Kepanikan Terjadi, Saat Gempa M5,0 Mengguncang Beberapa Wilayah di Kota Bengkulu

- 23 November 2020, 17:35 WIB
ILUSTRASI gempa bumi
ILUSTRASI gempa bumi /PRFM-pangandaran.pikiran-rakyat.com/

Portal Kudus – Gempa kembali mengguncang beberapa wilayah di Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu melaporkan gempa dirasakan sedang di Kota Bengkulu selama 2 detik.

 

Diberitakan tidak ada laporan dampak pascakejadian Gempa Kota Bengkulu. BPBD terus memonitor situasi masyarakat telah gempa terjadi.

Pada saat itu sebagian warga Kota Bengkulu panik saat gempa dengan magnitudo 5,0 terjadi pada Sabtu malam 21 November. Mereka sempat keluar rumah saat gempa pukul 23.58 WIB itu berlangsung. 

Baca Juga: BMKG Merilis Bencana Banjir di Beberapa Wilayah Dalam Sepekan 

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi gempa dengan magnitudo 5,0 terjadi pada 55 km barat daya Bengkulu atau 56 km barat daya Seluma, Provinsi Bengkulu. Sumber gempa berada pada kedalaman 10 km. 

Kota Bengkulu termasuk wilayah dengan tingkat bahaya sedang hingga tinggi untuk potensi gempa bumi.

Berdasarkan analisis InaRISK itu, Kota Bengkulu memiliki 9 kecamatan dengan luas bahaya sekitar 18.671 hektar yang berada pada kawasan bahaya tersebut.

 Baca Juga: UMK Kabupaten Kota, Propinsi Jawa Tengah Sudah Diumumkan

Sedangkan dilihat dari sisi risiko, sebanyak 351.196 jiwa merupakan jumlah populasi yang berpotensi terpapar bahaya tersebut. Jumlah populasi tersebut berada di 9 kecamatan. 

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x