Portal Kudus - Berikut ini Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 11-12 Ayo Kita Berlatih 6,1, Gunakan Rumus Teoremma Phytha.
Dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai kunci jawaban dari soal Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 11-12 Ayo Kita Berlatih Gunakan Rumus Teoremma Phythagoras.
Dengan adanya Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 11.
Kalian kelas 8 SMP MTs diharapkan dapat menyelesaikan soal Gunakan rumus Teorema Phytagoras untuk menentukan nilai yang belum dikatahui pada pelajaran Matematika halaman 11-12.
Berikut adalah soal Matematika kelas 8 SMP MTs halaman 11-12 ayo kita berlatih 6.1 tentang Gunakan rumus Teorema Phythagoras.
Kunci jawaban soal ini dibuat dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan tugas Matematika kelas 8 SMP MTs di halaman 11-12.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 SD dan MI Halaman 47, 48, 49, 50, dan 51 Subtema 1, Pembelajaran 6
Berikut Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 11-12 Ayo Kita Berlatih Gunakan Rumus Teoremma Phythagoras dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang), Zaenal Abidin M.Pd.
Agar lebih jelasnya, berikut soal Matematika kelas 8 SMP MTs halaman 11-12 ayo berlatih 6.1 yang dilansir dari modul pembelajaran matematika kelas VIII, BSE Kemendikbud edisi
2017:
Kalian tau gak sih apa itu Teorema Phytagoras?
Menurut dalil tentang Pythagoras sebagai kuadrat panjang sisi miring suatu segitiga siku-siku (salah satu sudutnya 90°) yakni sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi lainnya. Lebih sederhananya, teorema Pythagoras dapat dirumuskan seperti dibawah ini:
a2 + b2 = c2
Di mana “c” ialah sudut paling panjang dari segitiga siku-siku.
Sehingga, dengan rumus teorema Pythagoras, kita dapat menentukan mana yang merupakan kumpulan bilangan segitiga siku-siku.
Contohnya:
a = 3, b = 4 dan c = x, dengan cara menguadratkan sisi miring dan jumlahkan kuadrat sisi lainnya, maka kita akan mengetahui:
a2 + b2 = c2
32 + 42 = c2
9 + 16 = c2
25 = c2
C = √25
C = 5
Selain itu, dengan menggunakan rumus teorema Pythagoras, kita akan lebih mudah dalam menentukan; apakah ketiga barisan bilangan dapat membentuk segitiga siku-siku atau tidak.
Kalau masih bingung, boleh banget nih, kita lihat contoh di bawah ini:
1.Gunakan teorema Pythagoras untuk menentukan nilai yang belum diketahui pada masing-masing gambar berikut.
Berikut soal Matematika kelas 8 SMP MTs halaman 11-12 ayo kita berlatih 6.1 tentang Gunakan rumus Teorema Phythagoras untuk menentukan nilaiPembahasan :
a)x= √(122+ 152)= √(144 + 225)= √369b) x = √(132 – 52)= √(169 – 25)= √144= 12
c)a = √(10,62 – 5,62)= √(112,36 – 31,36)= √81= 9 inchid)a = √(10,42 – 9,62)= √(108,16 – 92,16)= √16= 4 me)x = √(82 – 62)= √(64 – 36)= √28f)a = √(7,22 + 9,62)= √(51,84 + 92,16)= √144= 12 kaki
2. Tujuan dipasangkan kawat bubut pada suatu tiang telepon adalah untuk menopangnya. Kawat bubut dipasang pada tiang telepon setinggi 8 meter dari tanah.
a. Jelaskan cara yang akan kalian lakukan untuk menentukan panjang kawat bubut tanpa mengukur langsung kawat tersebut. b. Tentukan panjang kawat jika jarak antara kawat dan tiang pada tanah adalah 6 meter
Pembahasan :a) Hal yang perlu kita gunakan adalah dengan mengukur jarak antara kawat dengan tiang lalu, Kemudian kita lanjutkan dengan mencari panjang kawat bubut,b)kawat = √(jarak2 + tinggi2)= √(62 + 82)= √(36 + 64)= √100= 10 m
Jadi, panjang kawat bubut = 10 meter.
Itulah pembahasan soal Matematika kelas 8 SMP MTs halaman 11-12 ayo kiya berlatih 6.1 tentang Gunakan rumusTeorema Phytagoras untuk menentukan nilai yang belum diketahui.
Desclaimer: pembahasan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh kelanjutan yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah.
Demikian artikel tentang Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 11-12 Ayo Kita Berlatih Gunakan Rumus Teoremma Phythagoras.***