Bolehkah Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes Melitus? Berikut Penjelasannya

- 20 Maret 2023, 18:47 WIB
Ilustrasi: Bolehkah Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes Melitus? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi: Bolehkah Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes Melitus? Berikut Penjelasannya /pixabay/Tumisu

 

Portal Kudus – Puasa Ramadhan menjadi saat yang paling ditunggu umat muslim untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Namun ternyata banyak juga yang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena dapat membahayakan kesehatan, misalnya pada penderita diabetes melitus. Bolehkah penderita diabetes melitus melakukan puasa?

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penderita diabetes melitus sebaiknya tidak melakukan puasa Ramadhan. Benarkah demikian?

Diabetes melitus adalah sekumpulan gangguan metabolik akibat gangguan sekresi insulin, aksi insulin, maupun keduanya. Penderita penyakit ini biasanya tidak disarankan untuk melakukan puasa Ramadhan.

 

Diabetes melitus umumnya ditandai dengan hiperglikemia. Hiperglikemia adalah meningkatnya kadar gula dalam darah secara berlebihan. Kadar gula darah normal untuk orang dewasa adalah 70-140 mg/dL. Jika kadar tersebut melebihi 140 mg/dL atau mencapai 180-200 mg/dL, maka kemungkinan besar Anda mengalami hiperglikemia. Inilah mengapa penderita diabetes melitus tidak disarankan berpuasa.

Baca Juga: TULISAN Marhaban Ya Ramadhan untuk Pawai 2023, Download Poster Menyambut Ramadhan 2023 1444 H Terbaru

Terdapat beberapa penelitian menjelaskan bahwa sebaiknya penderita diabetes ini tidak melakukan puasa Ramadhan. Dikhawatirkan akan mempengaruhi kadar gula darah jika berpuasa.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: Yayasan Kesehatan Kemenkes RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x