Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD dan MI Halaman 100 101 102 Karakter Pemimpin yang Baik

8 April 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi siswa belajar Tema 9 Kelas 4 SD MI. /PIXABAY/dariuszSankowski

Portal Kudus - Simak kunci jawaban tema 7 Kelas 6 SD dan MI halaman 100 101 102 karakter pemimpin yang baik.

Buku tema 7 Kelas 6 SD dan MI dengan membahas materi mengenai 'Kepemimpinan'.

Pada buku tema 7 Kelas 6 SD dan MI yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Baca kunci jawaban dan ulasan pada buku tema 7 Kelas 6 SD dan MI Subtema 2 'Pemimpin Idolaku' pembelajaran 6 halaman 100 101 102.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD dan MI Halaman 71 Materi Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Berikut kunci jawaban tema 7 Kelas 6 SD dan MI halaman 100 101 102 karakter pemimpin yang baik, yang dilansir Portal Kudus dari alumni Universitas Muria Kudus (UMK) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) serta Guru SD di SD N Bulung Kulon 01 Kudus Ayu Cahyati Hasanah, S.Pd.

kunci jawaban halaman 100 101 102

Evaluasi

1. Tulislah satu orang pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit tiga), contoh kegiatannya, serta manfat bagi orang-orang di sekitarnya.

Jawaban
Pemimpin yang saya kenal :
Ayah saya sendiri

Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki :
Religius
Disiplin
Pekerja Keras
Toleran
Humanis

Contoh kegiatan :
a. Selalu berdoa dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan, selalu mengucapkan rasa syukur dalam segala aktivitas.

b. Selalu melakukan sesuatu sesuai dengan yang telah ditetapkan (tepat waktu, tepat janji).

c. Selalu bekerja seperti tidak mengenal lelah, selalu semangat, tidak pernah mengeluh demi memberi nafkah kepada keluarga.

d. Selalu baik dengan keluarga dan orang-orang di sekitarnya, selalu memaklumi kekurangan yang dimiliki istri dan anak-anaknya, serta tetangga dan orang lain di sekitarnya.

e. Selalu welas asih/kasih sayang terhadap keluarga, selalu suka membantu para tetangga sekitar.

2. Manfaat bagi orang-orang di sekitarnya

Jawaban:

a. Menjadikan kami sebagai anak-anaknya jadi lebih mengenal Tuhan Yang Maha Esa, meniru sikap ayah yang selalu bersyukur.

b. Menjadikan kegiatan dan jadwal aktivitas di lingkungan rumah menjadi lebih teratur, anak-anaknya jadi lebih merasa nyaman berada di rumah

c. Membuat kehidupan ekonomi keluarga menjadi lebih baik dan nyaman, anak-anaknya dapat bersekolah dengan baik

d. Membuat keluarga beliau menjadi harmonis, hubungan dengan tetangga sekitar juga harmonis.

e. Membuat orang-orang disekitarnya sangat menyayanginya, baik keluarga maupun tetangga-tetangga maupun orang-orang di sekitarnya, membuat beliau disegani di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD dan MI Halaman 63 Materi Mengenal Seniman Tari di Indonesia

2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan.

Jawaban

Contoh Kepemimpinan yang baik :

a. Kepala Sekolah yang selalu peduli akan kesulitan guru dan murid-murid di sekolahnya, selalu mencari jalan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru dan murid-murid di sekolahnya

b. Seorang dokter yang selalu telaten dan sabar mendengarkan keluhan sakit pasiennya untuk kemudian menenangkannya sambil berusaha memberikan pengobatan yang mampu memberikan kesembuhan

Ciri-ciri pemimpin yang baik :

Mempunyai nilai rela berkorban, nilai keteladanan, disiplin, nilai kerja keras & kerja cerdas, pantang menyerah/gigih, mendahulukan kepentingan bersama, mampu bekerjasama dan berkomunikasi, terus belajar/terus memperbaiki diri, toleran, bertanggungjawab

Pengertian kepemimpinan yang baik :
Pemimpin yang mempunyai pengaruh baik atas orang lain dan mampu mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga mampu memberi arahan aktivitas-aktivitas anggota untuk membantu tercapainya tujuan kelompok/organisasi

Contoh kepemimpinan yang kurang baik :
Pemimpin yang merasa dirinya paling benar, paling berkuasa, tidak mau menerima nasihat, tidak bisa menghargai pendapat orang lain, hanya bisa memerintah dan tanpa mau peduli dengan bawahannya.

3. Tuliskan berbagai kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Tuliskan paling sedikit lima kegiatannya.

Jawaban:

a.. Gotong royong membersihkan jalan desa.

b. Menjenguk dan membantu tetanga yang sakit.

c. Membantu tetangga/orang-orang sekitar yang terkena musibah.

d. Melayat tetangga yang meninggal.

e. Turut aktif dalam kegiatan kampung, seperti Siskamling, PKK.

f. Turut aktif dalam lomba-lomba/peringatan hari besar di daerah tempat tinggal.

4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan

Jawaban:

a. Tidak membeda-bedakan terhadap orang lain/tidak melakukan diskriminasi.

b. Menghormati perbedaan suku, agama, ras maupun golongan.

c. Mempelajari adat/kesenian sendiri dan juga mempelajari adat/kesenian suku lain.

d. Suka menolong orang lain tanpa pandang bulu.

e. Menghormati orang yang lebih tua, dan menjaga/melindungi orang yang lebih muda.

f. Menghormati hak-hak orang lain, serta melaksanakan kewajiban diri sendiri.

g. Bertanggung jawab terhadap kegiatan diri sendiri yang berhubungan dengan orang lain/orang banyak.

5. Apa keunikan tari Zapin dari Aceh?

Jawaban:
Tarian yang mengutamakan kesatuan gerakan cepat. Dengan adanya kerjasama dan kesatuan gerakan tari yang cepat menciptakan gerakan-gerakan yang indah dan menakjubkan.

Tarian ini berisi dakwah islam, berasal dari daerah Arab dan mendapat sentuhan budaya lokal/Indonesia, sehingga makin memperindah gerakan.

6. Bagaimana sikapmu jika pada saat berdiskusi, ada perbedaan pendapat dengan temanmu?

Jawaban:

Memberikan kesempatan teman berpendapat, tanpa menyela, tetap sabar menunggu giliran untuk berpendapat.

Memberikan penjelasan yang sistematis/berurutan, dilakukan dengan sopan. Tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan kebersamaan tanpa menyinggung teman kita yang berbeda pendapat

Demikian kunci jawaban tema 7 Kelas 6 SD dan MI halaman 100 101 102 karakter pemimpin yang baik.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Buku Kemdikbud

Tags

Terkini

Terpopuler