Mengenal istilah LoA Unconditional dalam Pendaftaran Beasiswa LPDP 2003

- 28 Januari 2023, 16:59 WIB
Mengenal istilah LoA Unconditional dalam Pendaftaran Beasiswa LPDP 2003
Mengenal istilah LoA Unconditional dalam Pendaftaran Beasiswa LPDP 2003 /YouTube/ LPDP Kementerian Keuangan RI/
 
PortalKudus - Artikel ini menjelaskan istilah LoA Unconditional dalam Pendaftaran Beasiswa LPDP 2003. 
Salah satu dari sekian banyak persyaratan untuk mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 adalah LoA Unconditional. 
 
Banyak dari kita yang masih awam dengan istilah tersebut, Lantas apa yang dimaksud dengan LoA Unconditional? 
 
 
Mengutip informasi dari laman resmi LPDP Kemenkeu, LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan.
 
Adapun LoA Unconditional yang diunggah, harus memenuhi ketentuan berikut:
 
1. Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan pilihan pada aplikasi pendaftaran.
 
 
2. Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan.
 
3. Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (Penundaan) dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA, yang diunggah bersamaan dengan LoA.
 
4. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.
 
 
Artinya, jika sudah memiliki dokumen ini berarti calon mahasiswa telah diterima di universitas tujuan dengan semua kelengkapan persyaratannya.
 
Hanya tinggal melakukan registrasi ulang dan pembayaran saja. Serta mengikuti orientasi mahasiswa baru di Universitas yang bersangkutan.
 
LoA unconditional adalah surat yang diberikan oleh perguruan tinggi yang menjelaskan bahwa Kita telah diterima sebagai calon mahasiswa di perguruan tinggi tersebut tanpa ada syarat lain. 
 
 
Dalam LoA sendiri tercantum beberapa informasi seperti: Jurusan kuliah, Periode studi, Waktu mulai perkuliahan, Keterangan lanjutan seperti informasi pendaftaran ulang serta informasi pembayaran. 
 
Untuk mendapatkan LoA tentunya Anda harus mencari tahu dulu persyaratan apa saja yang diperlukan serta bagaimana prosedurnya.
 
Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan LoA, yakni: 
 
 
1. Kita bisa menentukan dan mencari terlebih dahulu universitas mana tentunya yang menjadi incaran,
 
 2. Kita bisa masuk ke halaman website resmi dari universitas untuk mengetahui persyaratan dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftar, Periode pendaftaran, Cara mendaftar dan tahapan seleksi beserta tanggal-tanggal penting,
 
3. Pada umumnya berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah KTP/paspor, ijazah, transkrip nilai, CV, motivation letter, surat rekomendasi, dan sertifikat kemampuan bahasa seperti IELTS/TOEFL. 
 
 
Manfaatkan Jangka waktu yang diberikan untuk melengkapi berkas-berkas tersebut karena batas waktu yang diberikan cukup lama.
 
4. Setelah semua persyaratan lengkap, lakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh universitas tujuan kita. 
 
Setiap Universitas memiliki peraturan yang berbeda. Ada universitas yang telah menerapkan sistem pendaftaran online, tetapi beberapa universitas ada yang meminta agar berkas-berkas tertentu dikirimkan secara offline ke kampus mereka. 
 
 
Oleh karena itu, kita perlu mengirimkan berkas tersebut melalui ekspedisi ke luar negeri. Pastikan berkas tersebut aman dan sampai tepat waktu.
 
Selanjutnya tinggal menunggu hasil mengenai tahap seleksi berikutnya. Ikuti setiap tahapan seleksi dengan maksimal bisa lolos dan mendapatkan LoA.
 
Jika di nyatakan lulus Anda bisa mendapatkan LoA via email atau mendapatkan surat fisik yang dikirimkan ke alamat Anda. Maka dari itu pastikan untuk mengisi alamat Anda dengan lengkap dan benar.***

Editor: Sugiharto

Sumber: lpdp.kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x