Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pola Barisan Bilangan

17 Juli 2022, 21:35 WIB
kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pola Barisan Bilangan /

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pola Barisan Bilangan.

Inilah ulasan kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4, simak dan pahami dengan baik disini.

Dalam tulisan artikel ini akam dijelaskan mengenai kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4 dengan menggunakan pemahaman materi Pola Barisan Bilangan.

Untuk siswa kelas 8 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 22-23 mapel Matematika kelas 8 semester 1.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 9 Ayo Kita Tinjau Ulang Materi Bilangan Berpangkat

Dengan menggunakan pemahaman materi di atas, maka soal Matematika kelas 8 halaman 22 dan 23 akan bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat.

Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.

Baca Juga: KUMPULAN Soal Psikotes Matematika dan Pembahasannya, Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Soal Cerita

Berikut kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

1. Tentukan 3 bilangan selanjutnya dari pola barisan bilangan berikut ini.
a. 1, 3, 5, 7, ..., ..., ...
b. 100, 95, 90, 85, ..., ..., ...
c. 5, 10, 8, 13, 11, 16, 14, ..., ..., ...
d. 2, 6, 18, ..., ..., ...
e. 80, 40, 20, 10, ..., ..., ...
f. 3, –7, 11, –15, 19, ..., ..., ...
g. 4, 12, 36, 108, ..., ..., ...
h. 1, 4, 9, 16, 25, ..., ..., ...
i. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
j. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..., ..., ...
k. 2, –1, 1, 0, 1, ..., ..., ...

Jawaban:

a. 9, 11, 13
b. 80, 75, 70
c. 19, 17, 22
d. 54, 162, 486
e. 5; 2,5; 1,25
f. –23, 27, –31
g. 324, 972, 2.916
h. 36, 49, 64
i. 34, 32, 42
j. 9, 13, 7
k. 1, 2, 3

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 5 Aktivitas Kelompok Bab 1: Sebaran Benua di Dunia

2. Isilah titik-titik berikut agar membentuk suatu pola barisan bilangan.
a. 4, 10, ..., ..., 28, 34, 40
b. 100, 92, ..., 76, ..., 56, 48
c. 7, 13, 11, ..., ..., 21, 19, 25, 23, 29
d. 20, 40, 60, ..., ..., 120, 80, 160
e. 2.745, 915, ..., 135, 45, 15
f. 2, 3, ..., ..., 13, 21

Jawaban:

a. 16, 22
b. 84, 64
c. 17, 15
d. 80, 60
e. 305
f. 5, 8

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 2: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

3. Ambillah satu bilangan agar terbentuk suatu pola barisan bilangan
a. 2, 4, 7, 9 11
b. 4, 8, 12, 16, 32
c. 0, 1, 1, 2, 3, 4
d. 50, 43, 37, 32, 27
e. 4, 5, 8, 10, 13, 15, 18

Jawaban:

a) 9
b) 12 atau 32
c) 1 atau 4
d) 27
e) 4

4. Tentukan dua suku berikutnya dari barisan bilangan berikut, berdasarkan pola bilangan sebelumnya.
a. 2, 3, 4, 6, 6, 12, 8, ..., ...
b. 3, 7, 11, 18, ..., ...
c. 1, 2, 5, 14, ..., ...
d. 81, 80, 27, 40, 9, ..., ...
e. 1, 3, 4, 9, 9, 27, 16, ..., ...

Jawaban:

a) 24, 10
b) 27, 38
c) 41, 122
d) 20, 3
e) 81, 25

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 12 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 1.1 Menentukan Persamaan Barisan

5. Jika angka pada bilangan 100100100100100... diteruskan dengan pola yang sama, tentukan:

a. Angka ke-100

Jawaban:

Angka 100 memiliki 3 angka.
Angka 1 ada pada urutan 1, 1+3, n+3 , dan seterusnya.

Angka ke 100 = 100/3 = 33 sisa 1
Yang ke-100 = 1 (angka pertama dari 100)

b. Angka ke-1000

Jawaban:

Angka ke 1000 = 1000/ 3 = 333 sisa 1
Yang ke 1000 = 1

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 5 Aktivitas Kelompok, Sebaran Benua di Dunia Full Pembahasan 2022

c. Angka ke-3000

Jawaban:

Angka ke 3000 = 3000/3 = 1000 ( karena genap tanpa sisa)
Berarti ke 3000 = 0

d. Angka ke-2016

Jawaban:

Angka ke 2016 =2016/3 = 672 ( genap)
Berarti ke 2016 = 0

e. Banyak angka 1 hingga angka ke 50

Jawaban:

Angka ke 50 = 3 x 16 = 48 . sisa 2.
2 angka dari 100 =10.
16 kali nulis 100, 1 nya ada 16 dan 0 nya 2x lipat = 32, sehingga pas
jumlahnya 48, masing- masing ditambah 1 karena sisa.

Jadi hasil akhir 1 ada 17 , dan 0 ada 33

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 19, 20 Ayo Kita Tinjau Ulang Materi Perkalian pada Perpangkatan

f. Banyak angka 0 hingga angka ke 102

Jawaban:

Angka ke 102 = 3 x 34 = 102 ( tanpa sisa).
34 kali nulis 100 = 1 ada 34 , 0 ada 68

g. Banyak angka 1 hingga angka ke 300

Jawaban:

Angka ke 300 =3 x100.
100 kali nulis 100 = 1 ada 100, 0 ada 200

h. Banyak angka 0 hingga angka ke 103

Jawaban:

Angka ke 103 = 3 x 34 sisa 1

Jadi 1 ada 34+ 1 (karena sisa) , jadi 0 ada 68

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 20 21 Latihan 2.1 Soal Nomor 1-10 Lengkap Pembahasannya

6. Jika angka pada bilangan 133464133464133464... diteruskan dengan pola yang sama, tentukan:

a. Angka ke-100

Jawaban:

Angka-angka pada bilangan : 133464133464133464,……….
Merupakan bilangan periodik dengan periode = 6.
Maka angka ke-100 = 100/6 = 50/3 = 16 sisa 2.

Jadi angka ke-100 adalah angka no urut ke-2 = 3

b. Angka ke-1.000

Jawaban:

Angka ke-1000 adalah
1000/6 = 500/3 = 16 sisa 2
Jadi angka ke-1000 adalah angka no urut ke-2 = 3

c. Angka ke-3.000

Jawaban:

Angka ke-3000 adalah
3000/6 = 500 sisa 0
Jadi angka ke-3000 adalah angka no urut ke-6 = 4

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 30 31 Latihan 1.3 Soal Nomor 1-7 Lengkap Pembahasannya

d. Angka ke-2.016

Jawaban:

Angka ke-2016 adalah
2016/6 = 336 sisa 0
Jadi angka ke-2016 adalah angka no urut ke-6 = 4

e. Banyak angka 1 hingga angka ke-50

Jawaban:

Tiap satu periode terdapat satu angka
Dan jumlah periode = 50/6 = 8 sisa 2.
Jadi jumlah angka 1 ada sebanyak
8 x 1 = 8 angka 1 + 1 = 9 angka 1.

f. Banyak angka 3 hingga angka ke-10²

Jawaban:

10² = 100
Tiap satu periode terdapat dua angka 3
Dan jumlah periode = 100/6 = 16 sisa 4.
Jadi jumlah angka 3 ada sebanyak 16 x 2 + 2 = 34 angka dan jumlah periode = 50/6 = 8 sisa 2

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 30, 31, 32 Latihan 1.3 Pembagian pada Perpangkatan

g. Banyak angka 4 hingga angka ke-300

Jawaban:

Jumlah angka 4 hingga angka ke 300.
Jumlah periode = 300/6 = 50 periode sisa 0 dan tiap periode terdapat 2 anggka 4, maka dalam 50 periode terdapat angka 4 sebanyak 50 x 2 = 100 angka.

h. Banyak angka 6 hingga angka ke-10³

Jawaban:

10³ = 1000
Jumlah angka 6 hingga angka ke 1000.
Jumlah periode = 1000/6 = 166 periode sisa 4 dan tiap periode terdapat 1 anggka 6, maka dalam 166 periode terdapat angka 6 sebanyak 166 x 1 + 0 = 166 angka 6.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 8 Halaman 36, Contoh Jenis Musik, Asal Daerah, Nama Upacara Adat dan Fungsi

7. Tentukan angka satuan pada bilangan:
a. 2¹⁰⁰
b. 2⁹⁹⁹
c. 13¹⁰⁰
d. 2012²⁰¹³

Jawaban:

Angka satuan adalah angka digit terakhir pada suatu bilangan.

Perlu diingat akan membentuk sebuah pola
2=2 (satuannya 2)
2²=4 (satuannya 4)
2³=8 (satuannya 8)
2⁴=16 ((satuannya 6)
2⁵=32 (satuannya 2 maka tidak dihitung karena berulang)

13=13 (satuannya 3)
13²=169 (satuannya 9)
13³=2197 (satuannya 7)
13⁴=28561 (satuannya 1)
13⁵=371293 (satuannya 3 maka tidak dihitung karena berulang)

Lihat angka satuannya masing-masing
Untuk pangkatnya dibagi dengan jumlah banyak angka satuan yang tidak berulang
Kalau ada sisa hitung dari atas kembali

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 6 Halaman 10 11 12 Ayo Mencoba Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat

a) 2¹⁰⁰ = angka satuannya 6
100 : 4 = 25 sisa 0

b) 2⁹⁹⁹ = angka satuannya 8.
999 : 4 = 249 sisa 3

c) 13¹⁰⁰ = angka satuannya 6
100 : 4 = 25 sisa 0

d) Untuk soal ini kita lihat angka satuannya saja tidak usah lihat 2012 anggap saja 2
2012²⁰¹³ = angka satuannya 2
2013 : 4 = 503 sisa 1

Demikian artikel tentang kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 1 halaman 22, 23 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pola Barisan Bilangan.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler