Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD dan MI Halaman 75 76 77 Meneladani Sosok Pemimpin Idola di Sekolah

30 Maret 2022, 19:25 WIB
Kunci Jawaban tema 9 kelas 4 SD MI subtema 2 halaman 64, 65 tentang Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia pembelajaran 2. /pexels.com/Thirdman

Portal Kudus - Simak selengkapnya kunci jawaban tema 7 Kelas 6 SD dan MI halaman 75 76 77 meneladani Sosok pemimpin idola di sekolah.

Buku tema 7 Kelas 6 SD dan MI dengan membahas materi mengenai 'Kepemimpinan'.

Pada buku tema 7 Kelas 6 SD dan MI yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Baca kunci jawaban dan ulasan pada buku tema 7 Kelas 6 SD dan MI Subtema 2 'Pemimpin Idolaku' pembelajaran 3 halaman 75 76 77.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD dan MI Halaman 30 Tentang Unsur Penyusunan Teks Pidato

Berikut kunci jawaban tema 7 Kelas 6 SD dan MI halaman 75 76 77 meneladani Sosok pemimpin idola di sekolah, yang dilansir Portal Kudus dari alumni Universitas Muria Kudus (UMK) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) serta Guru SD di SD N Bulung Kulon 01 Kudus Ayu Cahyati Hasanah, S.Pd.

kunci jawaban halaman 75 76

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”.

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola

Jawaban: mempunyai sifat rela berkorban, pantang menyerah, peduli dengan murid, cerdas dalam menghadapi masalah dan dalam mengambil tindakan, mampu meningkatkan persatuan di kalangan murid dan guru

2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan

Jawaban :
Sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan. Ini ditunjukkan dengan tidak membeda-bedakan asal usul murid, sehingga antar murid timbul kebersamaan dan rasa persatuan

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD dan MI Halaman 49 Mengenal Nada Dasar Lagu Daerah

Jawaban :
Sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan. Ini dibuktikan dengan kemampuan pak Welly mengetahui karakter masing-masing siswa. Kemampuan mengetahui karakter siswa ini hanya bisa diperoleh jika berbaur/menyatu dengan murid-murid. Selain itu mampu menggalang semua unsur pendidikan/sekolah baik murid, guru, kepala dinas hingga Camat dan Bupati untuk bersama-sama memecahkan masalah.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?

Jawaban :
Karena kepala sekolah tahu kemampuan dan karakter Sudin yang suka membaca, percaya diri, serta komunikatif. Selain itu Kepala Sekolah ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga dengan diikutkan dalam lomba pidato di kota

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?

Jawaban :
Sikap merakyat/turun ke bawah, kreatif penuh ide, peduli dengan siswa, rela berkorban, mampu menjaga persatuan dengan tidak membeda-bedakan siswa dan pantang menyerah

6. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!

Jawaban :
Sudin mendapatkan dana yang cukup untuk mengikuti lomba di kota.
Dana itu diperoleh melalui pelelangan pisang yang ada di belakang, dan pembelinya adalah para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundang.

7. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?

Jawaban :
Hubungan yang sangat baik dan akrab. Hal ini dapat dibutktikan para pejabat tinggi tersebut mau menghadiri undangan kepala sekolah, walaupun para pejabat tersebut merupakan orang-orang sibuk.

Berdasarkan jawabanmu buatlah tulisan mengenai pak Welly

Jawaban:

Pak Welly adalah seorang perantau dari Indonesia timur yang mengabdi di pelosok Jawa Tengah. Beliau adalah orang yang mampu menjaga kebersamaan dan persatuan di lingkungan sekolah dengan menciptakan suasana tidak ada perbedaan diantara murid-muridnya.

Pak Welly adalah kepala sekolah yang peduli dengan muridnya. Beliau bertekad memberangkatkan Sudin, salah satu muridnya untuk mengikuti lomba di kota. Pak Welly adalah kepala sekolah yang kreatif. Beliau mampu memecahkan masalah pendanaan untuk Sudin yang akan mengikuti lomba di kota dengan cara membuat acara lelang pisang.
Sebelum itu Pak Welly mengajak musyawarah para guru mengenai rencananya tersebut. Pak Welly juga orang yang supel/pandai bersosialisasi, orang yang mampu bergaul dengan siapa saja, ini terbukti dengan datangnya para pejabat memenuhi undangan beliau. Lelang berjalan sukses dengan dibelinya pisang-pisang tersebut oleh para pejabat. Sehingga tercukupi dana untuk Sudin mengikuti lomba di kota.

kunci jawaban halaman 77

Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yang telah mengamalkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar sekolah.

Tuliskan perilakumu yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan telah kamu praktikkan di lingkungan rumahmu

Jawaban :
a. Akur dengan kakak dan adik.

b. Bermusyawarah dengan ayah/ibu/saudara.

c. Saling membantu/menolong dengan saudara dan teman.

d. Tidak membeda-bedakan dalam bergaul dengan teman di sekitar rumah.

Demikian kunci jawaban tema 7 Kelas 6 SD dan MI halaman 75 76 77 meneladani Sosok pemimpin idola di sekolah.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Buku Kemdikbud

Tags

Terkini

Terpopuler