15.110 Peserta Memecahkan Rekor Guinness World Records Melalui Pergelaran Angklung di SUGBK, Jakarta

- 7 Agustus 2023, 18:37 WIB
Indonesia Berhasil Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung Terbesar yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu 5 Agustus 2023.
Indonesia Berhasil Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung Terbesar yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu 5 Agustus 2023. /Tangkapan layar /Instagram @Jokowi

Portal Kudus – Guinness World Records (GWR) mencatat nama Indonesia karena telah memecahkan rekor dunia melalui pergelaran angklung terbesar (15.110 peserta) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Pemecahan rekor kali ini membuat Indonesia telah mematahkan rekornya sendiri pada 9 Juli 2011 yang diciptakan di Monumen Washington DC, Amerika Serikat yang kala itu diikuti oleh 5.182 peserta.

Pergelaran yang dipimpin oleh Saung Angklung Udjo ini membawakan lagu ciptaan Ibu Sud, yakni “Berkibarlah Benderaku” dan “Wind of Change” yang dipopulerkan oleh Scorpions, grup band asal Jerman.

Baca Juga: 10 PANTUN 17 Agustus Terbaru Seru dan Lucu Anak SD Tema Perjuangan Kemerdekaan Sambut Perayaan HUT RI KE 78

Para peserta yang mengenakan kemeja putih, celana hitam dan mengenakan syal merah putih dan ikat kepala ini diambil dari beberapa kalangan, mulai dari pengurus OASE KIM, sekolah kedinasan dan murid SMA, para anggota Ibu Dharma Wanita Persatuan dan Tim Penggerak PKK, hingga perwakilan kementerian/lembaga, seperti Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, Sekretariat Kabinet, Kemensetneg, dan Kepolisian.

Acara ini digelar sebagai peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini diprakarsai oleh organisasi pemerintah non-profit yang berdiri atas inisiatif Ibu Negara Iriana Jokowi dan sebagai Wakil Presiden Ibu Hj. Wury Estu Ma’aruf Amin sebagai Pendamping. Organisasi tersebut bernama OASE KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju).

Penilai resmi GWR, Sonia Ushirogochi, memberikan apresiasinya kepada Indonesia karena selain hasil kerja tim yang luar biasa, tapi juga mampu menyuguhkan sebuah pergelaran yang harmonis dari instrumen angklung dengan indah.

Baca Juga: LINK Twibbon 17 Agustus 2023 Terbaru Desain Unik Kekinian Cocok Ramaikan HUT Kemerdekan dengan Foto Terbaikmu

Sebagai informasi, proses penilaian GWR tersebut berlangsung selama satu jam. Sambil menunggu proses penilaian selesai, para peserta dihibur oleh Kahitna, pemenang Indonesian Idol 2023 Salma, dan Saung Angklung Udjo.

Halaman:

Editor: Ahmad Khakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x