Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 196 Aktivitas Kelompok Tentang Benda Peninggalan Masa Praaksara

3 Maret 2022, 16:12 WIB
kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 196 Aktivitas Kelompok benda peninggalan masa praaksara terbaru 2022. /IPS kelas 7/buku.kemdikbud/

 

Portal Kudus - Berikut adalah kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 196 Aktivitas Kelompok tentang Benda Peninggalan Masa Praaksara.

Inilah ulasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 196 Aktivitas Kelompok tentang Benda Peninggalan Masa Praaksara, simak dan pahami dengan baik disini.

Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 196 Aktivitas Kelompok tentang Benda Peninggalan Masa Praaksara.

Untuk siswa kelas 7 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 196 mapel IPS.

Baca Juga: Pembahasan Soal Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 31, 32 Ayo Kita Berlatih 6.3 Materi Tripel Pythagoras

Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diberikan oleh guru.

Berikut kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 196 Aktivitas Kelompok yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 127-131 Uji Kompetensi Bab 2 Pembahasan Soal Nomor 1-15 Pilihan Ganda

Aktivitas Kelompok IPS Kelas 7 Halaman 196

Aktivitas Kelompok

1. Kerjakan dengan temanmu!

2. Amati benda-benda di bawah ini!

3. Berdasarkan pengamatanmu, mana benda yang merupakan peninggalan masa praaksara dan benda yang bukan peninggalan masa praaksara?

4. Berikan alasannya!

5. Kumpulkan hasil kerja kelompok untuk penilaian!

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 179 180 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 8.5 Nomor 1-9 Terlengkap

Pembahasan:

1. Fosil manusia purba merupakan peninggalan masa pra-aksara. Hal ini dikarenakan bahwa pada masa manusia purba, belum mengenal tulisan.

Di samping itu tidak ada bukti yang menjelaskan bahwa manusia purba memiliki budaya tulisan, melainkan mereka masih mengenal lukisan tangan di dinding gua, membuat arca, bercocok tanam dan memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme, khususnya pada masa Mesolitikum hingga Megalitikum.

2. Prasasti merupakan bukan peninggalan masa pra-aksara. Hal ini dikarenakan pada masa ini sudah masuk pada masa sejarah. Corak utama yang membedakan antara masa prasejarah dengan sejarah adalah dengan ditemukannya tulisan atau tidaknya di dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 110 111 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.5 Lengkap Pembahasannya

Prasasti merupakan tulisan yang ditulis di media batu. Tulisan ini dipengaruhi oleh India yang memperkenalkan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta kepada penduduk lokal di nusantara.

3. Alat-alat dari tulang merupakan peninggalan pada masa pra-aksara. Hal ini dikarenakan Manusia pada masa Paleolitikum atau batu tua masih menggunakan tulang sebagai alat dan kebudayaan mereka.

Tulang-tulang itu digunakan sebagai senjata, berburu binatang buruan, dan menangkap ikan.

4. Naskah kuno merupakan bukan peninggalan pra-aksara. Hal ini dikarenakan naskah kuno sudah ada ketika munculnya tulisan sebagai ciri dari masa sejarah.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4: Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Di samping itu disimpulkan bahwa dengan adanya naskah kuno, maka sudah dipastikan adanya bangsa lain yang mengajarkan tulisan kepada bangsa lokal di Nusantara, baik itu India, Tiongkok, Arab, Gujarat dan Persia.

Demikian artikel tentang kkunci jawaban IPS kelas 7 halaman 196 Aktivitas Kelompok Bab 4 tentang Benda Peninggalan Masa Praaksara.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler