Pengertian Perdagangan Internasional: Faktor Pendorong, Manfaat, Dan Teorinya

- 5 Februari 2022, 20:48 WIB
Warga mengamati proses bongkar-muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin 15 November 2021. Badan Pusat Statistik mencatat, neraca perdagangan Indonesia Oktober 2021 surplus 5,73 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 22,03 miliar dolar AS dan impor 16,29 miliar dolar AS.
Warga mengamati proses bongkar-muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin 15 November 2021. Badan Pusat Statistik mencatat, neraca perdagangan Indonesia Oktober 2021 surplus 5,73 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 22,03 miliar dolar AS dan impor 16,29 miliar dolar AS. /Antara/Dhemas Reviyanto/

Portal kudus – Perdagangan internasional merupakan kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang terjadi antara satu Negara dengan Negara yang lainnya, yang bertujuan memperoleh keuntungan.

 Ada dua macam perdagangan internasional yaitu impor dan ekspor. Ekspor adalah kegiatan  menjual barang atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri.

 Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri ke dalam negeri, hal ini terbukti bahwa impor dan ekspor memiliki tujuan sama yaitu memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Nonton Shuumatsu No Harem Episode 2 Sub Indonesia

Berikut adalah manfaat perdagangan internasional:

1.      Memperoleh devisa

2.      Memerluas kesempatan kerja

3.      Menstabilkan harga-harga

4.      Meningkatkan kualitas konsumsi

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x