Cara Cek Apakah Pinjol Berstatus Terdaftar dan Mendapatkan Lisensi Untuk Beroperasi Penuh Oleh OJK

- 11 Juni 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi: Cara Cek Apakah Pinjol Berstatus Terdaftar dan Mendapatkan Lisensi Untuk Beroperasi Penuh Oleh OJK/ Pixabay/Foundry Co
Ilustrasi: Cara Cek Apakah Pinjol Berstatus Terdaftar dan Mendapatkan Lisensi Untuk Beroperasi Penuh Oleh OJK/ Pixabay/Foundry Co /

Portal Kudus - Pinjaman Online atau akrab disebut dengan Pinjol, kerap menjadi solusi bagi masyarakat yang susah melakukan pinjaman secara konvensional di perbankan.

Maraknya masyarakat menengah kebawah yang menggunakan jasa pinjol ini, terkadang tidak memahami mana penyelenggara pinjol yang berstatus terdaftar dan mendapatkan lisensi untuk beroperasi penuh oleh OJK. 

Jasa pinjol dengan basis peer-to-peer (P2P) lending secara elektronik, diatur lewat Peraturan OJK nonor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).

Baca Juga: Daftar PPDB SMA Negeri Gunakan Jalur Zonasi? Simak Beda Zonasi Reguler dan Zona Khusus Berikut

Jasa pinjol selain harus memiliki sistem kelembagaan dan modal kuat, pelaku usaha pinjol harus menjadikan aspek perlindungan nasabah sebagai bagian dari sistem operasional. Sehingga hak dan kewajiban nasabah pinjol terlindungi, seperti melansir indonesia.go.id

Menurut data yang telah dipublikasikan kominfo.go.id, terdapat dalam basis data Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), hingga 27 Juli 2021 tercatat ada 121 penyelenggara pinjol berstatus terdaftar dan mendapatkan lisensi untuk beroperasi penuh oleh OJK.

Ke-121 pinjol itu bisa dilihat di laman situs www.ojk.go.id atau www.cekfintech.id

Baca Juga: Titik Kumpul! Tempat Nobar Timnas di Serang dan Garut Jawa Barat, Indonesia vs Filipina Selasa 11 Juni 2024

Diketahui saking kepepetnya masyarakat yang melakukan pinjaman online ini, hingga tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan transaksi dari pelaku usaha peminjaman dana online yang beroperasi tanpa izin resmi OJK. Nah dari sini permasalahan itu akan muncul.

Halaman:

Editor: Sugiharto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah