Ternyata Tembakau Temanggung dan Olahan Tembakau Masih Bagus, Walau diterpa Musim Kemarau Basah.

- 19 Oktober 2020, 23:21 WIB
daun tembakau
daun tembakau /

Portal Kudus – Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyampaikan, secara umum kondisi tanaman tembakau dan olahan tembakau bagus, serta produksi per luasan meningkat.

"Walaupun kadar air tembakau tinggi, di kawasan Legoksari dan sekitarnya masih bisa menghasilkan Grade F bahkan ada yang Grade G (tembakau yang memiliki warna hitam mengkilap dan aroma keras)," tambahnya.

Hal ini disampaikan dalam acara Penutupan SLI Operasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kabupaten Temanggung dan dirangkum portalkudus dari BMKG Kamis 15 Oktober 2020.

Baca Juga: BNN Bersama GDAD Merombak Tanaman Ganja Menjadi Tanaman Unggulan

Tetapi Informasi akan terjadi kemarau basah menjadikan harga jual pasar tembakau kering cenderung rendah, rata-rata Rp45.000 - 50.000.

Acara ini diselenggarakan oleh Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang dan telah berhasil melaksanakan kegiatan SLI Operasional tahun 2020 selama satu musim tanam komoditas tembakau di Desa Legoksari.

Dalam keterangannya Kepala Stasiun Klimatologi Semarang Tuban Wiyoso menyampaikan, SLI Operasional pendampingan tumpang sari kopi tembakau yang akan dilaksanakan.

Baca Juga: Dampak La Nina? BMKG Prediksi Hari ini Berpotensi Hujan Lebat, Disertai Petir Dan Angin Kencang.

Ini merupakan kelanjutan dari SLI bawang merah di Desa Legoksari Kec. Tlogomulyo Kab. Temanggung yang sudah dipanen pada 6 Juni 2020.***

Editor: Sugiharto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x