Portal Kudus - Inilah kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283-285 Uji Kompetensi Bab 4 pilihan ganda dan essay lengkap pembahasannya.
Inilah ulasan kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283-285 Uji Kompetensi Bab 4 pilihan ganda dan essy, simak dan pahami dengan baik disini.
Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283-285 Uji Kompetensi Bab 4 pilihan ganda dan esai.
Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 283 sampai 285 mapel IPS Bab 3 soal pilihan ganda dan essay.
Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.
Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diberikan oleh guru.
Berikut kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283-285 Uji Kompetensi Bab 4 pilihan ganda dan esai yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.
Kunci Jawaban IPS kelas 9 Halaman 283-285
A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu ...
a. proklamasi kemerdekaan seizin Jepang
b. Soekarno-Hatta menjadi aman
c. dibuatnya naskah proklamasi kemerdekaan
d. disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
Jawaban: disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan (D)
2. Setelah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia harus berhadapan dengan … .
a. Jepang dan Inggris
b. Jepang, Belanda, dan Sekutu
c. Jepang dan Belanda
d. Jepang, Prancis, dan Belanda
Jawaban: Jepang, Belanda, dan Sekutu (B)
3. Kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena….
a. membantu pasukan Jepang
b. mengubah pemerintahan RI
c. membawa pasukan NICA
d. melucuti tentara Jepang
Jawaban: membawa pasukan NICA (C)
4. Pada tanggal 23 Maret 1946 Sekutu mengeluarkan ultimatum di Bandung yang isinya…
a. agar rakyat Bandung membantu Sekutu melucuti senjata tentara Jepang
b. agar rakyat Bandung yang memiliki senjata menyerahkan diri kepada Belanda
c. agar TRI mengosongkan kota Bandung
d. agar rakyat membakar kota Bandung
Jawaban: agar TRI mengosongkan kota Bandung (C)
5. Penyebab pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah ....
a. adanya bentrokan antara pejuang Surabaya dengan pasukan Belanda
b. Inggris terang-terangan membantu NICA
c. Belanda melakukan provokasi terhadap pejuang Surabaya
d. tewasnya Brigjen. A. W. S. Mallaby
Jawaban: tewasnya Brigjen. A. W. S. Mallaby (D)
Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 272 273 274 Uji Kompetensi Bab 4 Soal Pilihan Ganda dan Essay
6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
a) Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura. Belanda sudah harus meninggalkan daerah de facto paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
b) Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk Republik Indonesia Serikat (RIS), salah satu bagiannya adalah Republik Indonesia.
c) RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda yang diketuai oleh Ratu Belanda.
Pernyataan di atas merupakan hasil perundingan…
a. Linggarjati
b. Renville
c. Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar
Jawaban: Linggarjati (A)
Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 189 190 191 192 Uji Kompetensi Bab 3 Soal Pilihan Ganda dan Essay
7. Penyerahan kedaulatan Indonesia dilaksanakan setelah berlangsung . . . .
a. Perundingan Linggarjati
b. Perundingan Renville
c. Perundingan Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar
Jawaban: Konferensi Meja Bundar (D)
8. Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah ....
a. membentuk KNIL
b. menerapkan blokade ekonomi
c. melakukan Agresi Militer
d. membentuk negara-negara boneka
Jawaban: membentuk negara-negara boneka (D)
9. Pada masa demokrasi parlementer, pembangunan nasional tidak dapat dilaksanakan sebab…
a. adanya tuntutan dari kalangan ABRI untuk mengganti presiden
b. para pemimpin partai saling berebut kekuasaan untuk kepentingan partainya
c. timbulnya demonstrasi-demonstrasi di berbagai daerah
d. adanya kesenjangan sosial di kalangan masyarakat
Jawaban: timbulnya demonstrasi-demonstrasi di berbagai daerah (C)
10. Perhatikan kabinet-kabinet berikut!
(a) Kabinet Natsir
(b) Kabinet Sultan Hamengku Buwono IX
(c) Kabinet Sukiman
(d) Kabinet Burhanudin Harahap
(e) Kabinet Dwikora
(f) Kabinet Pembangunan
Beberapa kabinet yang terbentuk pada masa demokrasi parlementer adalah ….
a. Kabinet (a),(c), dan (d)
b. Kabinet (a), (b), dan (e)
c. Kabinet (c), (d), dan (e)
d. Kabinet (d), (e), dan (f)
Jawaban: Kabinet (a),(c), dan (d) (A)
B. Esai
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!
Jawaban:
Terjadinya keadaan ekonomi Indonesia yang jelek disebabkan oleh beberapa faktor berikut.
a. Dengan adanya hasil-hasil yang telah ditetapkan dalam sidang KMB, Indonesia menanggung beban ekonomi dan keuangan sehabis di akuinya kedaulatan oleh Belanda pada tanggal 27 desember 1949.
b. Rancangan politik ekonomi Indonesia dibentuk di Belanda, buan di Indonesia.
c. Perubahan sistem ekonomi kolonial menjai sistem ekonomi nasional tidak mewarisi ahli-ahli yang cukup dari Pemerintah Belanda.
d. Pengeluaran pemerintah untuk operasi-operasi keamanan yang semakin meningkat tidak stabil dengan keadaan situasi politik dalam negeri.
e. Pemerintah Republik Indonesia harus menanggung defisit yang sebesar 5,1 miliar rupiah pada waktu itu.
f. Hasil perkebunan sebagai referensi ekspor Indonesia.
2. Pada pemerintahan Orde Baru, perekonomian Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Apa saja hal-hal yang mendukung kemajuan tersebut? Jelaskan!
Jawaban:
- Mengadakan pajak bagi pendapatan perseorangan
- Menghemat pengeluaran pemerintah
- Membatasi kredit bank
3. Pada tahun 1998, keadaan ekonomi Indonesia kembali memburuk. Jelaskan hal-hal yang menyebabkan keadaan tersebut!
Jawaban:
Berikut adalah Penyebab Krisis Ekonomi Indonesia tahun 1997-1998 :
a. Stok hutang luar negeri swasta yang sangat besar dan umumnya berjangka pendek, telah membuat kondisi bagi “ketidakstabilan”.
Hal ini diperburuk oleh rasa percaya diri yang berlebihan, bahkan cenderung mengabaikan, dari para menteri di bidang ekonomi maupun masyarakat perbankan sendiri menghadapi besarnya serta persyaratan hutang swasta tersebut.
b. Banyaknya kelemahan dalam sistem perbankan di Indonesia. Dengan kelemahan sistemik perbankan tersebut, kasus hutang swasta eksternal pribadi beralih menjadi kasus perbankan dalam negeri.
c. Sejalan dengan makin tidak jelasnya arah perubahan politik, maka informasi perihal pemerintahan otomatis bermetamorfosis dilema ekonomi pula.
d. Perkembangan situasi politik telah makin menghangat akhir krisis ekonomi, dan pada gilirannya memberbesar efek krisis ekonomi itu sendiri.
4. Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan dan kesejateraan masyarakat sejak masa kemerdekaan hingga reformasi?
Jawaban:
Pada masa reformasi, pemerintah memberdayakan ekonomi masyarakat kecil dan menengah agar dapat berkembang dan meningkatkan ekonomi Indonesia.
Selain itu pemerintah juga menyediakan kesempatan belajar bagi masyarakat umum yang belum memperoleh pendidikan sepenuhnya.
5. Bagaimanakah upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah pada masa Orde Baru dan masa Reformasi untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia?
Jawaban:
Usaha pelestarian budaya indonesia terus dilakukan di antaranya dengan mendaftarkan budaya-budaya orisinil indonesia ke UNESCO semoga tidak diklaim oleh pihak lain.
Demikian artikel tentang kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283-285 Uji Kompetensi Bab 4 pilihan ganda dan esai lengkap pembahasannya.***
Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.