tali busur CD.
Titik P adalah perpotongan garis sumbu k dan l.

Benarkah perpotongan kedua garis sumbu tersebut tepat di titik pusat? Jelaskan

Jawaban:

Ya, kedua sumbu tersebut adalah garis yang berhimpit dengan diameter lingkaran, sehingga perpotongannya tepat di titik pusat.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 293, 294, 295, 296 Latihan 5.2 Lengkap Pembahasannya

4. Adakah tali busur yang lebih panjang dari diameter? Jelaskan.

Jawaban:

Tidak ada, karena tali busur yang melewati titik pusat lingkaran merupakan tali busur yang memiliki ukuran terpanjang dari tali busur yang tidak melewati titik pusat lingkaran

5. Apakah panjang apotema bisa lebih dari jari-jari? Jelaskan.

Jawaban:

Tidak bisa, karena apotema adalah ruas terpendek yang menghubungkan antara titik pusat dengan tali busur, maka titik pada tali busur tersebut pasti berada di dalam lingkaran (bukan pada lingkaran). Karena titik tersebut berada di dalam lingkaran, maka panjangnya pasti kurang dari jari-jari (ruas yang menghubungkan antara titik pusat dengan lingkaran).

6. Dua atau lebih lingkaran dikatakan konsentris jika berpusat di satu titik yang sama. Sebutkan minimal 3 benda (atau bagian benda) yang memuat hubungan konsentris.

Jawaban:

Benda yang saling konsentris:
a. Sisi dalam dengan sisi luar bingkai pada jam dinding berbentuk lingkaran.
b. Veleg sepeda dengan ban (yang terpasang pada veleg tersebut).
c. Sisi dalam dengan sisi luar ban sepeda.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 7 Halaman 86 Semester 2 Aktivitas 4.1, Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Sekitar

7. Diketahui 3 titik berbeda A, B, dan C tidak segaris. Buatlah lingkaran yang melalui 3 titik tersebut.

Jawaban:

Langkah melukis garis yang melalui titik A, titik B, dan titik C.
a. Buat dua ruas garis berbeda (misal AB dan BC)
b. Lukis garis sumbu kedua ruas garis tersebut sehingga berpotongan di satu titik (titik pusat), namai sebagai titik O.
c. Lukis lingkaran dengan pusat titik O dan panjang jari-jari OA atau OB atau OC (keterangan: OA = OB = OC)

8. Diketahui 3 titik berbeda A, B, dan C tidak segaris. Buatlah juring setengah lingkaran yang melalui 3 titik tersebut.

Jawaban:

Langkah membuat juring setengah lingkaran adalah sama dengan langkah membuat lingkaran, namun panjangnya hanya setengah lingkaran saja dan dibatasi oleh suatu diameter (keterangan: didapat dari garis sumbu ruas garis).

9. Komentari pernyataan berikut dengan tanggapan “kadang-kadang”, “selalu”, atau “tidak pernah”.
a. Ukuran busur mayor lebih dari 180.
b. Sudut pusat busur minor adalah sudut lancip.
c. Jumlah beberapa sudut pusat bergantung pada ukuran jari-jarinya.
d. Tali busur adalah diameter.

Baca Juga: SOAL dan JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 149 150 Uji Kompetensi Semester 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Jawaban:

a) ukuran busur mayor lebih dari 180° → selalu

b) sudut pusat busur minor adalah sudut lancip → tidak selalu
busur minor adalah busur yang lebih kecil dari setengah lingkaran, jadi besar sudut pusat dari busur minor adalah < 180,

sedangkan sudut lancip adalah sudut yang kurang dari 90 ( < 90 ), sehingga sudut dari busur minor tidak selalu sudut lancip

c) jumlah beberapa sudut pusat tergantung pada panjang jari-jarinya → tidak pernah

d) tali busur adalah diameter → tidak selalu
diameter adalah tali busur terpanjang

10. Berdasarkan gambar di bawah, tentukan:
(perhatian gambar pada soal tersebut!)

a. m∠CGB;
b. m∠BGE;
c. m∠AGD;
d. m∠DGE.

Jawaban:

a) m∠CGB = 180 - 60
= 120°

b) mBGE = 60° (bertolak belakang dengan m∠AGC

c) m∠AGD = 90° (perhatikan tanda siku-siku)

d) m∠DGE = 90 - 60
= 30°

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 238 239 240 241 Latihan 4.3 Nomor 1-12 Lengkap Pembahasannya

11. Berdasarkan gambar di bawah, tentukan:
(perhatian gambar pada soal tersebut!)

a. m∠ZXV,
b. m∠YXW,
c. m∠ZXY,
d. m∠VXW

Jawaban:

a. ∠ ZXV = 2x + 65
= 2 (25) + 65
= 50 + 65
= 115°

b. ∠ YXW = 4x + 15
= 4 (25) + 15
= 100 + 15
= 115°

c. ∠ ZXY = 180° - ∠ ZXV
= 180° - 115°
= 65°

d. ∠ VXW = 180° - ∠ YXW
= 180° - 115°
= 65°

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 212 213 214 215 Latihan 4.1 Kekongruenan Bangun Datar

12. File Musik

Perhatikan tabel berikut. Suatu survei dilakukan secara online untuk mendapatkan informasi tentang banyak file musik yang dimiliki dan didapatkan melalui free download.
(perhatian gambar pada soal tersebut!)

a. Jika kalian membuat suatu diagram lingkaran dari informasi tersebut, tentukan masing-masing ukuran sudut pusat dari masing-masing kategori tersebut.
b. Sketsalah busur yang sesuai dengan masing-masing kategori.
c. Buatlah diagram lingkaran data tersebut.

Untuk kunci jawaban nomor 12, 13, 14, 15 dan 16, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Demikian terkait kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 7.1 kelas 8 halaman 67, 68, 69, 70, 71 semester 2 materi lingkaran.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler