Super App BTN Mobile: Hadir Kejutan Istimewa di Usia 73 Tahun Wujudkan The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara

- 7 Februari 2023, 21:15 WIB
Super App BTN Mobile: Hadir Kejutan Istimewa di Usia 73 Tahun Wujudkan The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara
Super App BTN Mobile: Hadir Kejutan Istimewa di Usia 73 Tahun Wujudkan The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara /

Portal Kudus - Industri perbankan adalah industri jasa yang kompetitif. Banyak pelaku terjun di dalamnya sehingga menimbulkan persaingan ketat antar bank. Berbagai perusahaan berlomba mencari strategi untuk menarik nasabah mulai dari memberikan pelayanan yang baik, komunikasi yang mendukung, dan membangun kepuasan di masyarakat.

Kualitas pelayanan yang baik diupayakan dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam mengimbangi harapan konsumen. Jika kualitas layanan baik dan timbul kepuasan antara keduanya, maka terciptalah loyalitas konsumen.

Baca Juga: APA Arti Please Try Again Later di Shopee Hari Ini 2023, Kenapa Shopee Tidak Bisa Login dan Cara Mengatasinya

Perusahaan perlu adanya inovasi untuk bisa tetap bersaing dalam menjangkau konsumen. Pembentukan loyalitas tak terkecuali dengan inovasi layanan digital dalam industri perbankan. Inovasi layanan berbasis digital hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen agar semakin digital. Terutama bagi industri perbankan, digitalisasi menjadi hal yang wajib seiring dengan tingkat kesibukan dan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi. Nasabah perbankan di era modern ini mendambakan adanya fleksibilitas, kecepatan, kemudahan, dan tersedianya layanan 24 jam.

Bentuk inovasi digital dalam industri perbankan seiring dengan berkembangnya teknologi salah satunya adalah Mobile Banking. Sebelum lanjut lebih dalam, mari kita simak penjelasan mengenai apa itu Mobile Banking?

Apa Itu Mobile Banking?

Pasti dari kalian para milenial sering mendengar istilah Mobile Banking? Bahkan, mungkin dari kalian ada yang sudah menggunakan kecanggihan Mobile Banking untuk melakukan transaksi seperti membuka rekening bank, isi saldo, layanan transfer yang lengkap, dan berbagai kemudahan transaksi lainnya. Di kalangan masyarakat perkotaan, Mobile Banking bukanlah hal yang baru bagi mereka. Banyak yang menggunakan untuk kemudahan transaksi maupun berbelanja secara online dan offline.

Ya! Mobile Banking atau M-Banking adalah inovasi layanan digital yang bisa digunakan dalam kegiatan perbankan karena efisien baik segi waktu dan biaya. Fungsi Mobile Banking yaitu sebagai media untuk meningkatkan layanan bagi nasabahnya demi mencapai loyalitas konsumen tersebut. Kemudahan yang didapatkan dari Mobile Banking yaitu melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun dengan mudah tanpa perlu memakan biaya yang besar.

Adanya teknologi digital membawa pada kualitas yang lebih baik. Digitalisasi penting untuk menyusun Revolusi Industri 4.0 dan meningkatkan daya saing kancah global. Terlebih khusus dalam industri perbankan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menandai pentingnya digitalisasi sektor perbankan. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, atau BTN seharusnya melanjutkan transformasi dengan menguatkan fundamental perusahaan agar ekspansif, memperbaiki proses bisnis dan mengembangkan digitalisasi.

Lalu, Seberapa Pentingnya Digitalisasi?

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mempunyai peran strategis sebagai enabler yang memberi pembiayaan sisi supply melalui kredit konstruksi kepada developer maupun sisi demand dengan memberi KPR kepada masyarakat.

Digitalisasi bukan sekedar menjawab tuntutan zaman, tetapi tuntutan dari pembeli rumah di masa depan dan tergolong dalam generasi yang melek teknologi.

Generasi milenial kian mendominasi populasi masyarakat Indonesia sebagai captive market pengembangan properti di Indonesia. Faktanya, ada sebanyak 81 juta generasi milenial dalam rentang usia 26-36 tahun di Indonesia belum memiliki hunian. Berangkat dari hal tersebut, pembangunan bisnis perumahan masih terbilang menjanjikan meskipun di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Selain digitalisasi hadir untuk menjawab tuntutan zaman, digitalisasi juga hadir untuk mendongkrak kinerja. BTN hadir dengan berbagai layanan digital seperti Mobile Banking BTN, btnproperti, btnproperti for developer, SMART Residence, hingga rumahmurahbtn.co.id.

Nixon LP Napitulu selaku Wakil Utama Bank BTN, berharap kehadiran BTN Mobile dapat memudahkan para nasabah untuk mengakses layanan perbankan BTN hanya melalui smartphone. Keberadaan BTN Mobile juga melengkapi fundamental BTN sebagai One Stop Shop Housing Ecosystem.

Baca Juga: Loan Service Tugasnya Apa, Berikut Tugas Loan Service Bank BTN serta Consumer Loan Service

Digitalisasi Bank BTN Untuk Generasi Milenial Miliki Rumah

Berbicara tentang kebutuhan hidup manusia yang harus terpenuhi terdapat tiga kata, yaitu sandang, pangan, dan papan. Salah satu kebutuhan yang saat ini dirasa makin sulit untuk terpenuhi adalah kemampuan untuk memiliki rumah. Harga rumah yang kian mahal setiap tahunnya, membuat makin tertunda untuk membeli rumah karena penghasilan yang belum mencukupi. Ditambah adanya isu resesi global, membuat generasi milenial khawatir apakah pendapatan mereka mencukupi untuk membeli hunian? Padahal pendapatan yang ada hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Muncul berbagai riset bahwa generasi milenial makin sulit untuk memiliki kemampuan membeli rumah. Seperti yang kita ketahui, generasi milenial berorientasi mengeluarkan uang mereka untuk kebutuhan konsumsi sebanyak 50%. Meskipun sudah mulai menabung, tetapi banyak milenial yang belum menginvestasikan dana untuk membeli rumah di masa depan.

Hmmm bagaimana nih para generasi milenial? Apakah benar demikian?

Berdasar data pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terdapat 81 juta generasi milenial belum mempunyai hunian. Berarti ada sekitar 31 persen dari jumlah populasi penduduk di Indonesia. Generasi milenial sendiri merupakan pasar properti yang besar.

Namun, fakta ini berbalik dari data yang berhasil didapatkan dari Indonesia Property Watch (IPW), bahwa minat milenial dalam memiliki hunian meningkat hingga 10 persen dalam tahun 2014 hingga 2018 dengan rentang usia 26-36 tahun.

Menyadari hal tersebut, salah satu bank BUMN yaitu PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) melihat generasi milenial sebagai potensi pangsa yang besar untuk mendapatkan pembiayaan kepemilikan rumah.

Tren Mobile Banking Pada Generasi Milenial

Berbicara mengenai generasi milenial pasti tidak jauh dari kata praktis dan tidak mau ribet terutama masalah keuangan dan rencana masa depan. Tren Mobile Banking menjawab semua keinginan para generasi milenial. Ada pergeseran tren transaksi yang terjadi di masyarakat. Beberapa tahun terakhir, jumlah transaksi perbankan secara offline melalui loket teller mulai menurun dengan adanya Mobile Banking yang dengan mudah dapat diakses rekening melalui smartphone.

Baca Juga: Bank Tabungan Negara BTN Cabang Kudus Buka Lowongan Pekerjaan Administrasi Kredit

Nikmati Kemudahan Dengan SuperApp BTN Mobile

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN sebagai bank pelat merah tidak mau ketinggalan untuk terus melakukan digitalisasi. Bank spesialis perumahan optimis memenangkan persaingan di antara ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan di Indonesia. Aplikasi ini nantinya akan menawarkan banyak keunggulan bagi nasabah dalam proses KPR hingga kebutuhan pembiayaan untuk renovasi rumah. Aplikasi yang akan diluncurkan tahun ini sedang dalam tahap uji coba secara internal.

BTN sebagai salah satu bank milik pemerintah yang fokus bergerak di bidang properti pada sepanjang 2021 berhasil menyalurkan kredit senilai Rp274,83 triliun dengan 77,8 persen mengalir sektor properti. Bila dirinci terdapat 47,5 persen atau sekitar Rp130,68 triliun merupakan KPR rumah subsidi dan sebanyak 30,3 persen atau Rp83,25 triliun merupakan KPR non-subsidi.

Salah satu langkah untuk memenangkan persaingan ini PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, BTN meluncurkan SuperApp New BTN Mobile dengan menggabungkan seluruh channel layanan digital BTN.

SuperApp BTN Mobile memastikan setiap nasabah akan mendapatkan layanan perbankan digital yang efisien dan terjamin sebagai Digital Mortgage Ecosystem BTN. Peluncuran Super App pada awal tahun ini juga dalam rangka menyambut HUT BTN ke-73 tahun. BTN optimis akan menjelma sebagai bank yang terbaik pada segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.

SuperApp BTN hadir untuk menjadi fundamental Bank BTN menjadi One Stop Housing Ecosystem. Hadirnya SuperApp BTN merupakan bagian dari transformasi digital supaya menekan cost of fund dan memberi akses mudah layanan bagi masyarakat.

Fitur yang ditawarkan bukan hanya fitur dasar seperti kebanyakan mobile banking lainnya. Tetapi, SuperApp BTN  memiliki fitur financial khusus terkait life circle ecosystem BTN di sektor perumahan. Tidak hanya melayani bagaimana memiliki hunian, tetapi kebutuhan dalam rumah seperti membayar listrik, air, gas, pajak PBB. Konsepnya dihadirkan untuk menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahan nasabah bank BTN. Sehingga nasabah tidak hanya mudah untuk mencari properti dan mengajukan pinjaman, tetapi juga memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk perawatan dan kebersihan rumah. Dalam SuperApp ada empat aspek yang harus dipenuhi dari layanan digital, yaitu living, renting, buying, dan selling.

Melalui layanan profesional listing, nasabah dapat mengakses layanan perbaikan, perawatan, serta renovasi rumah dari berbagai penawaran jasa yang ada.

Home Service dalam ekosistem digital bank BTN, nasabah dapat melakukan pemesanan bagi yang membutuhkan jasa kebersihan. Fitur ini cukup lengkap karena menawarkan layanan perbaikan elektronik rumah tangga hingga layanan kesehatan dan kecantikan. Home service yang ditawarkan yaitu daily cleaning, sofa cleaning, hingga jasa sedot tungau.

Cakupan ekosistem digital Bank BTN terus bertumbuh mengingat BTN melakukan kerja sama dengan berbagai mitra membuat ekosistem ini makin lengkap dan luas. Diharapkan dapat terus bekerja sama dan berkembang secara maksimal. Apabila mitra sadar dengan lengkap dan luasnya ekosistem yang dimiliki BTN maka turut menopang kelangsungan bisnis mitra itu sendiri. ***

Editor: Kartika Kudus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x