Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa pada Anak

- 4 Februari 2023, 15:31 WIB
Ilustrasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa pada Anak
Ilustrasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa pada Anak /Pixabay/
 
Portal Kudus - Artikel ini membahas tentang Faktor-Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak.
 
Simak penjelasan tentang Faktor-Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak.
 
Berikut ini adalah Faktor-Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak.

 

 
Perkembangan  bahasa pada anak merupakan salah satu aspek dari beberapa tahapan perkembangan anak yang seharusnya menjadi perhatian orang tua di rumah dan guru di sekolah. 
 
Perkembangan bahasa anak yang dimaksud yakni meningkatnya kemampuan penguasaan alat berkomunikasi, baik alat komunikasi dengan cara lisan maupun tertulis.
 
Terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak, meliputi:
 
1. Kesehatan
 
Anak yang sehat memiliki keinginan yang lebih kuat untuk menjadi bagian dari kelompok sosial dan berkomunikasi dengan orang lain, sehingga mereka belajar lebih cepat daripada anak yang tidak mampu berbicara. 
 
Jika seorang anak mengalami rasa sakit terus-menerus selama dua tahun pertama hidupnya, anak tersebut mungkin percaya bahwa dia mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahasanya.
 
2. Intelegensi
 
Anak dengan tingkat intelegensi tinggi belajar lebih cepat, berbicara lebih lancar, dan menunjukkan penguasaan bahasa dibandingkan dengan anak dengan tingkat intelegensi rendah.
 
3. Sosial Ekonomi Keluarga
 
Menurut sejumlah penelitian tentang hubungan antara status sosial keluarga dan perkembangan bahasa, anak-anak dari keluarga miskin mengembangkan bahasa lebih sedikit daripada anak-anak dari keluarga kaya. 
 
Perbedaan perkembangan bahasa atau kesempatan belajar anak kedua (keluarga miskin dianggap kurang memperhatikan), atau keduanya, bisa menjadi penyebab kondisi ini.
 
4. Hubungan keluarga
 
Perkembangan bahasa anak akan terfasilitasi oleh hubungan yang sehat antara orang tua dan anak, sedangkan perkembangan bahasa anak akan terhambat atau tertunda oleh hubungan yang tidak sehat.
 
5. Ukuran keluarga
 
Jika dibandingkan dengan anak dari keluarga besar, anak tunggal atau anak dari keluarga kecil cenderung lebih serba salah dan kurang beruntung. Karena orang harus menunggu lama untuk mendapatkan anak-anak, mereka disebut "bicara".
 
6. Hubungan dengan Teman Sebaya
 
Semakin banyak koneksi yang dimiliki anak-anak dengan teman-temannya, semakin mereka ingin diakui sebagai anggota kelompok teman mereka, dan semakin membumi motivasi mereka untuk belajar berbicara.
 
7. Kepribadian
 
Anak yang dapat beradaptasi dengan baik cenderung memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
 
Demikian informasi tentang Faktor-Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak.***

Editor: Sugiharto

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x