KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 238-239 Latihan 4.3 Soal Nomor 1-5 Lengkap Pembahasannya

16 Januari 2023, 19:51 WIB
kunci jawaban Matematika kelas 9 SMP/MTs halaman 238-239 Latihan 4.3 /pexels.com

Portal Kudus - Artikel ini berisi kunci jawaban Matematika kelas 9 SMP/MTs halaman 238-239 Latihan 4.3 soal nomor 1-5 lengkap pembahasannya.

Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal Matematika kelas 9 halaman 238 239.

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika kelas 9 halaman 238-239 sebagai bahan untuk belajar.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 111 112 Tugas Mandiri 4.3 Tentang Berita Perjanjian Malino

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.

Inilah kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 238-239 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

1. Selidikilah apakah dua trapesium di bawah ini sebangun? Jelaskan.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban :

- Trapesium PQRS :
PQ = 4 cm dan RS = 16 cm, SP = QR tetapi tidak diketahui ukurannya

- Trapesium ABCD :
CD = 2 cm dan AB = 8 cm, AD = BC tetapi tidak diketahui ukurannya

PQ bersesuaian dengan CD dan RS bersesuaian dengan AB
PQ/CD = 4/2 = 2/1
RS/AB = 16/8 = 2/1

Karena PQ/CD = RS/AB mungkin kita akan menyimpulkan bahwa kedua trapesium tersebut sebangun, tetapi karena ukuran SP dan AD tidak diketahui ukurannya, jadi kita tidak bisa menyimpulkan bahwa kedua trapesium tersebut sebangun. Karena mungkin saja perbandingan SP/AD ≠ 2/1

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 98 Semester 2, Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bineka Tunggal Ika

Kemudian syarat kedua juga tidak memenuhi, karena pada gambar sudut-sudutnya tidak diketahui, sehingga kita tidak bisa menyimpulkan bahwa sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua trapesium tersebut sama besar.

Jadi kedua trapesium pada gambar tersebut belum tentu sebangun, karena ukuran sudut dan sisi lainnya tidak diketahui

2. Carilah pasangan bangun yang sebangun di antara gambar di bawah ini
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban :

- Perhatikan persegi panjang A dengan B
panjang A : panjang B = 6 : 42 = 1 : 7
lebar A : lebar B = 4 : 28 = 1 : 7
Karena memiliki perbandingan sisi yg sama, maka bangun A dg B sebangun

- Perhatikan persegi C dengan Persegi G
Karena mempunyai sudut yang sama besar dan sisi-sisi yg bersesuaian, maka persegi C dan G dikatakan sebangun.

- Perhatikan belah ketupat E dengan belah ketupat F
Dua bangun memiliki sudut yang sama besar yaitu 70° dan 110° dan sisi-sisinya bersesuaian, maka dikatakan sebangun.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 79 Semester 2 Aktivitas 4.1 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908

3. Perhatikan dua bangun yang sebangun pada gambar di bawah ini.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Hitunglah panjang sisi AE, ED, dan QR.

Jawaban :

- Mencari panjang AE

AE : PT = AB : PQ
AE : 18 = 32 : 24
24.AE = 32 . 18
24 AE = 576
AE = 576 : 24
AE = 24 cm

- Mencari panjang ED

ED : TS = AB : PQ
ED : 21 = 32 : 24
24.ED = 32 . 21
24.ED = 672
ED = 672/24
ED = 28 cm

- Mencari panjang QR

BC : QR = AB : PQ
48 : QR = 32 : 24
32.QR = 48 . 24
32.QR = 1152
QR = 1152/32
QR = 36 cm

Petunjuk: gunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 45-52 Semester 2 Uji Kompetensi 6 Pilihan Ganda dan Essay

4. Dua buah bangun di bawah ini sebangun.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Hitunglah:
a. Panjang EF, HG, AD, dan DC
b. Nilai x, y, dan z

Jawaban :

- Mencari panjang EF
EF : AB = FG : BC
EF : 20 = 28 : 35 
EF = 16 cm

- Mencari panjang AD
AD : EH = BC : FG
AD : 16 = 35 : 28
AD = 20 cm

- Mencari panjang HG
Tarik garis sejajar EF melalui titik H, dan O adalah titik potong antara garis tersebut dengan dengan FG. maka
OG = 28 -16 = 12 cm

Lihat segitiga siku siku HOG
HG² = OG² +HO²
= 16² + 12²
= 400
HG = √400
= 20 cm

- Mencari panjang DC
DC:HG = BC:FG
DC:20 = 35:28
DC= 25 cm

- Mencari nilai x, y, z
karena kedua bangun tersebut sebangun maka,
y = 127°
x = 180° -127°
= 53°
z = x
= 53°

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 24 25 26 Aktivitas 7.6, Menyelidiki Transportasi pada Tumbuhan

5. Sebuah gambar berbentuk persegi panjang berukuran 16,8 cm × 8,4 cm. Gambar tersebut diperkecil sehingga ukurannya menjadi k cm × 2 cm. Hitunglah panjang k.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Untuk kunci jawaban soal nomor 5 sampai 12, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Demikian terkait kunci jawaban Matematika kelas 9 SMP/MTs halaman 238-239 Latihan 4.3 soal nomor 1-5 lengkap pembahasannya.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler