Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V, dan Mengganti Nama dari PUEBI menjadi EYD

- 19 Agustus 2022, 18:07 WIB
Ilustrasi Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V, dan Mengganti Nama dari PUEBI menjadi EYD
Ilustrasi Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V, dan Mengganti Nama dari PUEBI menjadi EYD /Pixabay

Portal Kudus – Badan Bahasa luncurkan EYD Edisi V, dalam peluncuran ini sekaligus mengganti nama dari istilah PUEBI menjadi EYD

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) Edisi V

Dalam acara yang berlangsung di Aula Sasadu, Kantor Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta menjadi komitmen Badan Bahasa dalam meningkatkan kualitas layanan kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

Dengan adanya peluncuran Ejaan Bahasa Indonesia Edisi V sebagai tanda bahwa perkembangan bahasa Indonesia semakin pesat.

Baca Juga: Anime 'Welcome to Demon School, Iruma-kun' Season 3 Debut pada 8 Oktober

Hal itu merupakan salah satu akibat dari terpajannya pengguna bahasa pada konsep-konsep keilmuan dan kebudayaan dalam tatanan masyarakat yang baru serta konsekuensi logis dari cairnya batas-batas wilayah akibat perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi, yang memengaruhi komunikasi verbal yang terjadi antarpengguna bahasa.

Kepala Badan Bahasa E. Aminudin Aziz meyampaikan terima kasih kepada masyrakat pengguna bahasa Indonesia atas dukungan dan perhatian atas perkembangan bahasa Indonesia yang begitu pesat.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian masyarakat pengguna bahasa Indonesia sehingga perkembangan bahasa Indonesia pesat melebihi bahasa induknya sendiri, yakni bahasa Melayu. Peluncuran EYD Edisi V tentu berpengaruh pada KBBI yang kami mutakhirkan dua kali dalam setahun, yakni akhir April dan akhir Oktober. Sejak saat ini, penyesuaian pada KBBI akan berjalan hingga akhir Oktober sehingga semua penyempurnaan EYD sepenuhnya diakomodasi dalam sistem,” ujar Aziz.

Baca Juga: KUMPULAN Contoh Soal Persamaan Trigonometri Bentuk Kuadrat dan Pembahasannya Kelas 11 SMA Terbaru 2022

Halaman:

Editor: Ahmad Khakim


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x