10 Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Profesional Bidang Studi IPA SMP

3 Oktober 2022, 07:04 WIB
10 Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Profesional Bidang Studi IPA SMP /unsplash.com

Portal Kudus - Masih ada waktu untuk bersiap menghadapi Pretest PPG Dalam Jabatan bidang studi IPA SMP. Lantaran Pretest PPG Pra jabatan dapat dipersiapkan untuk menghadapi sebelum tes PPG dalam jabatan nanti.

Merujuk pada jadwal penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan kemenag yang dikutip dari website resmi pendis kemenag pada 30 September 2022, sudah pernah terlaksana April lalu.

Agar lebih matang dalam hal persiapan pretest sebagai tes lanjutan setelah seleksi administrasi. Maka perlu latihan soal yang diprediksi akan diujikan dalam pretest tersebut.

Baca Juga: 10 Soal dan Pembahasan Jawaban Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Pedagogik

Perlu diketahui apabila pretest PPG dalam jabatan bidang studi IPA SMP terdapat beberapa kategori. Diantaranya kemampuan pedagogik dan profesional bidang studi.

Kali ini akan dibahas tentang contoh soal dan pembahasan kunci jawaban pretest PPG dalam jabatan bidang studi IPA SMP. Prediksi soal ini dikutip dari pdf pretest PPG dalam jabatan. Adapun contoh soal dan kunci jawabannya adalah sebagai berikut:

 1. Terdapat Kompetensi Dasar (KD): menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut. Manakah di antara pilihan berikut ini merupakan yang pernyataan benar tentang teknologi dan struktur tumbuhan yang mengilhaminya?

A. Velcro atau perekat terinspirasi oleh getah batang

B. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa terinspirasi dari struktur bunga ros

C. Charger tenaga surya Electree terinspirasi dari osmosis daun

D. Teater Esplanade yang terinspirasi dari bentuk buah rambutan

E. Kota mengambang Lilypad Ecopolis terinsipirasi dari struktur daun teratai

Kunci Jawaban: E

Baca Juga: 10 Soal dan Jawaban Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Profesional Bidang Studi Ekonomi


Pembahasan
Menurut ramalan GIEC (Intergovernmental group on the evoluƟ on of the climate), kenaikan permukaan laut akan mencapai 20 hingga 90 cm selama abad ke-21. SeƟ ap kenaikan suhu 1°C akan mengakibatkan air naik 1 meter. Kenaikan air ini akan mempengaruhi 0.05% di Uruguay, 1% di Mesir, 6% di Belanda, 17.5% di Bangladesh dan lebih dari 80% di daerah atoll Majuro di Marshall dan pulau-pulau Kiribati hingga pulau-pulau di Maldives. Lilypad kota yang akrab dengan lingkungan dapat mengapung dari dari Monaco di Eropa hingga ke daerah bagian Atol Polenesia. Desain yang sangat modern dalam antisipasi pengungsi akibat pemanasanglobal. Inspirasi dari daun lilypad Amazonia Victoria Regia, dari keluarga Nympheas, tanaman air yang ditemukan oleh ahli tanaman Jerman Thaddeaus Haenke. Lilypad kota lingkungan yang mengapung dengan zero emisi udara melalui teknologi energi dari matahari (solar), angin, gelombang laut dan biomass. Bahkan dapat memperoses gas CO² di adalam atmosfer dan meresap ke kulitnya (atap) yang

terbuat dari titanium dioxide seperti proser fotosintesis pada tumbuhan (daun)


2. Terdapat KD: Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku). Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda, seperti menggunakan ukuran langkah, depa, dan meter. Di antara pilihan berikut yang merupakan indikator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah ...

A. Menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi dari hasil pengukuran panjang

B. Menjelaskan perbedaan ketepatan mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur standar dan alat ukur tidak standar

C. Menjelaskan pentingnya menggunakan alat ukur standar dalam pengukuran

D. Menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda

E. Menyebutkan jenis-jenis alat ukur standar, besaran, dan satuan panjang


Kunci Jawaban: D


Pembahasan


Kemampuan esensial sesuai KD adalah “menerapkan” (C3). Opsi A mengarah pada kemampuan analisis (C4). Opsi B dan C merupakan indikator esensial memahami (C2). Sedangkan opsi E merupakan indikator esensial mengingat (C1). Jawaban D merupakan indikator yang menuntut kemampuan menerapkan (bisa menjabarkan cara pengukuran atau mengukur). Untuk aspek kemampuan melakukan pengukuran (yang

sebenarnya bagian dari menerapkan) biasanya ditagih melalui KD keterampilan (KD pada KI-4).


3. Bu Nina melakukan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat melakukan pengukuran kuat arus listrik pada rangkaian. Bu Nina memulai dengan mengkondisikan siswa untuk belajar, memotivasi, dan menyampaikan tujuan. Kemudian Bu Nina mendemonstrasikan cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian. Langkah Bu Nina selanjutnya yang paling tepat adalah ...

A. Bertanya jawab tentang cara mengukur kuat arus listrik

B. Meminta siswa untuk menerapkan cara mengukur arus listrik pada berbagai rangkaian listrik

C. Bertanya-jawab tentang pengerƟ an arus listrik, kuat arus listrik, dan cara pengukurannya

D. Memancing rasa ingin tahu siswa tentang cara pengukuran arus listrik di rumah

E. Meminta siswa untuk menirukan pengukuran arus listrik seperƟ demonstrasi Bu Nina


Kunci Jawaban : E


Pembahasan


Tujuan pembelajaran berkaitan dengan pengetahuan prosedural, yakni cara melakukan pengukuran kuat arus listrik dalam rangkaian. Tujuan seperti ini paling efektif jika menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction/learning). Menurut Arends, langkah pembelajaran langsung adalah:

1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa

2. Mempresentasikan dan mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan

3. Membimbing pelaƟ han

4. Mencek pemahaman dan umpan balik

5. Memberi kesempatan pelaƟ han lanjutan dan penerapan

Berdasarkan stem soal di atas, Bu Nina telah melakukan tahap 1 dan 2 pembelajaran langsung. Maka, langkah selanjutnya adalah membimbing pelatihan Fase ketiga sintak model pembelajaran langsung (direct instruction) adalah membimbing pelatihan. Guru harus memberikan latihan terbimbing kepada siswa. Pada fase ini siswa tidak sekedar berlatih saja, tetapi siswa harus berlatih di bawah bimbingan guru. Tujuan diberikan pembimbingan adalah agar latihan yang dilakukan siswa dapat efektif. Setidaknya ada 4 (empat) prinsip yang harus dipegang guru saat melakukan latihan terbimbing untuk siswanya,

yaitu: (a) latihan singkat tapi utuh; (b) keterampilan harus benar-benar dikuasai; (c) hati-hati terhadap kelebihan dan kelemahan latihan berkelanjutan (massed practice) dan latihan terdistribusi (distributed practice); dan (d) perhatikan tahap awal latihan.


4. Dalam pembelajaran materi suhu dan kalor, Pak Bendi menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifik. Pak Bendi tidak hanya ingin meningkatkan kemampuan siswa memahami materi pelajaran tetapi juga meningkatkan keterampilan. Rumusan pertanyaan/tugas berikut yang paling tepat untuk menilai keterampilan siswa menggunakan termometer adalah ...

A. Ukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer yang

tersedia, kemudian catat hasilnya pada selembar kertas

B. Berapa suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia?

C. Tunjukkan cara mengukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan

termometer yang telah disediakan!

D. Catat suhu larutan dalam gelas kimia

E. Hitung kenaikan suhu larutan setelah dipanasi selama 5 menit.


Kunci Jawaban: C


Pembahasan


Jawaban C akan meminta siswa untuk menunjukkan bagaimana mengukur suhu larutan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer. Dengan tugas demikian siswa akan menuliskan langkah-langkah mengukur suhu larutan bahkan mendemokan bagaimana mengukur suhu larutan dalam suatu gelas kimia secara tepat. Guru dapat meminta siswa untuk mendemokan cara mengukur suhu larutan.


5. Perhatikan indikator berikut:

Menganalisis gejala Archimedes Materi ajar yang sesuai dengan indikator tersebut adalah ...

A. Gaya apung

B. Tekanan zat cair

C. Udara ada di mana-mana

D. Kenaikan air pada celah sempit

E. Dongkrak hidrolik


Kunci Jawaban : A


Pembahasan


Anda harus mencermati semua KD IPA SMP, Buku SIswa, dan Buku Guru IPA SMP, agar dapat menentukan lingkup materi ajar yang sesuai dengan KD atau indikator. Sebagai contoh, untuk indikator menganalisis gejala Archimedes, maka materi ajar yang sesuai adalah gaya apung.


6. Letusan gunung berapi dapat menimbulkan bencana alam bagi ekosistem di sekitarnya karena selain menghasilkan lelehan lava, awan panas, juga dapat menimbulkan tsunami, seperti pada terjadi pada letusan gunung anak krakatau di Kepulauan Seribu. Langkah berikut yang paling tepat dilakukan

untuk menghindari bencana tersebut adalah ...

A. Menjauhi daerah pantai dan bergerak ke daerah yang lebih tinggi

B. Menjauhi gedung-gedung dan pusat perbelanjaan

C. Menjauhi daerah sekitar lereng gunung krakatau

D. Bersembunyi dalam gua-gua atau bunker di sekitar

E. Membangun di sekitar pantai yang berhadapan dengan anak gunung Krakatau


Kunci Jawaban: A


Pembahasan


Gunung berapi karakatau yang terletak di Kepualaun Seribu sangat berpotensi menimbulkan tsunami (pantai di jawa bagian baeat dan sumatera bagian selatan) jika terjadi longsoran atau adanya pergeseran pada lapisan kerak samudra yang berpotensi menimbulkan patahan dasar laut dan menimbulkan tsu-nami. Selain itu, lelehan lava pijar dan awan panas harus dihindari pada zona tertentu. Oleh karena itu, agar terhindar dari bahaya bencana alam tersebut, sebaiknya menghindari zona sekitar gunung yang tidak aman dan menjauhi daerah pantai


7. Tumbuhan terutama tanama hidroponik sangat tergantung pada air. Pernyataan yang paling tepat tentang kenaikan air akibat kapilaritas pada tanaman hidroponik adalah ...

A. Penambahan zat terlarut akan memperbesar massa jenis air, sehingga kenaikan air dalam pembuluh xilem tumbuhan semakin tinggi

B. Semakin besar diameter pembuluh xilem, semakin tinggi kenaikan zar cair dalam pembuluh xilem tumbuhan

C. Semakin cepat air mengalir di dalam sistem hidroponik, maka semakin tinggi kenaikan zar cair dalam pembuluh xilem tumbuhan

D. Jika air dalam sistem hidroponik terkontaminasi sabun yang menurunkan tegangan permukaannya, maka kenaikan zar cair dalam pembuluh xilem tumbuhan justru semakin tinggi.

E. Jika sistem hidroponik ini dibuat di bulan, maka kenaikan zar cair dalam pembuluh xilem tumbuhan lebih tinggi dibandingkan dengan sistem serupa di bumi.


Kunci Jawaban : E


Pembahasan


Kenaikan air dalam pembuluh xylem pada tanaman hidroponik selain ditentukan oleh gaya kapileritas juga ditentukan oleh besar tekanan hidrostaƟ s dan daya hisap daun. Untuk satu jenis tanaman yang sama, daya kapliaritas cenderung akan sama. Tekanan hidrostatis pada umumnya tergantung pada kedalaman dan gaya gravitasi. Oleh karena itu, Gaya gravitasi bulan yang hanya sebesar 1,6 ms-2 jauh lebih kecil daripada gravitasi bumi sebesar 9,8 ms-2, sehingga jika sistem hidroponik ditanam di bulan maka kenaikan zat cair dalam pembuluh xilem tumbuhan lebih Ɵ nggi daripada jika di bumi.


8. Diantara zat-zat berikut yang dapat menimbulkan halusinasi, penurunan fungsi seksual, dan menimbulkan kematian adalah ...

A. Mariyuana

B. Formalin

C. Methanil yellow

D. Kunyit

E. Asam cuka


Kunci Jawaban: A


Pembahasan


Marihuana merupakan zat yang banyak dijumpai dalam ganja yang dapat menimbulkan halusinasi. Jika dikonsumsi berlebih dapat menimbulkan kehilangan fungsi seksual dan kemaƟ an. Formalin merupakan pengawet buatan yang sangat efektif mengawetkan ikan dalam jangka waktu yang cukup lama, bersifat karsinogenik yang memicu kanker dan kerusakan jaringan pada manusia.


9. Amir sedang duduk di sebuah meja. KeƟ ka melihat sebuah ballpoin di depannya, ballpoin tersebut terlihat kabur padahal letaknya sangat sangat dekat dengan mata. Lalu ballpoin dipegang dari dijauhkan dari mata sampai telihat jelas saat jaraknya 50 cm dari mata. Selanjutnya, Amir meletakkan ballpoin menjadi semakin jauh dan Amir masih tetap dapat melihatnya. Pernyataan yang paling tepat adalah ...

A. Amir mengalami mata miop (rabun jauh)

B. Amir perlu dibantu dengan kaca mata silindris

C. Titik dekat Amir sama dengan titik dekat mata normal

D. Titik dekat Amir lebih dari 40 cm

E. Amir perlu kacamata dengan dua fokus


Kunci jawaban: D


Pembahasan


Lensa mata manusia merupakan lensa cembung bikonkaf yang mirip dengan kaca pembesar. Pada mata normal, cahaya yang melewati lensa akan membentuk bayangan pada retina. Retina merupakan sel yang sensitif terhadap cahaya sehingga menimbulkan kesan untuk melihat benda. Lensa mata memiliki keterbatasan. Benda yang sangat dekat akan terlihat kabur. TiƟ k terdekat yang masih dapat dilihat dengan jelas (matanya berakomodasi maksimum) pada orang normal 25 cm. Amir baru dapat melihat jelas saat jarak benda ke mata 50 cm. Amir mengalami rabun dekat (hipermetrop), yang perlu ditolong dengan lensa cembung.


10. Syehai menderita sakit dengan gejala mudah merasa lapar dan haus, sering kencing di malam hari, dan berat badannya turun walau makannya banyak. Sebaiknya Syehai membatasi konsumsi ...

A. Daging

B. Telur

C. Susu segar

D. Jus buah

E. Sayur berwarna hijau


Kunci jawaban: D

Baca Juga: 10 Prediksi Soal dan Jawaban Tes Wawancara PPG Pra Jabatan


Pembahasan


Mudah merasa lapar dan haus, sering kencing di malam hari, dan berat badannya turun walau makannya banyak, merupakan gejala yang khas pada penyakit kencing manis. Pankreas penderita tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup, sehingga gula tidak dapat ditransformasi menjadi energi di dalam sel.

Akibatnya, tubuh merasa selalu kekurangan energi (merasa lapar). Karen transformasi energi oleh gula tidak terjadi, maka massa otot tubuh berkurang. Penderita kencing manis harus membatasi gula (atau makanan yang mengandung gula), dalam hal ini jus buah.


*) Disclaimer: Artikel ini bersifat sementara tidak mutlak, dan hanya ditujukan kepada calon peserta PPG dalam jabatan untuk memandu proses belajar. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan di atas, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.***

Editor: Ahmad Khakim

Tags

Terkini

Terpopuler