Wajib Tahu! 6 Cara Agar Fokus Saat Bekerja Tanpa Distraksi: Dari To-Do List Sampai Teknik Pomodoro

24 Februari 2023, 22:28 WIB
Ilustrasi - Deep Work sebagai cara meningkatkan produktivitas, sebuah cara yang membantu untuk fokus bekerja maupun belajar tanpa merasa stress. / UNSPLASH/@flysi3000

 

Portal Kudus- Anda sering mengalami hilang fokus saat bekerja? Bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut dalam artikel ini akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan fokus apabila terganggu saat sedang bekerja. Simak ulasan selengkapnya

Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil maksimal tanpa memerlukan banyak waktu dalam pengerjaannya. Memang dibutuhkan fokus dan konsentrasi penuh.

Mempertahankan fokus terkadang cukup sulit untuk dilakukan. Distraksi atau gangguan seringkali datang dan menjadi penghambat, yang menyebabkan suatu pekerjaan tertunda.

Baca Juga: Wow! Ternyata Inilah Tips Rahasia Agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Fokus dan Tenang

Menurut Ashley Janssen, seorang konsultan produktivitas di Ashley Janssen Consulting. Berpendapat bahwa mempertahankan fokus sebagian besar adalah tentang mengurangi gangguan dan interupsi. 

Ia juga menambahkan, pada saat harus menanggapi setiap email, setiap pesan instan, setiap teks, dan setiap permintaan pertemuan distraksi tersebut terjadi.

Yang memaksa kita untuk memperhatikan banyak hal berbeda. Dengan kata lain, sangat sulit untuk fokus ketika semua gangguan ini terjadi terus-menerus sepanjang hari.

Namun para ahli menganggap ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan konsentrasi saat berada di tempat kerja.

Dirangkum oleh portalkudus.com dari laman huffpost. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan agar fokus Anda kembali jika terganggu saat sedang bekerja. Diantaranya

Baca Juga: Apa Itu Stoikisme? Aliran Filsafat yang Mengajarkan agar Hidup Tetap Tenang dan Fokus

1.Menggunakan Metode 'Deep Work'

Deep work merupakan istilah yang menunjukkan bahwa seseorang berkonsentrasi penuh saat sedang menyelesaikan suatu pekerjaan.

" Ketika Anda melakukan ini secara teratur, hal ini akan membuat Anda lebih cepat masuk ke dalam alur kerja yang fokus," Kata Asley Janssen

Untuk menerapkan deep work hal pertama yang dilakukan adalah memilih lingkungan yang sesuai, untuk menciptakan kondisi fokus itu sendiri, seperti tempat yang tenang dan bersih. 

Lalu pastikan Anda mempunyai sesuatu yang dapat mendukung fokus saat beraktivitas, seperti air dan kopi. Kemudian singkirkan hal-hal yang dapat menganggu konsentrasi Anda, yang dapat dilakukan dengan mensetting ponsel ke mode senyap atau pindahkan remote TV ke seberang ruangan.

Asley Janssen mengatakan, dengan mengikuti cara ini setiap hari untuk menciptakan deep work dapat membawa diri Anda ke dalam kondisi kerja yang lebih fokus.

Baca Juga: Simak: Cara Membersihkan Pembuluh Darah Secara Alami

2.Menetapkan Batasan dengan Rekan Kerja

Menetapkan batasan dengan rekan kerja atau orang lain di tempat Anda, jika bekerja dari rumah sangat penting dilakukan karena dapat mempengaruhi fokus. Hal tersebut dipaparkan oleh CJ Bathgate, seorang psikolog klinis berlisensi di National Jewish Health.

"Orang akan terus melakukan sesuatu sampai mereka diberitahu untuk tidak boleh melakukannya," katanya, dan hal ini berlaku untuk rekan yang banyak bicara dan kerap menghampiri ke meja kerja Anda untuk mengobrol. 

Setelah mereka mampir, Anda bisa memberi tahu mereka bahwa Anda sedang menyelesaikan sesuatu dan akan menghubungi mereka setelah selesai.

Bathgate juga menjelaskan, bahwa Anda bisa mengambil langkah lebih jauh dan menciptakan waktu tenang yang telah ditentukan dan disepakati bersama orang-orang di area kerja. 

Ini bisa berarti menetapkan jam-jam tertentu untuk bekerja dengan tenang setiap hari atau menetapkan waktu hening di pagi hari untuk mempersiapkan diri menghadapi hari.

Baca Juga: Belajar Bahasa Inggris Itu Mudah! Lakukan Cara Ini Agar Fokus pada Percakapan Sehari-hari

3.Saat Tidak Fokus, Tuliskan To Do List Terkait Apa yang Akan Anda Lakukan

Janssen mengatakan bahwa, Anda harus menuliskan apa yang sedang dikerjakan dan hal berikutnya yang rencanakan untuk dilakukan. 

Dengan cara ini, dapat membantu Anda untuk kembali fokus dengan melihat catatan kegiatan dan mengetahui apa saja daftar kegiatan yang akan dikerjakan.

Baca Juga: PAHAMI! Apa Arti Feeling Lonely? Makna dan Arti Bahasa Gaul, Ternyata Maknanya Berkaitan Dengan Hubungan

4.Menerapkan Teknik Pomodoro

"Ada sesuatu yang disebut teknik pomodoro dan ini merupakan ide untuk membagi waktu Anda menjadi beberapa bagian," ungkap Bathgate, yang dikutip pada Jumat, 24 Februari 2023.

Menurut Bathgate, untuk mengikuti Teknik Pomodoro, aturlah pengatur waktu selama 20 atau 25 menit, kerjakan tugas Anda dalam jangka waktu tersebut, dan beristirahatlah selama lima menit ketika pengatur waktu berbunyi. Kemudian, setelah empat interval kerja berturut-turut, istirahatlah selama 15 hingga 30 menit, katanya.

Teknik ini seperti latihan interval saat berolahraga yang memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan yang efektif tetapi menambahkan waktu istirahat sehingga tugas yang sedang dikerjakan tidak terasa berat.

Baca Juga: PAHAMI! Apa Itu Feedback? Simak Arti dan Makna Bahasa Gaul Feedback Populer di Media Sosial

5. Minum Air yang Cukup

Mungkin terdengar sederhana, tapi minum air yang cukup merupakan suatu hal yang penting, karena kekurangan cairan dapat mengakibatkan dehidrasi.

Dehidrasi menyebabkan kita menghemat energi, dan ketika Anda menghemat energi, akan sulit untuk fokus pada pekerjaan karena Anda lelah dan tidak bersemangat.

Namun, tetap terhidrasi juga akan membuat Anda harus buang air kecil lebih banyak di siang hari, sehingga memaksa Anda untuk bangun dan menjauh dari apa pun yang sedang dikerjakan. Maka, baiknya minum air secukupnya.

Baca Juga: Arti Kata Biggest Flex Adalah? Kosakata Bahasa Gaul yang Viral, Ternyata Ini Arti Sebenarnya

6.Istirahatkan Otak

Tidak masalah untuk menjauh sejenak dari pekerjaan. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam jangka panjang.

"Menjauhlah dari komputer Anda, gerakkan tubuh Anda, ambil air minum, makanlah camilan," kata Janssen. 

"Jangan beralih ke layar lain dan menggulir ponsel Anda, tetapi berikan waktu untuk mengistirahatkan otak Anda."

Ia menambahkan bahwa otak perlu waktu untuk bersantai sepanjang hari, dan media sosial serta berita hanya akan memaksa otak Anda untuk memproses lebih banyak informasi. Jika Anda bisa keluar ke alam atau menghirup udara segar, itu bahkan lebih ideal untuk istirahat. Lama waktu istirahat idealnya 15-30 menit.

Itulah informasi mengenai 6 cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan fokus saat bekerja.***

 

 

 

 

 

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Huffpost

Tags

Terkini

Terpopuler