Buah Naga Merubah Urine Menjadi Merah, Apakah Normal?

- 25 Januari 2023, 07:04 WIB
Buah Naga Merubah Urine Menjadi Merah, Apakah Normal?
Buah Naga Merubah Urine Menjadi Merah, Apakah Normal? / freepik@werstock/KBaucherel/

Portal Kudus - Terjadinya perubahan warna urine menjadi merah merupakan salah satu efek samping setelah mengonsumsi buah naga.

Urine merupakan cairan residu metabolisme yang dikeluarkan untuk membuang racun dan zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Normalnya urine bewarna bening, Urine yang tidak bening menadakan tubuh dehidrasi. Namun bisa juga ditimbulkan warna dari asupan makanan atau obat.

Baca Juga: Kasus Campak Meningkat, Kenali Gelajanya

Terdapat penjelasan berubahnya warna urine menjadi merah setelah mengonsumsi buah naga, di lansir dari akun YouTube sang dokter Ayman Alatas.

"Karena warna alami dari buah naga tidak dapat dicerna oleh tubuh dan keluar lewat urine makanya urine bewarna merah." Tutur sang dokter.

Hal ini disebabkan di dalam buah naga mengandung pigmen anthocyanin yang tidak berbahaya bagi tubuh, namun dapat di keluarkan oleh urine dengan tampakan kemerahan.

Baca Juga: 11 Daun yang Berkhasiat Obat beserta Kandungannya

Biasanya setelah 3 - 6jam mengonsumsi buah tersebut, urine dapat berubah warna menjadi merah, setelah 24jam mengonsumsi buah terakhir urine perlahan berubah menjadi warna sebelumnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: YouTube dokter Ayman Alatas


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x