Portal Kudus - Simak Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 256 Nomor 7 dan 8 Tentang Latihan 4.4 Matematika
Berikut ini Pembahasan Jawaban Soal Ayo kita Berlatih Matematika kelas 9 yang diambil dari buku paket matematika kurikulum 2013 revisi 2018.
Soal dan Jawaban Latihan 4.4 Kesebangunan Dua Segitiga, Matematika Kelas 9 halaman 254- 259 buku matematika kelas 9 Bab 4 tentang Kesebangunan dan Kekongkruen.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 12, Pembahasan Soal Tugas Individu
Untuk soal kali ini tentang jawaban Kesebangunan.
untuk jawaban sendiri yang menjawab dan sengaja di share sebagai bahan evaluasi.
sebagaiman dikutip Portal Kudus dari Ringtimes Bali dalam artikel berjudul Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 SMP Halaman 256 257 Kesebangunan Dua Segitiga Full Pembahasan 2022
Dilansir dari Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 edisi Revisi 2018, berikut pembahasan soal matematika kelas 9 SMP/MTs halaman 256-257 sebagai berikut:
8) Perhatikan gambar.
Hitunglah panjang MN pada gambar di bawah ini.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 12, Tugas Individu
Pembahasan:
MN = (SM . PQ + MP . SR)/(SM + MP)
MN = (5 . 20 + 3 . 12)/ (5 + 3)
MN = (100 + 36)/8
MN = 136/8
MN = 17 cm
9) Perhatikan gambar.
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 5
Tentukan:
a) Pasangan segitiga yang sebangun.
Pembahasan: ∆ABC ∼ ∆BDC, ∆ABC ∼ ∆ADB, ∆ADB ∼ ∆BDC.
b) Pasangan sudut yang sama besar dari masing-masing pasangan segitiga yang sebangun tersebut.
Pembahasan:
*∆ABC ∼ ∆BDC
m∠ABC = m∠BDC, m∠BAC = m∠DBC, dan m∠ACB = m∠BCD
*∆ABC ∼ ∆ADB
m∠ABC = m∠ADB, m∠BAC = m∠DAB, dan m∠ACB = m∠ABD
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 6 Tugas Individu
*∆ADB ∼ ∆BDC
m∠ADB = m∠BDC, m∠DAB = m∠DBC, dan m∠ABD = m∠BCD
c) Pasangan sisi bersesuaian dari masing-masing pasangan segitiga yang sebangun tersebut.
Pembahasan:
*∆ABC ∼ ∆BDC
AB/BD = BC/DC = CA/CB
*∆ABC ∼ ∆ADB
AB/AD = BC/DB = CA/BA
*∆ADB ∼ ∆BDC
AD/BD = DB/DC = BA/CB
d) Panjang sisi BA, BC, dan BD.
Pembahasan:
Panjang BA
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 2 Menentukan Unsur-Unsur Berita
BA2 = AD x AC
BA2 = 32 x 50
BA2 = 1600
BA2 = √1600
BA = 40 cm
Panjang BC
BC2 = CD x CA
BC2 = 18 x 50
BC2 = 900
BC = √900
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 2 Menentukan Unsur-Unsur Berita
BC = 30 cm
Panjang BD
BD2 = CD x DA
BD2 = 18 x 32
BD2 = 576
BD = √576
BD = 24 cm
10) Perhatikan gambar.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 SD dan MI Halaman 30 dan 32 Subtema 1, Pembelajaran 4
Diketahui PR = 15 cm dan QU = 2/3 UP. Tentukan panjang TS.
Pembahasan:
QU = 2/3 UP
QU/2 = UP/3
QU/QP = TU/PR
2/5 = TU/15
(15 x 2)/5 = TU
TU = 6 cm
TS = US – UT
TS = PR – UT
TS = 15 – 6
TS = 9 cm
11) Perhatikan gambar.
Diketahui KL = 10 cm dan MN = 14 cm. P dan Q berturut-turut adalah titik tengah LN dan KM. Tentukan panjang PQ.
Pembahasan:
*OP/KL = NP/LN
OP/10 = 1/(1 + 1)
OP = (10 x 1)/2
OP = 5 cm
*OQ/NM = KQ/KM
(OP + PQ)/NM = KQ/(KQ + QM)
(5 + PQ)/14 = 1/(1 + 1)
5 + PQ = (14 x 1)/2
PQ = 7 – 5
PQ = 2 cm
12) Perhatikan gambar.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 SD dan MI Halaman 47, 48, 49, 50, dan 51 Subtema 1, Pembelajaran 6
Segitiga ABC adalah segitiga siku-siku sama kaki. Jika AB = 10 cm dan CD garis bagi sudut C, Tentukan panjang BD.
Pembahasan:
∆ABC siku-siku sama kaki (m∠ABC = 90o), maka BC = AB = 10 cm, m∠BCA = m∠BAC = 45o
AB = BC
10 = BC
AC = √AB2 + BC2
AC = √102 + 102
AC = √100 + 100
AC = √200
AC = 10√2 cm
∆CBD ∼ ∆CED karena DC = DC (berhimpit), m∠BCD = m∠ECD (diketahui),
dan m∠DBC = m∠DEC = 90o.
Maka, BC = EC = 10 cm dan BD = ED.
Perhatikan ∆DAE, m∠DAE = m∠BAC = 45 derajat (berhimpit), maka m∠ADE = 45 derajat.
Berarti ∆DAE adalah segitiga siku-siku sama kaki.
Sehingga,
AE = BD = DE
AE = AC – CE
AE = 10√2 – 10
AE = 10(√2 – 1) cm
Demikian dulu pembahasan jawaban soal matematika Kelas 9 SMP/MTs bab 4 kekogruenan dan kesebangunan halaman 256 dan 257 kesebangunan dua segitiga. Semoga membantu.
Disclaimer:
1. Konten ini disajikan dan dibuat bertujuan agar dapat membantu para orang tua dalam membimbing anak selama belajar.
2. Pembahasan kunci jawaban ini bersifat terbuka, baik siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.***Sevie Safitri Rosalina/Ringtimes Bali