6 Alasan Mengapa Mendengarkan Musik dapat Memperbaiki Mood yang Buruk

- 12 September 2022, 01:49 WIB
Ilustrasi orang mendengarkan musik.
Ilustrasi orang mendengarkan musik. /Pexels/Tirachard Kumtanom/

Portal Kudus - Musik memiliki pengaruh yang kuat terhadap perubahan suasana hati atau mood manusia. Menurut penelitian, mendengarkan musik dapat memberikan efek tenang dan relaksasi sehingga baik untuk memperbaiki mood yang buruk.

Mendengarkan musik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan ikatan sosial.

Musik dapat menjadi jembatan penghubung antara kita dengan orang lain, seperti antara penggemar dengan idolanya. Ketika seseorang sedang merasa tidak baik – baik saja, musik dapat memberikan efek tenang dan dukungan melalui liriknya. Ini akan membuat suasana hati pendengarnya akan merasa lebih baik.

Oleh karena itu, mendengarkan musik yang menyenangkan sangat dianjurkan bagi seseorang yang sedang tidak baik – baik saja. Berikut ini 6 alasan mengapa mendengarkan musik dapat memperbaiki mood yang buruk:

Baca Juga: Hal-hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Pelihara Landak, Simak Disini

1. Mendengarkan musik dapat memberikan efek yang menyenangkan

Dalam otak kita terdapat sistem yang menjadi tempat untuk merasakan dan memproses emosi yang kemudian mendorong kita untuk memulai atau menghentikan suatu tindakan. Mendengarkan musik yang menyenangkan akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan suasana hati pendengarnya sehingga menjadi lebih baik.

2. Dapat membersihkan emosi negatif

Musik dapat membantu kita untuk menyalurkan perasaan yang sedang dialami dan merupakan tempat yang aman untuk meluapkan seluruh emosi yang sedang dirasakan.

Halaman:

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Psychology Today


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x