Cara Menyusun ATP Kurikulum Merdeka, Pahami Bagaimana Langkah-langkah Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

2 Agustus 2022, 16:39 WIB
Ilustrasi Cara Menyusun ATP Kurikulum Merdeka, Pahami Bagaimana Langkah-langkah Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran /Pixabay.com/LeeJeongSoo.

Portal Kudus - Cara menyusun ATP Kurikulum Merdeka atau langkah-langkah menyusun Alur Tujuan Pembelajaran akan disajikan di sini.

Cara menyusun ATP Kurikulum Merdeka atau langkah-langkah menyusun Alur Tujuan Pembelajaran berikut ini dapat digunakan sebagai referensi.

Sebelum menyimak cara menyusun ATP Kurikulum Merdeka atau langkah-langkahnya, simak terlebih dahulu pengertian mengenai Alur Tujuan Pembelajaran.

Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran

Baca Juga: DOWNLOAD Kumpulan RPP Kurikulum Merdeka Belajar PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK Lengkap

Dalam Kurikulum Merdeka terdapat istilah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.

Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Ketiga keterampilan tersebut diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).

Terdapat dua poin utama dari alur pembelajaran, yaitu:

  • Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut.
  • Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 250 Contoh Soal KSM MI, MTs, dan MA Lengkap Materi Matematika, IPA, hingga IPS

Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Dalam membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), terdapat beberapa yang harus diperhatikan oleh guru, antara lain:

  • sederhana dan informatif;
  • esensial dan kontekstual;
  • berkesinambungan;
  • pengoptimalan tiga aspek kompetensi;
  • merdeka belajar;
  • operasional dan aplikatif; dan
  • adaptif dan fleksibel.

Berikut ini cara menyusun Alur Tujuan Pembelajaran:

1. Melakukan analisis Capaian Pembelajaran yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

2. Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan kompetensi- kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.

3. Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut. Ada enam dimensi, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha, Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

4. Berdasarkan identifikasi kompetensi- kompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Baca Juga: 50 Contoh Soal KSM Matematika MTs 2022 dan Kunci Jawaban, Download Soal Kompetisi Sains Madrasah MTs di Sini

5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

6. Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama).

7. Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan. Contoh: TP untuk mencapai suatu kompetensi pengetahuan 120 menit, keterampilan 480, dan sikap 120 menit.

Demikian informasi seputar penjelasan apa itu ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.***

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Terpopuler