2 Hari pengolahan Pupuk Kandang Sapi Tanpa Fermentasi, Pengolahan Pupuk Kandang Dari Limbah Kotoran Sapi Mudah

- 16 Februari 2021, 18:05 WIB
Tanaman sayuran bantuan Polres Kuningan di tengah pandemi covid-19 menuai hasil.
Tanaman sayuran bantuan Polres Kuningan di tengah pandemi covid-19 menuai hasil. /Pikiran-rakyat.com/Nuryaman/

Portal Kudus – Kini pengolahan limbah kotoran sapi menjadi pupuk kandang bisa dilakukan dengan cara mudah dan dengan waktu yang sangat singkat.

Limbah sapi yang masih segar tidak boleh langsung digunakan sebagi pupuk tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Dilansir dari channel Youtube Bali Organik TV membagikan tips pengolahan limbah kotoran sapi dengan formula komposisi bahan yang sangat mudah didapatkan.

Baca Juga: Mengolah Limbah Hasil Penyiangan Rumput Liar Menjadi Pupuk Urea Organik. Cara Membuat Pupuk Urea Organik Dari

Yaitu dengan menggunakan limbah arang dan abu dari bekas kayu yang dibakar dan kapur dolomit yang dicampur ke dalam limbah kotoran sapi.

Vlog yang berjudul “cara membuat pupuk kotoran hewan sapi tanpa fermentasi, 2 hari jadi” tersebut menampilkan proses pengolahan limbah kotoran sapi yang masih segar.

Hal tersebut dikarenakan limbah kotoran sapi mengandung tingkat keasaman sekitar 4-5 pH, sehingga tetap harus dinetralkan meskipun tanpa melalui proses fermentasi.

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Mengkonsumsi Makanan Organik? Ini Dia Jawabannya

Tingkat keasaman yang terlalu tinggi bisa membunuh bakteri baik dalam limbah kotoran sapi yang sangat penting bagi kandungan pupuk kandang.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x