Ada 3 RS Milik Pemerintah Daerah Yang Didorong Untuk Menjadi RS Khusus COVID-19

- 21 November 2020, 19:23 WIB
tim kemenkes /kemenkes

Portal Kudus - Rangkaian kunjungan Tim Task Force Kementerian Kesehatan ke Jawa Tengah selama tiga hari terhitung sejak tanggal 18 sampai 20 November 2020, dengan mengunjungi Kabupaten Jepara, Pati dan Rembang.

 

Rombongan meninjau sejumlah RS untuk memastikan kesiapsiagaan dalam penanganan COVID-19.

Dalam kunjungannya Tim Task Force wilayah Jawa Tengah yang dipimpin oleh Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan Jajang Edi Priyatno dalam kunjungannya ke sejumlah daerah di Jateng. Dilansir portalkudus dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI.

 Baca Juga: Adalagi Batik Jepara, Selain Tenun Troso Yang Harus Dipakai Sebagai Seragam ASN

Tim Task Force mendorong agar sosialisasi protokol kesehatan dilaksanakan dengan menggandeng berbagai pihak termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat kepolisian, TNI serta masyarakat itu sendiri.

Pasalnya, persoalan COVID-19 bukan hanya sektor kesehatan ataupun tanggung jawab pemerintah semata, melainkan masalah bersama.

Kemudian, dari segi hospital. Jajang menuturkan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya melakukan upaya-upaya penataan ruang isolasi dan ICU untuk meningkatkan kapasitas ruang perawatan termasuk meminta setiap daerah di Jawa Tengah agar memiliki contingency plan guna mengantisipasi serta menghadapi eskalasi pasien COVID-19.

 Baca Juga: Jurang Nganten, Obyek Wisata Pegunungan Hadir di Kabupaten Jepara

Bagi pasien dengan gejala ringan dan tanpa gejala namun tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, maka pemda harus menyediakan pusat karantina terpadu dengan memanfaatkan bangunan dengan kapasitas banyak agar mampu menampung pasien yang ada.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: Kemenkes RI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X