35 SOAL UTS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan Kunci Jawaban Tahun 2022, Lengkap Contoh Soal UTS K13

24 September 2022, 20:25 WIB
5 tips belajar kelompok agar efektif /Pixabay / Mohamed_hassan/

Portal Kudus - 35 SOAL UTS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan Kunci Jawaban Tahun 2022, Lengkap Contoh Soal UTS K13.

Contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester dan jawaban 1 K13, kumpulan contoh soal UTS Bahasa Indonesia.

Inilah contoh soal PTS UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 1 tahun 2022 kurikulum 2013 dan kunci jawabannya.

Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 1 tahun 2022 kurikulum 2013 dan kunci jawabannya.

Untuk siswa kelas 5 SD tentu memiliki keinginan untuk mempersiapkan diri menjelang penilaian tengah semester (PTS) lebih awal sehingga membuat dirinya lebih siap untuk menghadapi PTS/UTS nanti.

Baca Juga: 15 CONTOH Soal Pola Bilangan Kelas 8 dan Pembahasannya, Latihan Soal Matematika Kelas 8 SMP Pola Bilangan

Dengan banyak berlatih mengerjakan soal akan membantu membiasakan diri memecahkan berbagai permasalahan dan juga dapat membantu anak untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Untuk melihat kunci jawaban dan contoh soal PTS/UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 1 kurikulum 2013 tahun 2022, silahkan simak pada artikel berikut ini.

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah contoh soal PTS UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 1 tahun 2022 kurikulum 2013 dan kunci jawabannya.

Baca Juga: KUMPULAN Soal Psikotes Matematika dan Pembahasannya, Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Soal Cerita

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang paling benar!

1. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf disebut paragraf ....

a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. deskriptif

Jawaban : C

2. Ide pokok dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan memperhatikan ....

a. letak kalimat penjelas
b. letak kalimat utama
c. kata kuncinya
d. pola paragrafnya

Jawaban : B

3. Sekumpulan kalimat yang padu dan memiliki kesatuan gagasan tersebut ....

a. paragraf
b. kalimat
c. puisi
d. pantun

Jawaban : A

4. Kalimat yang mengandung gagasan utama mengenai suatu topik yang sedang dibahas dalam sebuah paragraf disebut ....

a. kalimat utama
b. kalimat pembuka
c. kalimat tanya
d. kalimat penjelas

Jawaban : A

5. Sebuah paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat ....

a. pertama
b. pokok
c. penjelas
d. penutup

Jawaban : C

6. Kalimat utama disebut juga kalimat ....

a. pertama
b. pembuka
c. topik
d. inti

Jawaban : D

7. Paragraf juga disebut ....

a. karangan
b. kalimat
c. alenia
d. narasi

Jawaban : C

8. Paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir paragraf disebut ....

a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif

Jawaban : B

9. Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya berada pada ... paragraf

a. awal
b. akhir
c. tengah
d. awal dan akhir

Jawaban : A

Bacaan untuk nomor 10 – 12

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Indonesia adalah penghasil timah terbesar kedua di dunia. Selain itu Indonesia juga penghasil berbagai macam mineral seperti besi, tembaga, baja, dan lain-lain. Dalam bidang pertanian Indonesia juga merupakan penghasil minyak kelapa sawit nomor dua di dunia.

10. Paragraf di atas termasuk paragraf ....

a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif

Jawaban : A

11. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat ....

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

Jawaban : A

12. Ide pokok paragraf di atas adalah ....

a. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah
b. Indonesia penghasil timah terbesar kedua di dunia
c. Indonesia penghasil berbagai macam mineral
d. Indonesia penghasil minyak kelapa sawit

Jawaban : A

Bacaan untuk soal nomor 13-16

Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa. Batik sudah mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Batik seakan mampu menyampaikan rasa kebudayaan bangsa. Kebudayaan batik selama ini telah menjadi primadona di kalangan pecinta mode.

13. Ide pokok paragraf di atas adalah ....

a. Batik warisan kebudayaan Indonesia
b. Batik kebanggan bangsa Indonesia
c. Batik lambang kebudayaan Indonesia
d. Batik adalah primadona bangsa Indonesia

Jawaban : A

14. Paragraf di atas terdiri dari ... kalimat.

a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

Jawaban : D

15. Topik bacaan di atas adalah tentang ....

a. kebudayaan
b. kebanggaan
c. batik
d. warisan bangsa

Jawaban : C

16. Paragraf di atas termasuk jenis paragraf ....

a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. persuasif

Jawaban : A

17. Kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat populer. Ras kucing murni, persia, siam, manx, dan spinx. Mereka dibiarkan di tempat pemeliharaan hewan resmi.

Ide pokok dari paragraf di atas adalah ....

a. bagian tubuh kucing
b. cara merawat kucing
c. ras kucing
d. alat gerak kucing

Jawaban : C

18. Perhatikan paragraf di bawah ini!

Guna menambah kompetensi di dunia kerja, bahasa Inggris perlu dikuasai. Penguasaan bahasa Inggris memiliki nilai penting untuk mendongkrak kemajuan karier. Pada era persaingan kerja yang semakin kompetitif, seorang yang menguasai bahasa Inggris otomatis memiliki peluang kerja. Seseorang yang tidak menguasai bahasa Inggris peluangnya lebih kecil untuk diterima sebagai karyawan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

a. Bahasa Inggris untuk mendongkrak kemajuan karier
b. Penguasaan bahasa Inggris bagi pencari kerja
c. Dunia kerja semakin kompetitif dengan bahasa Inggris
d. Peluang kerja bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris

Jawaban : B

19. Perhatikan paragraf berikut!

Mengembangkan pendidikan karakter ibarat mencari kucing hitam dalam kamar yang gelap. Memulai tahun ajaran baru, banyak sekolah mempromosikan program pendidikan karakter. Bahkan tahun ini pun pemerintah juga menggemakan pentingnya pendidikan karakter. Namun, makin dibicarakan makin tidak jelas halnya.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....

a. Sekolah mempromosikan program pendidikan karakter
b. Pengembangan pendidikan karakter
c. Pentingnya pendidikan karakter
d. Ketidakjelasan pendidikan karakter

Jawaban : B

20. Perhatikan paragraf berikut!

Dino sadar bahwa dia harus menjaga kesehatan tulang tangannya agar tidak terjadi cidera, ia pun berhenti mencangkul. Martinus menggantikan Dino mencangkul. Tak lama kemudian, Martinus kelelahan. Tulang tangannyajuga tidak terlalu kuat untuk mencangkul.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

a. Kesadaran untuk menjaga kesehatan tulang tangan agar tidak cidera
b. Dino dan Martinus suka mencangkul
c. Tulang Dino sakit
d. Martinus kelelahan mencangkul

Jawaban : A

21. Suatu jenis kalimat yang mengandung pertanyaan yang dimaksud untuk mendapatkan tanggapan atau jawaban dari orang lain disebut ....

a. kalimat perintah
b. kalimat tanya
c. kalimat sesuai
d. kalimat tanggapan

Jawaban : B

22. Ciri-ciri kalimat tanya adalah diakhiri dengan tanda ....

a. (!)
b. (.)
c. (?)
d. (,)

Jawaban : C

23. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan akibat suatu perbuatan adalah ....

a. apa
b. siapa
c. bagaimana
d. mengapa

Jawaban : D

24. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah ....

a. siapa
b. apa
c. kapan
d. dimana

Jawaban : C

25. ... ayah pulang dari kantor?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....

a. kapan
b. apa
c. dimana
d. berapa

Jawaban : A

26. ... cara menanam sayur di polibag?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....

a. apa
b. kapan
c. bagaimana
d. berapa

Jawaban : C

27. Di bawah ini yang termasuk kalimat tanya adalah ...

a. Adik Susi kelas 2.
b. Bapak baru pulang dari Jakarta.
c. Dimana kakak tinggal?
d. Tutup pintu itu!

Jawaban : C

28. ... harga sepatu adik?

a. dimana
b. berapa
c. kapan
d. apa

Jawaban : B

29. Kalimat tanya berikut yang bertujuan untuk menanyakan cara atau proses sesuatu adalah ...

a. Apa manfaat olah raga lari secara rutin?
b. Dimana para siswa melakukan kegiatan menanam pohon?
c. Siapa yang mempelopori gerakan anti rokok di sekolah?
d. Bagaimana cara menghindari bahaya asap rokok?

Jawaban : D

Bacaan untuk soal nomor 30-32

Setelah sarapan, aku dan keluargaku pergi ke balai desa (warga memang disuruh kumpul di balai desa) yang lumayan jauh dari rumah kami. Adapun kami juga memilih jalan kaki daripada naik motor. Kenapa kami memilih jalan kaki daripada naik motor? Pertama kita bisa mengurangi polusi udara. Karena kalau naik motor dapat menambah asap yang menyebabkan polusi dan dapat merusak lingkungan. Keuda, kita bisa berolah raga dengan jalan kaki. Walaupun tempatnya jauh, tapi dengan berolah raga kita sehat dan bugar bukan? Kita juga terhindar dari segala macam penyakit.

30. Dalam paragraf di atas terdapat kalimat tanya sebanyak ....

a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

Jawaban : B

31. Dimana warga desa disuruh berkumpul ....

a. Rumah pak RT
b. Rumah warga
c. Balai desa
d. Kantor kelurahan

Jawaban : C

32. Menurut bacaan di atas mengapa mereka memilih jalan kaki ....

a. Merusak lingkungan karena polusi asap kendaraan
b. Dengan jalan kaki kita dapat berolah raga sehingga menjadi sehat
c. Mengurangi polusi udara
d. Jawaban A, B dan C semua benar

Jawaban : D

Bacaan untuk nomor 33-35

Objek wisata Kalibiru berada di kawasan Kulonprogo, Yogyakarta yang berkonsep wisata alam. Lokasi tepatnya adalah di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota adalah sekitar 40 km.

33. Objek wisata Kalibiru terdapat di ....

a. Kulon Progo, Yogyakarta
b. Pati
c. Kudus
d. Semarang

Jawaban : A

34. Jarak lokasi wisata Kalibiru dari pusat kota adalah ....

a. 60 km
b. 50 km
c. 40 km
d. 30 km

Jawaban : C

35. Objek wisata Kalibiru yang berada di Hargowilis berkonsep ....

a. outbond
b. penginapan
c. wisata alam
d. camping

Jawaban : C

Demikian informasi tentang 35 SOAL UTS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan Kunci Jawaban Tahun 2022, Lengkap Contoh Soal UTS K13.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler