Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

18 Oktober 2021, 18:33 WIB
Kunci jawaban Buku Tematik Tema 3 kelas 6 SD MI halaman 45 dan 46. /pixabay.com/@gvozdenivan

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, dan 12.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 1 memiliki judul Indahnya Kebersamaan.

Subtema 1 Buku Tematik berjudul Keberagaman Budaya Bangsaku.

artikel ini berisi kunci jawaban Subtema 1 Pembelajaran 1 di halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, dan 12.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD atau MI Tema 1 Halaman 84 dan 85 Subtema 2

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Kunci jawaban pada artikel ini ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 1 Kelas 4 SD Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku

Kunci Jawaban Halaman 3

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?

Jawaban:

Kemeriahan Pawai Budaya yang sangat menarik bagi warga di Kampung Babakan.
 
Kunci Jawaban Halaman 4

Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Jawaban:

Paragraf 3

Gagasan Pokok: Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda.

Gagasan Pendukung:

- Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.

- Alat musik Ceng-Ceng berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam.

-alat musik Ceng-Ceng mempunyai bunyi yang nyaring ketika dipadukan.

Kunci Jawaban Halaman 5

Paragraf 4

Gagasan pokok: budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari

Gagasan pendukung:

- Wanita Toraja memakai pakian adat yang disebut Pokko.

- Rombongan laki-laki menggunaka pakaian adat yang disebut seppa tallung buku.

- Alat musik khas Toraja bernama Pa'pompong

- Alat musik Pa'pompong berupa suling bambu yang bentuknya seperti angklung.

- Semakin unik bentuk alat musiknya, unik pula bunyinya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD atau MI Halaman 142 sampai 143 Subtema 3

Kunci Jawaban Halaman 6

Paragraf 5

Gagasan pokok: Budaya Indonesia sangat beragam

Gagasan pendukung:

- Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun

- Pakain adat dari berbagaisuku di Indonesia selalu menyenankan untuk diamati.

- Benar kata ibu Udin, Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam.

Kunci Jawaban Halaman 7

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukug dari paragaf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. sampakan hasilnya pada gurumu.

Jawaban:

- Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.

- Alat musik Ceng-Ceng berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam.

-alat musik Ceng-Ceng mempunyai bunyi yang nyaring ketika dipadukan.

- Wanita Toraja memakai pakian adat yang disebut Pokko.

- Rombongan laki-laki menggunaka pakaian adat yang disebut seppa tallung buku.

- Alat musik khas Toraja bernama Pa'pompong

- Alat musik Pa'pompong berupa suling bambu yang bentuknya seperti angklung.

- Semakin unik bentuk alat musiknya, unik pula bunyinya.

- Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun

- Pakain adat dari berbagaisuku di Indonesia selalu menyenankan untuk diamati.

- Benar kata ibu Udin, Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam.

Kunci Jawaban Halaman 8

Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

Jawaban:

1. Nama: Siti

Daerah Asal: Padang

Ciri khas daerah: Rendang, Rumah Gadang

2. Nama: Udin

Daerah asal: Yogyakarta

Ciri khas daerah: Gudeg

3. Nama: Asep

Daerah asal: Bandung

Ciri khas daerah: Peuyeum, Kabayan

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 31 untuk SD atau MI Materi Subtema 1 Indahnya Kebersamaan

4. Nama: Budi

Daerah asal: Sumatera Utara

Ciri khas daerah: Suku Batak, Danau Toba

5. Nama; Diyah

Daerah asal: Bali

Ciri khas daerah: Ayam Betutu, Tari Kecak, Upacara Ngaben.

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!

Jawaban:

Tidak, kami berasal dari daerah yang berbeda.

2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!

Jawaban:

Tidak, setiap daerah memiliki ciri yang berbeda,

3.Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?

Jawaban:

Menghormati dan menghargai.

Kunci Jawaban Halaman 9

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

Jawaban:

1. Bermain bersama dengan teman yang berlainan agama.

2. Tidak menghalangi teman yang ingin beribadah sesuai agama masing-masing.

3. Tidak merendahkan agama lain.

4. Saling tolong menolong meskipun dalam perbedaan.

5. Hidup rukun dan damai.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 17,18, 19, 20 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 2 untuk SD dan MI

Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu ketahui.

Jawaban:

1. Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa.

2. Merendahkan agama lain.

3. Tidak menghargai budaya teman yang lain.

4. Tidak mengajak bermain teman dari suku lain.

5. Mengejek teman baru dari daerah lain.

Kunci Jawaban Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional yang kamu ketahui. jelaskan asal alat musi itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!

1. Alat Musik: Suling

Daerah Asal: Jawa Barat

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: alat tersebut dimaikan dengan cara ditiup, sehingga meninmbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghaslkan bunyi.

2.Alat Musik: Angklung

Daerah Asal: Jawa Barat

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi:

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 56-57 dan 60-61

Dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

3.Alat Musik: Kecapi

Daerah Asal: Jawa Barat

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi:

Dipetik dengan leher (baik ditekan atau tidak) dan punggung dalam yang melingkupi rongga berlubang, biasanya dengan lubang suara atau lubang di badan.

4. Alat Musik: Tifa

Daerah Asal: Maluku dan Papua

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi:

Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah.

5.Alat Musik: Kendang

Daerah Asal: Jawa Barat dan Jawa Timur

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: Alat ini dibunyikan dengan pukulan tangan, tanpa alat pemukul.

Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi.

Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

Kunci Jawaban Halaman 12

1. Benda: Peluit

Cara Menghasilkan Bunyi: Peluit di tiup sehingga ada getaran dalam peluit yang menghasilkan bunyi,

2. Benda: Gitar

Cara Menghasilkan Bunyi: senar Gitar di petik sehingga suara akan keluar melalui tabung suara atau tabung resonansi gitar.

3. Benda: Biola

Cara Menghasilkan Bunyi: dengan cara menggesek busur pada senar biola. Gesekan yang terjadi antara senar atau dawai biola dengan busur yang digunakan akan menghasilkan getaran dan bunyi.

4. Benda: Drum

Cara menghasilkan bunyi: dipukul menggunakan stik. Membran atau lapisan kulit drum akan bergetar sehingga menghasilkan bunyi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 56-57 dan 60-61

5. Benda: Piano

Cara menghasilkan bunyi: dimainkan dengan cara ditekan pada tuts-tutnya. Dalam kotak piano terdapat dawai-dawai yang bergetar jika dipukul.

Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam mengajar anak-anak dirumah. Portal Kudus tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan yang bersifat terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tematik Kelas 4 Kemendikbud

Tags

Terkini

Terpopuler