9 Tanda Peringatan Pada Saat Terkena Penyakit Jantung, Salah Satunya Adalah Perubahan Warna Kulit

- 2 Januari 2022, 14:17 WIB
Terkena Penyakit Jantung?
Terkena Penyakit Jantung? /Ilustrasi Pixabay/
Portal Kudus - Berikut ini merupakan penjelasan dr. Ema Surya Pertiwi tentang 9 tanda peringatan pada saat terkena penyakit jantung.
 
Penyakit jantung adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Namun, penyakit ini memiliki tanda-tanda peringatan. 
 
Sebagaimana yang dikutip Portalkudus.com dari tayangan video YouTube Emasuperr yang diunggah pada 29 Desember 2021, tentang 9 tanda peringatan pada saat terkena penyakit jantung.
 
1. Edema atau pembengkakan 
 
Terutama di area tungkai kaki bawah jantung berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh ketika jantung tidak mampu memompa darah secara adekuat. Maka akan terjadi penumpukan cairan di area tungkai bawah.
 
2. Sianosis atau perubahan warna kulit
 
Kulit biru keunguan sianosis sebenarnya  wajar terjadi ketika kita mengalami kedinginan namun jika sianosis tersebut bertahan tidak kunjung hilang maka ditakutkan ada masalah penyumbatan aliran oksigen ke seluruh tubuh sehingga menimbulkan masalah kesehatan pada jantung.
 
 
3. Livedo reticularis atau munculnya jaringan-jaringan berwarna kemerahan di area kulit
 
Pada orang usia tua wajar ketika  kedinginan muncul jaring-jaring berwarna merah kebiruan di area kulitnya. Namun, jika saat kondisi hangat dan jaring-jaring berwarna merah kebiruan itu tidak kunjung hilang maka ditakutkan adanya penyumbatan arteri. Maka, jika muncul jari-jari tersebut dan tidak kunjung hilang ditakutkan adanya sindrom embolisasi kolesterol yang membuat arteri pada area kulit tersumbat, jika tidak kunjung hilang segera konsultasikan ke dokter.
 
4. Xanthelasma atau penumpukan di area sudut mata
 
Kalian terkadang bisa muncul di area kulit juga jadi xanthelasma ini sebenernya adalah tanda bahwa teman-teman memiliki kadar kolesterol yang terlampau tinggi ditakutkan jika  kolesterol terlalu tinggi bisa menyumbat pembuluh darah bahkan sampai menyebabkan gangguan pada jantung.
 
5. Clubbing finger atau kuku melengkung 
 
Biasanya clubbing finger menjadi  pertanda adanya masalah infeksi pada jantung maupun kekurangan asupan oksigen pada paru-paru sehingga jika ada tanda clubbing finger, jangan dibiarkan harus segera konsultasi ke dokter.
 
 
6. Serpihan darah di area bawah kuku
 
Jadi jika kalian pernah mengalami trauma atau kecelakaan di area kuku. Maka sangat wajar sekali muncul serpihan darah namun jika tidak pernah sama sekali merasakan gejala tersebut, Lalu tiba-tiba muncul serpihan darah dibawah kuku serta ditambah adanya demam tinggi dan irama jantung yang tidak teratur itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan pada jantung.
 
7. Nodul amiloidosis sistemik atau benjolan seperti lilin di area bawah kulit
 
Benjolan ini menjadi pertanda tingginya kadar protein dan penumpukan protein  di area bawah kulit tanda tinggi protein ini bisa menumpuk di seluruh organ kita. Jadi jika protein tersebut menumpuk di area jantung maka bisa menjadi masalah kesehatan pada tubuh.
 
 
8. Osler nodes atau benjolan di area bawah jari kaki maupun jari tangan
 
Nodes osler itu biasanya terasa nyeri sekali terutama jika disentuh ataupun menapakkan kaki mengalami demam tinggi Irama detak jantung tidak teratur dan merasakan nyeri yang tidak nyaman di area dada terutama menjalar ke area bahu kiri maka bisa menjadi pertanda endokarditis atau infeksi pada katup jantung benjolan ini muncul sebagai tanda adanya infeksi pada jantung. Namun, dia akan menghilang dengan sendirinya ketika jantung sudah terobati.
 
9. Lesi janeway atau munculnya perubahan warna merah kecoklatan di arah telapak kaki maupun telapak tangan 
 
Lesi janeway ini bisa jadi pertanda adanya infeksi pada area jantung maupun pembuluh darah Lesi janeway ini biasanya muncul pada orang-orang penderita endokarditis atau infeksi pada jantung maupun pembuluh darah lesi janeway ini sama sekali tidak menimbulkan nyeri dan dia akan menghilang dengan sendirinya ketika infeksi pada jantung terobati.
 
Nah, jika kalian mengalami 9 tanda tersebut jangan diabaikan segera konsultasi ke dokter untuk menjaga kesehatan jantung kita. Semoga bermanfaat.***
 

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Youtube


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x