Portal Kudus - Berikut kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 54 tabel 2.1 tentang cara perkembangbiakan vegetatif tumbuhan.
Inilah pembahasan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 54 tabel 2.1 tentang cara perkembangbiakan vegetatif tumbuhan, simak dan pahami dengan baik disini.
Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal IPA halaman 54.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 9 Ayo Kita Tinjau Ulang Materi Bilangan Berpangkat
Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.
Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diberikan oleh guru.
Inilah kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 54 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.
Ayo Kita Diskusikan
Cobalah lengkapi Tabel 2.1 tentang cara perkembangbiakan vegetatif tumbuhan yang kamu ketahui! Cari sebanyak mungkin tumbuhan yang dapat kamu tulis pada Tabel 2.1.
Berdiskusilah dengan temanmu untuk menyelesaikan tugas ini! Tabel 2.1 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan
Jawaban:
(i) Mencangkok
Mencangkok merupakan cara memperbanyak tanaman dengan menumbuhkan akar baru pada cabang batang tanaman induk. Contoh tanamannya adalah mangga, rambutan, durian, maupun jambu.
(ii) Stek
Stek merupakan cara memperbanyak tanaman dengan cara mengambil batang tanaman induk kemudian ditancapkan ke dalam tanah. Contohnya adalah ketela pohon, tanaman kelor, maupun mawar.
(iii) Menempel (okulasi)
Okulasi merupakan suatu proses penyambungan mata tunas tumbuhan ke batang tumbuhan lain. Contohnya yaitu menempelkan mata tunas mawar merah ke tanaman mawar putih.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 5 Aktivitas Kelompok Bab 1: Sebaran Benua di Dunia
(iv) Menyambung (enten)
Enten merupakan suatu proses penyambungan bagian batang tumbuhan ke batang tumbuhan lain. Contohnya adalah penyambungan pada tanaman durian yang berbeda sifat.
(v) Merunduk
Merunduk merupakan proses merundukkan batang tanaman ke dalam tanah, sehingga mengeluarkan akar pada batang tersebut. Contohnya pada tanaman apel dan anggur.
(vi) Kultur jaringan
Kultur jaringan adalah menumbuhkan jaringan pada tumbuhan pada media tertentu untuk menghasilkan individu baru yang seragam, jumlah banyak dalam waktu singkat. Contoh tanamannya adalah anggrek.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 10-11, Latihan 1.1 Bilangan Berpangkat Full Pembahasan 2022
Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Tumbuhan apa sajakah yang dapat berkembang biak dengan bantuan manusia?
2. Tumbuhan apa sajakah yang dapat berkembang biak tanpa bantuan manusia atau secara alami?
3. Coba jelaskan mengapa bagian tumbuhan dapat digunakan untuk menghasilkan individu baru?
4. Kesimpulan apa yang dapat disusun berdasarkan hasil diskusi yang telah kamu lakukan?
Jawaban :
1. Singkong, jambu, rambutan, mangga, kelengkeng, durian, jeruk, alamanda.
2. bawang merah, suplir, cocor bebek, kentang, stroberi, jahe.
3. Bagian tumbuhan dapat digunakan untuk menghasilkan individu baru karena tumbuhan memiliki sel-sel yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel penyusun jaringan dan organ tumbuhan yang disebut sel meristem.
4.Kesimpulan:
- Tumbuhan dapat menghasilkan individu baru tanpa melibatkan proses fertilisasi (proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot).
- Tumbuhan memiliki sel-sel yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel penyusun jaringan dan organ tumbuhan yang disebut sel meristem.
- Keturunan yang dihasilkan memiliki sifat atau karakter yang sama dengan sifat induk.
Demikian artikel terkait kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 54 tabel 2.1 tentang cara perkembangbiakan vegetatif tumbuhan.***
Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.