CEK Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Merdeka, Soal dan Jawab Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar

6 Juli 2022, 13:11 WIB
Jawaban post test Modul 1 Kurikulum Merdeka. /kemdikbud

Portal Kudus - Informasi jawaban post test Modul 1 Kurikulum Merdeka, soal dan contoh referensi jawaban Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar. 

Pelajari soal-soal post test Modul 1 Kurikulum Merdeka serta inspirasi jawaban untuk bahan referensi. 

Salah satu media untuk belajar guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka adalah platform Merdeka Mengajar. 

Baca Juga: 10 CONTOH Papan Nama MPLS, Desain Gambar Papan Nama Siswa untuk Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

 

Di platform Merdeka Mengajar, pendidik bisa mengakses berbagai materi serta pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. 

Salah satu jenis soal yang akan dihadapi dalam pelatihan mandiri tersebut adalah soal post test Modul 1 Kurikulum Merdeka.

Sebagai bahan referensi, berikut ini adalah kumpulan soal dan kunci jawaban post test Modul 1 Kurikulum Merdeka:

1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.

Jawab : Salah

Baca Juga: 15 KUNCI Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Merdeka, Contoh Soal dan Referensi Jawaban untuk Belajar

2. Apa empat komponen kurikulum menurut Ralph Tyler?

Jawab : Tujuan, pengalaman belajar, pengorganisasian, dan evaluasi.

3. (1) Mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini
(2) Mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan
(3) Menilai dan memilih sesuatu yang relevan sebagai kontrol sosial

Hal di atas merupakan…

Jawab : Peran kurikulum

Baca Juga: SOAL Latihan Pemahaman Modul 2 Kurikulum Merdeka dan Jawaban, Contoh Inspirasi Jawaban Pelatihan Mandiri

4. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali…

Jawab : Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

5. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…

Jawab : Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman

6. Salah satu bentuk tindakan perubahan kurikulum yang kurang tepat dengan kondisi generasi saat ini adalah…

Jawab : Mengandalkan tugas dalam bentuk tulisan

7. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia.

Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.

Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah…

Jawab : Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid

8. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah…

Jawab : Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda

9. Dalam rapat MGMP di daerahnya, Pak Simon ditunjuk untuk menyusun modul ajar yang akan digunakan oleh seluruh sekolah di daerahnya.

Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Pak Simon adalah…

Jawab : Mengajak beberapa guru dari sekolah lain untuk ikut menyusun modul berdasarkan karakteristik umum sekolah di daerahnya

10. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan.

Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah…

Jawab : Mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

11. Hal-hal unik yang dimiliki sekolah, murid, sosial, budaya guru dan tenaga kependidikan lainnya disebut…

Jawab : Karakteristik satuan pendidikan

12. Pak Rudi sedang mengembangkan kurikulum yang akan dilaksanakan pada semester ini. Hal-hal berikut perlu dilakukan Pak Rudi dalam mengembangkan rencana pembelajaran pada mata pelajaran yang diampunya, kecuali…

Jawab : Menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diadakan sesuai dengan minat dan bakat muridnya

13. Saat mengevaluasi kurikulum operasional, Bu Atikah menilai murid belum dilibatkan secara aktif dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah. Komponen kurikulum yang dievaluasi oleh Bu Atikah adalah…

Jawab : Peorganisasian pembelajaran

14. Prinsip pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan terdiri atas…

Jawab : Berpusat pada murid, kontekstual, esensial, akuntabel, dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan

15. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:

(1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah

(2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

(3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas

(4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga

Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…

Jawab : Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah sebagai bagian penanaman nilai karakter pancasila

*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

Demikian contoh soal post test Modul 1 Kurikulum Merdeka.***

Editor: Al Mahfud

Tags

Terkini

Terpopuler