Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Tematik Halaman 130 131 132 134 135 136 137 138 Sub Tema 3 Pembelaran 1

23 Oktober 2021, 19:30 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 98 Pembelajaran 1. /Pixabay / ArtsyBee

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 130, 131, 132, 134 135 136 137 dan 138.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 1 memiliki judul Indahnya Kebersamaan.

Subtema 3 Buku Tematik berjudul Bersyukur atas Keberagaman.

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 3 pembelajaran 1 di halaman 130, 131, 132, 134 135 136 137 dan 138.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD atau MI Tema 1 Halaman 84 dan 85 Subtema 2

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 1 kelas 4 SD dan MI halaman  130, 131, 132, 134 135 136 137 dan 138. Pembelajaran 1 subtema 3.

Tentang Bersyukur atas Keberagaman. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 130, 131, 132, 134 135 136 137 dan 138.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Halaman 130 131 132

Ayo Berdiskusi

Jawaban:

Paragraf 1
Gagasan pokok: Ulang tahun Kota Jakarta sebentar lagi.
Gagasan pendukung:
1. Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional betawi di kampungnya.
2. Menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festival Betawi.
3. Makanan betawi menjadi jajanan di festival.
4. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

Paragraf 2
Gagasan pokok: Pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.
Gagasan pendukung:
1. Sudah sejak seminggu yang lalu Mak Salmah bekerja keras membuat adonan dodol.
2. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu.
3. Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan.
4. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam.
5. Pembuatannya memang berat dan
lama.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 111 112 113 114 115 Sub Tema 2 Pembelajaran 4

Paragraf 3
Gagasan pokok: Pembuatan dodol Betawi Mak Salmah dapat melestarikan budaya, memupuk kerja sama, dan menjalin keakraban antarwarga.
Gagasan pendukung:
1. Mak Salmah selalu melibatkan tetangga- tetangganya.
2. Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol betawi tidak dirasakannya sendiri.
3. Mak Salmah juga ingin dodol betawi selalu dikenal.
4. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan makanan tradisional milik kampung sendiri.

Kunci Jawaban Halaman 134

Ayo Menulis

Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu tentang makanan tradisional yang kamu ketahui.

Sampaikan asal daerahnya, bagaimana membuatnya, dan kapan biasanya masyarakat setempat mencicipinya.

Jawaban:

• Lempah Kuning
Lempah kuning merupakan makanan ciri khas daerah Pangkal Pinang. Bahan utama dalam masakan lempah kuning ini adalah ikan. Makanan yang sering disertakan dalam berbagai upacara adat ini merupakan makanan utama. Sepintu sedulang yang berarti segala sesuatu dikerjakan secara bersama-sama merupakan tradisi masyarakat Pangkal Pinang di mana lempah kuning merupakan lauk pauk utama yang dimasak dan dimakan secara bersama-sama.

• Ketan Uli
Ketan uli merupakan makanan khas bagi masyarakat Betawi yang dibuat dari beras ketan. Makna dalam pembuatan ketan uli ini melambangkan kekeluargaan atau silaturahmi yang terjaga antara keluarga. Kebersamaan yang terlihat dalam proses pembuatan makanan khas ini adalah adanya pemisahan tugas dalam cara pembuatannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 123 124 125 127 128 Sub Tema 2 Pembelajaran 6

• Tumpeng
Tumpeng merupakan cara penyajian nasi beserta lauk pauknya berbentuk kerucut dan sering ditemukan saat upacara keagamaan atau upacara tradisional ataupun selamatan lainnya. Lauk pauk yang berjumlah tujuh macam melambangkan tujuh pertolongan.

Tumpeng ini bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan secara bersama-sama. Tumpeng berwarna kuning mempunyai arti kekayaan dan moral yang luhur.

Sedangkan tumpeng putih dalam adat jawa melambangkan kesucian dan biasanya disajikan dalam upacara sakral. Grebeg maulid Nabi sebagai tradisi kraton Solo yang mengusung empat tumpeng raksasa setinggi tiga meter dinanti-nanti oleh ribuan warga yang ingin berebut isi dari tumpeng raksasa tersebut.

• Ketupat
Ketupat merupakan makanan khas Indonesia terbuat dari nasi yang dibungkus oleh janur dan berbentuk jajaran genjang. Ketupat ini sering disajikan pada saat hari raya keagamaan. Tradisi ketupat lebaran mempunyai arti mengakui kesalahan. Di daerah Bali, ketupat ini dipersembahkan sebagai sesajen dalam upacara.

Kunci Jawaban Halaman 135 136 137

Ayo Mencoba

Ingatkah kamu bahwa bunyi memerlukan penghantar untuk bisa terdengar? Media penghantar untuk perambatan bunyi adalah udara, zat cair, dan benda padat. Tahukah kamu sifat-sifat bunyi lainnya?

Ayo kita lakukan percobaan berikut!

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan percobaan.
1. Apa yang terjadi dengan gelombang bunyi pada tabung kedua jika kamu meletakkan piring kaca.
Jawaban:
Suara arloji lebih keras.

2. Ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, apa yang terjadi? Jelaskan.
Jawaban:
Suara menjadi lebih pelan.

3. Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama?
Jawaban:
Bunyi lebih keras karena bunyi dipantulkan oleh piring.

Benda lain untuk dicoba: Cobalah sepotong kayu, logam, atau kapas, dan letakkan pada posisi yang sama seperti piring kaca dan gabus. Dengarkan bunyi yang terjadi!

Apa saja yang dapat kamu simpulkan dari percobaan tentang bunyi tadi? Diskusikan dengan kelompokmu!

Tulislah laporan kegiatan percobaan tentang sifat bunyi yang baru saja kamu lakukan.

Jawaban:

Nama percobaan: Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Tujuan percobaan: Membuktikan bahwa bunyi dapat dipantulkan dan diserap

Alat-alat yang dibutuhkan:
Piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.

Langkah kerja:
1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.
2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.
3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar bunyi detak arloji.
4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
5. Minta tolong pada temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain, seperti pada gambar.

Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
Gelombang bunyi memantul pada piring dan merambat melalui tabung kedua di telingamu

Coba ganti piring kaca dengan gabus yang empuk. Adakah perbedaannya dengan yang sebelumnya?
Ketika piring kaca diganti menjadi gabus, Gabus yang empuk menyerap gelombang bunyi, sehingga kita tidak dapat mendengar bunyi arloji.

Baca Juga: Kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Halaman 35, 36, 39, 40, 41, 42, 43, 44, dan 45 Pembelajaran 3

Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama? Gelombang bunyi merambat dari arloji menuju tabung pertama.

Hasil percobaan :
Percobaan 1:
Bunyi yang dipantulkan pada benda yang keras (piring) akan memantul
Percobaan 2:
Bunyi yang dipantulkan pada benda yang lunak (gabus), bunyi tidak dapat memantul atau bunyi terserap

Kesimpulan:
Bunyi akan dipantulkan apabila mengenai benda keras dan diserap apabila mengenai benda yang empuk.

Kunci Jawaban Halaman 138
Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Hari ini saya mempelajari tentang mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung, sikap menghargai makanan tradisional, mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap.

• Kesulitan apa yang kamu hadapi pada pembelajaran hari ini?
Kesulitan yang saya hadapi pada kegiatan pembelajaran kali ini adalah menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pedidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan***

 

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tematik

Tags

Terkini

Terpopuler