Maksud Industri 4.0, Simak Penjelasan Mentan Syahrul Dalam Kuliah Umum di UNM Makasar

- 18 November 2020, 15:00 WIB
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat kunjungan kerja ke salah satu peternakan sapi dan dombang di Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Senin, (12/10). (Antara/Aditya Rohman)
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat kunjungan kerja ke salah satu peternakan sapi dan dombang di Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Senin, (12/10). (Antara/Aditya Rohman) /

Portal Kudus – Generasi Muda Penerus Perjuangan Bangsa, slogan itu tidaklah salah. Sebagai penerus perjuangan, dituntut kreatif dengan menggunakan teknologi sebagai celah untuk maju dan tumbuh.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat memberikan kuliah umum dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di UNM Makassar.

Dalam materinya di sampaikan menenai peran pemuda, seperti dilansir portalkudus dari pemberitaan kementrian pertanian 14 November 2020. Mentan Syahrul menyebutkan penguatan kompetensi diri generasi muda untuk bergelut pada teknologi adalah hal yang mutlak, dan sektor pertanian merupakan bidang yang memiliki celah untuk pengembangan produktif tersebut.

Baca Juga: Belum Menerima Subsidi Gaji Tahap 2, Pahami Alurnya Berikut Ini

Disampaikan juga pemaparan pembabakan fase, dimana pertanian kini bersiap memasuki gerbang digitalisasi industri 4.0 dan sedikit demi sedikit telah meninggalkan pola-pola lama yang dilakukan oleh para petani sebelumnya dan hal tersebut merupakan peluang berkreasi.

"Pertanian dulu menghadirkan cangkul, itu industri babak pertama, dan ada traktor dan hand traktor, di era induatri kedua. Era ketiga ada teknologi informasi dan elektronik yang diterapkan pada sistem produksi, dan sekarang masuk industri 4.0, pemuda Indonesia harus masuk kesitu" tegas Mentan Syahrul. 

Empat teknologi yang berkembang secara eksponensial di era kedepannya pada era industri 4.0 menurut Mentan Syahrul adalah siapa yang menguasai teknologi maka akan mememenangkan persaingan, dimulai dari artificial intelegent, dimensional dan robotik, bioteknologi, nano-teknologi, dan sistem jaringan komputasi.

Baca Juga: BPPTKG Sumber Resmi Tentang Gunug Merapi, Menghindari Hoaks Yang Meresahkan Masyarakat

"Teknologi yang dapat diimplementasikan dalam pembangunan pertanian dapat ditemui pada kemajuan teknologi di era industri 4.0. Bertani besok jangan melihat dengan gaya yang kemarin, bertani besok menggunakan teknologi," Kata Mentan.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: Kementan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x