KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 148 149 Ayo Kita Berlatih 4.2 Grafik Persamaan Garis Lurus

30 Oktober 2022, 22:27 WIB
Ilustrasi kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149 ayo kita berlatih 4.2 /unsplash.com

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149 ayo kita berlatih 4.2 grafik persamaan garis lurus.

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika kelas 8 semester 1 halaman 148-149 sebagai bahan untuk belajar.

Sebelum melihat kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 dan 149 ini, ada baiknya siswa mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 SMP Halaman 145 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 4.1 Full Pembahasan 2022

Dikutip Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd berikut adalah kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149.

1. Gambarlah grafik persamaan garis berikut pada bidang koordinat.
a. y = 5x
b. y = 4x − 1
c. x = 2y − 2
d. y = 2x + 3
e. x − 3y + 1 = 0

Jawaban:

Untuk menciptakan Suatu Grafik, maka pertama kita tentukan dulu koordinatnya :

a. Y = 5 X
Jika X = 0, maka Y :
Y = 5 . 0 = 0
⇒ Maka Koordinat = (0,0)

Baca Juga: KUNCI Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 82 Bab 3 Kegiatan 3.7 Mengenali Unsur Unsur Teks Eksposisi

Jika X = 1, Maka Y :
Y = 5 . 1 = 5
⇒ Maka Koordinat = (1,5)

Jika X = 2, Maka Y :
Y = 5 . 2 = 10
⇒ Maka koordinat = (2,10)

b. Y = 4x – 1
Jika X = 0 , Maka Y :
Y = 4 . 0 - 1 = -1
⇒ Maka Koordinat = (0,-1)

Jika X = 1 , Maka Y :
Y = 4 . 1 – 1 = 3
⇒ Maka Koordinat = (1.3)

Jika X = 2 , Maka Y :
Y = 4 . 2 – 1 = 7
⇒ Maka Koordinat = (2,7)

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 SMP Halaman 176 Semester 1, Ayo Kita Diskusikan Konsep Beda Potensial

c. X = 2Y – 2
Jika Y = 0, Maka X :
X = 2 . 0 – 2 = -2
⇒ Maka Koordinat = (-2,0)

Jika Y = 1, maka X :
X = 2 . 1 – 2 = 0
⇒ Maka Koordinat = (0,1)

Jika Y = 2, Maka X :
X = 2 . 2 – 2 = 2
⇒ Maka Koordinat = (2,2)

d. Y = 2X + 3
Jika X = 0,, Maka Y :
Y = 2 . 0 + 3 = 3
⇒ Maka Koordinat = (0,3)

Jika X = 1, Maka Y :
Y = 2 . 1 + 3 = 5
⇒ Maka Koordinat = (1,5)

Jika X = 2, Maka Y :
Y = 2 . 2 + 3 = 7
⇒ Maka Koordinat = (2,7)

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1 Halaman 221, Ayo Kita Selesaikan Besar Hambatan Pengganti Terbaru 2022

e. X – 3Y + 1 = 0

X – 3Y + 1 = 0
-3Y + 1 = - X
X = 3y – 1

Jika Y = 0, Maka X :
X = 3 . 0 - 1 = -1
⇒ Maka Koordinat = (-1,0)

Jika Y = 1, Maka X :
X = 3 . 1 – 1 = 2
⇒ Maka Koordinat = (2,1)

Jika Y = 2, Maka X :
X = 3 . 2 – 1 = 5
⇒ Maka Koordinat = ( 5,2)

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Semester 1 Halaman 212 213 Aktivitas 5.5 Rangkaian Lampu Secara Seri dan Paralel

kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149

2. Seorang manajer pemasaran memperoleh gaji sebesar Rp100.000.000,00 per tahun ditambah 5°/° komisi dari total penjualan selama setahun. Gaji tahunan yang dia peroleh dinyatakan dalam persamaan berikut. y menyatakan gaji tahunnya dan x menyatakan total penjualan tiap tahun.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 210 211 Aktivitas 5.4 Percobaan Besar Hambatan Listrik pada Kawat Konduktor

a. Berapakah gaji manajer tersebut selama setahun jika total penjualan sebesar Rp5.000.000.000,00?
b. Berapakah gaji manajer tersebut selama setahun jika total penjualan sebesar Rp3.000.000.000,00?
c. Apakah maksud dari koordinat titik potong garis dengan sumbu-y dalam masalah ini?

Jawaban :

a. Rp.100.000.000 +5%
Rp.100.000.000 + Rp. 250.000.000
= Rp 350.000.000

b. Rp.100.000.000 + 5%
Rp 100.000.000 + Rp 150.000.000
= Rp 250.000.000

c. y = 100.000.000 + 0,05x berbentuk sebuah garis yang memotong sumbu y di
titik (0,100.000.000).

Titik potong ini menujukkan nilai x = 0 dan y = 100.000.000.

Artinya, titik tersebut adalah titik di mana total penjualan selama 1 tahun = 0, atau tidak ada penjualan sama sekali, sehingga gaji manajer sama dengan gaji pokoknya saja, yaitu 100.000.000.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1 Halaman 200 201, Ayo Kita Lakukan Aktivitas 5.2 Baterai Buah

3. Gambarlah grafik persamaan y = x + 2, y = 2x + 2, dan y = 2x − 3 pada bidang koordinat yang sama. Apa dampak perubahan grafik dari 1x menjadi 2x dan menjadi 4x? Jelaskan.

Jawaban:

kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Tugas Kelompok 5.1 PKN Kelas 11 Halaman 166, Cara Menghadapai Ancaman Integrasi Nasional

Dampaknya pada grafik x1 = nilainya menyinggung dititik x=-1 sedangkan x2 = menyinggung di x = -2 berarti arah grafik x nya semakin besar nilainya x = maka akan menyinggung nilai x nya semakin negatif itu berlaku untuk y = ax+c sedangkan bila y = ax-c maka akan didapatkan nilai untuk a = 1 itu yaitu nilai yang menyinggung x paling besar sedangkan bila nilai a nya > dari 1 maka akan lebih kecil dari nilai tersebut

4. Gambarlah grafik persamaan y = 2x + 2, y = x + 5, dan y = 2x − 3 pada bidang koordinat yang sama. Apa dampak perubahan grafik dari +2, +5, dan −3? Jelaskan.

Jawaban:

kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Uji Kompetensi Bab 2 PKN Kelas 12 Halaman 68, Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia

5. Gambarlah grafik persamaan y = 2x + 4, y = 2x - 8, y = 6, dan y = 2 pada bidang koordinat yang sama. berbentuk apakah perpotongan keempat grafik persamaan tersebut? tentukan luas bangun yang terbentuk dari titik potongan keempat grafik persamaan grafik tersebut

Jawaban:

kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149

Baca Juga: KUNCI Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 115 BAB 2 Aktivitas Kelompok Tentang Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

6. gambarlah grafik x + y =1, x + y = -1,x - y = -1, x - y = 1 apakah bentuk bangun dari perpotongan keempat geris tersebut ?.

Jawaban :

kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPS Kelas 8 Halaman 127, 128, 129, 130, 131, 132 Uji Kompetensi Bab 2 Pilihan Ganda dan Essay

Demikian terkait kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 148 149 ayo kita berlatih 4.2 grafik persamaan garis lurus.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler